Contoh RPP Guru Penggerak

Langkah-Langkah Menyusun RPP

Berikut adalah langkah-langkah menyusun RPP yang harus Anda ketahui, yaitu meliputi:

1. Mencantumkan Identitas

Identitas yang dimaksud di sini yaitu terdiri dari:

  • Nama Sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Semester
  • Standar Kompetensi
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator dan Alokasi Waktu.

Berikut adalah beberapa hal yang penting diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yaitu seperti:

a. RPP disusun untuk satu KD.

b. Standar Kompetensi, KD, dan Indikator dibuat berdasarkan silabus.

c. Indikator merupakan:

  • Bukti terukur yang memberi gambaran awal pencapaian siswa terhadap KD yang telah ditetapkan.
  • Dikembangkan sesuai karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
  • Rumusan yang digunakan berdasarkan kerja operasional yang dapat diobservasi dan terukur.
  • Dasar untuk menyusun alat penilaian.

Dalam menentukan alokasi waktu yang digunakan untuk mencapai satu KD guru dapat menyatakannya dalam banyak waktu pertemuan dan jam pelajaran yang dibutuhkan dalam hitungan menit, seperti 2 x 35 menit. Alokasi waktu yang digunakan untuk mencapai satu KD dapat diperhitungkan ke dalam satu atau beberapa kali pertemuan, tergantung pada KD yang ingin dicapai.

2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Output adalah hasil langsung dari suatu kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran dalam satu kegiatan pembelajaran bisa lebih dari satu.  pertemuan dapat memberikan hasil. Jika dalam penerapannya, satu kegiatan pembelajaran dilakukan lebih dari satu pertemuan, maka tujuan pembelajaran yang dirumuskan bisa dibedakan menurut waktu pertemuannya. Dengan begitu, di setiap pertemuan kegiatan pembelajaran tersebut dapat memberikan hasil.

3. Menentukan Materi Pembelajaran

Guru dapat menentukan materi pembelajaran lewat indikator yang dipakai.

Contoh Menentukan Materi Pembelajaran
Indikator: Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan.
Materi pembelajaran: Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Kehidupan:

Membutuhkan nutrisi, mampu bergerak, bisa bereporoduksi, mampu bertransportasi, beregulasi, bernapas, dan bisa berekskresi.

Jenis Aplikasi untuk Digunakan di dalam Kelas
beberapa aplikasi yang digunakan saat pembelajaran secara online, seperti Zoom ataupun Google Meet, aplikasi chat seperti WhatssApp dan Telegram, hingga aplikasi sosial media

4. Menentukan Metode Pembelajaran

Sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan, ada baiknya guru menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar tersebut. Dengan adanya metode pembelajaran yang tepat untuk siswa, maka tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Dalam menentukan metode pembelajaran tersebut, ada baiknya guru terlebih dahulu mengamati karakteristik siswa, kemudian strategi atau pendekatan yang tepat terhadap karakteristik siswa tersebut dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diberikan.

5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran

Untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih bermakna, guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang tepat untuk siswa. Adapun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru untuk memulai kegiatan pembelajaran yaitu:

a. Menentukan kegiatan pendahuluan

Pada kesempatan ini guru akan menyiapkan psikis dan fisik siswa untuk mengikuti proses kegiatan belajar. Sebelum pelajaran benar-benar dimulai, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang sebelumnya, yang mana berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada hari itu.

b. Melaksanakan kegiatan inti

Pada kesempatan ini guru akan melaksanakan proses kegiatan belajar. Agar proses kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar, guru dapat memanfaatkan model atau metode pembelajaran dan media pembelajaran yang bisa mendukung proses kegiatan belajar siswa.

c. Membuat kegiatan penutup

Pada kesempatan ini guru akan memberi kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah dilalui siswa. Melalui kegiatan ini, guru dapat memberi umpan balik terhadap proses dan hasil belajar siswa. Selain itu, guru dapat menyampaikan beberapa rencana kegiatan selanjutnya yang akan dilalui siswa ke depannya, seperti memberi tugas (PR), atau harus mempelajari beberapa hal yang belum dikuasai siswa dengan baik.

6. Memilih Sumber Belajar

Dalam memilih sumber belajar, guru dapat menentukannya dengan mengacu pada rumusan yang terdapat di dalam silabus. Sumber belajar yang dibutuhkan mencakup lingkungan belajar, media pembelajaran yang digunakan, sumber materi yang akan dipakai, dan narasumber. Dalam menentukan sumber belajar, guru dapat menuliskannya secara lebih operasional, seperti ketika menggunakan buku pelajaran maka guru dapat menuliskan judul buku teks tersebut, siapa pengarangnya, dan halaman yang diacu. Jika sumber belajar yang digunakan merupakan berbasis ICT, maka guru dapat melampirkan nama file dan folder penyimpanannya, dan menuliskan link file atau website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.

7. Menentukan Penilaian

Penilaian dijabarkan atas

a. teknik penilaian,

b. bentuk instrumen, dan

c. rubrik penilaian

Petunjuk Umum Seleksi Simulasi Mengajar

Seleksi Simulasi Mengajar dilaksanakan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Meet dan dilakukan tanpa kehadiran siswa. Beberapa hal yang harus diketahui guru dalam mengikuti seleksi simulai mengajar, yaitu:

  1. Seleksi Simulasi Mengajar akan dinilai oleh dua asesor.
  2. Peserta harus mempersiapkan diri dengan baik.
  3. Peserta diharapkan hadir 5 menit sebelum kegiatan seleksi dimulai.
  4. Beberapa hal yang harus dipersiapkan peserta untuk mengikuti Seleksi Simulasi Mengajar yaitu:
  • Ruangan yang kondusif
  • Media yang akan diperlukan dalam Simulasi Mengajar, seperti RPP, papan tulis kecil, spidol, alat peraga, dan lain sebagainya.
  • Jaringan internet yang baik
  • Laptop atau komputer yang kamera videonya sudah dipastikan dapat berfungsi dengan baik
  • Speaker
  • Meletakkan laptop atau komputer yang dapat menampilkan keseluruhan badan peserta
  • Melatih panggilan video melalui Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video tersebut.
  • Peserta diharapkan berdiri ketika sedang melakukan simulasi mengajar.

Contoh RPP Guru Penggerak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : SMP Medan Cemerlang

Kelas/ Semester      : VII / 1

Tema : Teks Deskripsi

Sub Tema                : Mendeskripsikan Ciri-ciri Fisik Seseorang

Pembelajaran ke-   : 3

Alokasi Waktu        : 1 x 25 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri fisik seseorang ke dalam suatu paragraf deskripsi yang berisikan tentang ciri-ciri fisik setelah mengikuti proses kegiatan belajar tentang describing people appearance dengan menggunakan metode scientific apporach.

2. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

Deskripsi Kegiatan:

  1. Guru hadir dengan memberi salam, kemudian menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Setelah memastikan kehadiran siswa, guru dapat melanjutkan kegiatan tersebut dengan doa yang dipimpin oleh ketua kelas.
  3. Setelah itu, guru dapat menyampaian tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu, yaitu memberi gambaran tentang manfaat dari mempelajari deskripsi ciri-ciri fisik seseorang.
Langkah-Langkah Menyusun Kegiatan Pembelajaran
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru perlu mengetahui tujuan dari kegiatan tersebut. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran, guru lebih mudah menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Kegiatan inti:

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Total 10 menit):

  • Guru akan menjelaskan materi mengenai cara mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang melalui tayangan yang terdapat di slide Power Point Presentation.
  • Setelah menjelaskan materi pembelajaran, guru dapat memberi contoh dalam membuat deskripsi mengenai ciri-ciri fisik seseorang.
  • Setelah itu, guru akan menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan ciri-ciri fisik seseorang.
  • Guru akan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  • Guru memberi tugas individu untuk membuat paragraf yang berisikan deskripsi ciri-ciri fisik seseorang.

Kegiatan Penutup:

  • Siswa akan membuat rangkuman mengenai poin-poin penting yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang dipelajari hari ini.
  • Guru akan memeriksa tugas siswa yang sudah selesai dikerjakan.
  • Guru akan memberi reward kepada siswa yang mengerjakan tugas dengan baik.
  • Kegiatan pembelajaran akan diakhiri dengan doa bersama yang akan dipimpin oleh ketua kelas.
  • Guru mengucapkan salam.

3. Penilaian (Asesmen)

Penilaian Keterampilan : Observasi

Penilaian Pengetahuan  : Evaluasi Tertulis