ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Matematika
Rasional Mata Pelajaran Matematika
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara penyelesaian masalah dan melatih kemampuan berpikir logis. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mansuai untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai zaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa Matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan memajukan daya pikir setiap manusia.
Dalam dunia pendidikan, Matematika dipandang sebagai materi yang harus dipahami oleh setiap peserta baik, sekaligus digunakan sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, dan melatih kemampuan berpikir untuk menyelesaikan permasalahan.
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir kritis, logis, analitis, sistematis, dan kreatif. Kompetensi-kompetensi tersebut dibutuhkan oleh setiap peserta didik untuk memperoleh informasi, mengelola dan memanfaatkannya untuk bertahap hidup dan berproses.
Pembelajaran Matematika mendidik peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk alur berpikir yang berkesinambungan dan berujung membentuk alur pemahaman terhadap materi pembelajaran Matematika yang memuat fakta, konsep, operasi, prinsip, masalah, relasi, dan solusi penyelesaian masalah.
Capaian Pembelajaran Matematika Fase B
Bilangan |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menggeneralisasi pemahaman mengenai urutan bilangan bulat dan nilai tempat, memperkirakan dan menghitung hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat dan strategi perhitungan lainnya, serta melakukan operasi perkalian dan pembagiannya dalam konteks uang. Peserta didik juga dapat memodelkan bilangan pecahan, persen, dan desimal dalam berbagai bentuk representasi visualnya, menentukan posisinya pada garis bilangan, menentukan hubungan, membandingkan, mengurutkan, dan menghitung hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagiannya. Peserta didik juga dapat menghitung hasil pangkat dua dan pangkat tiga dari suatu bilangan desimal (satu angka di belakang koma), memodelkan bilangan bulat dan operasinya dalam berbagai bentuk representasi visual, dan mendeskripsikan konsep bilangan. |
Aljabar |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menuliskan, menggambarkan, dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan sederhana menggunakan berbagai bentuk representasi visual, simbol, dan pernyataan matematika serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola obyek atau bilangan, serta menggunakan rasio untuk menentukan bilangan yang tidak diketahui. |
Pengukuran |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menghitung luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, dan lingkaran) serta gabungannya, menghitung luas permukaan dan volume kubus dan balok serta gabungannya. peserta didik juga dapat menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda terkait dengan kecepatan dan debit serta menggunakan satuannya. |
Geometri |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengklasifikasi berbagai bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya dan membandingkan berbagai bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. Peserta didik juga dapat menghubungkan bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan jaring-jaringnya. |
Analisis Data dan Peluang |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang. |
Tujuan Pembelajaran Matematika Fase B
Kelas |
Tujuan Pembelajaran |
Kelas 6 : Bilangan Bilangan Bulat Negatif |
6.1 Memahami urutan bilangan bulat negatif |
6.2 Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari, contoh: penggunaan bilangan negatif pada termometer |
|
6.3 Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif 2 digit dengan menggunakan garis bilangan |
|
6.4 Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif lebih dari 2 digit |
|
Kelas 6 : Aljabar Rasio
|
6.1 Membuat sebuah perbandingan dan menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda |
6.2 Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan |
|
6.3 Menggunakan rasio untuk bilangan yang tidak diketahui, contoh: pada perbandingan besar persegi A dan B |
|
Kelas 6 : Aljabar Persamaan Linear Satu Variabel |
6.4 Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar |
6.5 Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan situasi dan simulasi dari kehidupan nyata |
|
6.6 Menggunakan berbagai cara untuk menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari sebuah kalimat matematika |
|
6.7 Memahami persamaan linear satu variabel |
|
Kelas 6 : Pengukuran Volume Bangun Ruang |
6.1 Menghitung volume bangun ruang menggunakan kubus satuan |
6.2 Menerjemahkan cara menghitung volume dalam rumus |
|
6.3 Menghitung volume gabungan balok dan kubus |
|
Kelas 6 : Pengukuran Kecepatan dan Debit |
6.4 Menyimpulkan makna kecepatan dan debit dari simulasi |
6.5 Menghitung kecepatan dan debit |
|
6.6 Membandingan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit, |
|
Kelas 6 : Analisa Data dan Peluang Statistika
|
6.1 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah |
6.2 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan) |
|
6.3 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka ( dengan pilihan) |
|
6.4 Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark |
|
6.5 Menyajikan data data menjadi bentuk piktogram |
|
6.6 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah |
|
6.7 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka |
|
6.8 Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan ke dalam bentuk tabel (menggunakan tally mark) |
|
6.9 Menyajikan data menjadi bentuk diagram batang |
|
6.10 Mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pertanyaan inti |
Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 6
6.1.1 Bilangan Bulat Negatif
Tujuan Unit |
1. Memahami urutan bilangan bulat negatif, contoh setelah nol (ke kiri) itu -1, -2, -3 dst 2. Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari 3. Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif 2 digit dengan menggunakan garis bilangan 4. Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif lebih dari 2 digit |
Perkiraan JP |
7 JP |
Kata Kunci |
Bilangan bulat negatif |
Penjelasan Singkat |
Peserta didik ditunjukkan gambar garis bilangan negatif dan belajar memahami urutan bilangan tersebut lalu belajar mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam kehidupan contohnya: penggunaan bilangan negatif pada thermometer, setelah itu menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Bernalar kritis : Peserta didik menerapkan pemahaman dalam situasi berbeda, misal menggunakan operasi bilangan untuk memecahkan persoalan nyata |
Glosarium |
Bilangan bulat: bilangan yang terdiri atas bilangan asli (bilangan bulat positif dan Nol) dan lawan bilangan asli (bilangan bulat negatif) |
6.2.1 Rasio
Tujuan Unit |
1. Membuat sebuah perbandingan dan menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda 2. Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan 3. Menggunakan rasio untuk bilangan yang tidak diketahui. Contoh: pada perbandingan besar persegi A dan B |
Perkiraan JP |
8 JP |
Kata Kunci |
Perbandingan, rasio |
Penjelasan Singkat |
Peserta didik diberikan beberapa jenis bangun datar dengan ukuran yang berbeda, mereka diminta untuk menjelaskan perbandingan besar antara beberapa bentuk tersebut. Menjelaskan lebih jauh tentang rasio, serta menjelaskan hubungan rasio dan pecahan. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan informasi yang didapat, contohnya menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi dan simulasi dalam kehidupan |
Glosarium |
Rasio adalah angka yang menunjukkan hubungan secara matematis antara suatu jumlah dan jumlah yang lain. |
6.2.2 Persamaan Linear Satu Variabel
Tujuan Unit |
1. Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar. 2. Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan situasi dan simulasi dari kehidupan nyata. 3. Menggunakan berbagai cara untuk menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari sebuah kalimat matematika. 4. Memahami persamaan linear satu variabel |
Perkiraan JP |
8 JP |
Kata Kunci |
Variabel, aljabar, operasi bilangan |
Penjelasan Singkat |
Peserta didik diingatkan tentang operasi aljabar bahwa aljabar bukan hal baru bagi mereka. Misal: jika 2x3 = 6 maka berapakah 1 x 27?, lalu mengajarkan peserta didik menyelesaikan masalah aljabar dalam kehidupan Misal: Berapa total sisi 24 menara yang akan dicat, jika menara tersebut memiliki 6 sisi? Lalu menjelaskan tentang menyamaratakan nilaisisi kanan dan sisi kiri Contoh: 2+ 4= 1 + x Belajar tentang persamaan linear satu variable |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan informasi yang didapat, contohnya menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi dan simulasi dalam kehidupan |
Glosarium |
Variabel: sesuatu yang digunakan untuk menyatakan atau mewakili suatu bilangan biasanya dinyatakan dengan huruf |
6.3.1 Volume Bangun Ruang
Tujuan Unit |
1. Menghitung volume bangun ruang menggunakan kubus satuan, 2. Menerjemahkan cara menghitung volume dalam rumus 3. Menghitung volume gabungan balok dan kubus |
Perkiraan JP |
8 JP |
Kata Kunci |
Satuan kubus, balok, kubus, volume |
Penjelasan Singkat |
Peserta didik diberikan bangun ruang berbentuk kubus, lalu mereka belajar menghitung volume kubus tersebut dengan kubus satuan. contoh: 1 kubus = 1 kubus satuan, 3 kubus = 3 kubus satuan. Peserta didik dijelaskan lebih lanjut tentang volume kubus dan balok menggunakan rumus. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan pengukuran,contohnya: memecahkan persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan nyata |
Glosarium |
- |
6.3.2 Kecepatan dan Debit
Tujuan Unit |
1. Menghitung kecepatan dan debit 2. Membandingan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit |
Perkiraan JP |
10 JP |
Kata Kunci |
Membandingkan, debit, kecepatan |
Penjelasan Singkat |
Menunjukan simulasi berlari dengan waktu 1 menit dan jalan dengan waktu yang sama, menanyakan pada peserta didik mengapa dengan waktu yang sama tetapi jarak yang ditempuh berbeda? Lalu menjelaskan tentang hubungan jarak, waktu dan kecepatan, serta kecepatan (debit) air. Peserta didik lalu diajarkan membandingkan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit contoh: 1/4 liter : 300 ml = 250 ml : 300 ml = 5 : 6. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan pengukuran,contohnya: memecahkan persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan nyata |
Glosarium |
- |
6.5.1 Analisis Data dan Peluang Statistika
Tujuan Unit |
1. Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark) 2. Menyajikan data data menjadi bentuk piktogram |
Perkiraan JP |
8 JP |
Kata Kunci |
Diagram batang, pictogram, diagram lingkaran, tabel, mengolah data |
Penjelasan Singkat |
Peserta didik mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pertanyaan inti lalu diajarkan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan), seterusnya mengajarkan sisa cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark). Peserta didik memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk persentase, pictogram, digram batang dan diagram lingkaran. Belajar menyajikan data menjadi bentuk diagram lingkaran, membaca diagram lingkaran dan menuangkan dalam bentuk penjelasan verbal atau tertulis serta memahami cara pengolahan data menggunakan mean atau rata-rata dan data sebarannya |
Profil Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik mampu menganalisis, investigasi berbagai gagasan dan informasi, mengolah dan menilai informasi dari berbagai sumber. Contoh: mengumpulkan data- data sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti tinggi badan dan berat badan, dan mengolahnya kedalam bentuk grafik atau pictograph |
Glosarium |
Mean: Rata-rata |