ATP Kurikulum Merdeka Kelas 5 Bahasa Inggris
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, bahasa Inggris sangat diperlukan dalam setiap proses kehidupan. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dominan digunakan secara global, baik dalam aspek pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, bisnis, hubungan internasional, kesehatan, perdagangan, pariwisata, dan teknologi.
Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkomunikasi dengan warga dunia. Selain itu, peserta didik juga dapat berinteraksi dengan nyaman, baik secara langsung maupun melalui teks tertulis.
Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik memiliki akses terhadap dunia luar, seperti memahami bagaimana cara berpikir mereka, pengetahuan sosial-budaya dan cara berinteraksinya. Selain itu melalui Bahasa Inggris peserta didik dapat mengetahui banyak hal mengenai wawasan diri sendiri, kebudayaan luar, hubungan sosial, serta kesempatan kerja yang bisa didapatkan di luar negeri.
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, peserta didik difokuskan pada kemampuan dalam menyimak, berbicara, memirsa, menulis, dan mempresentasikan sesuatu secara terpadu.
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase B
Komponen/Indikator |
Deskripsi |
Capaian Pembelajaran |
ELEMEN MENYIMAK-BERBICARA Pada akhir fase C, peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang semakin luas, namun masih terdapat prediksi. Peserta didik dapat menggubah/mengganti elemen kalimat untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana, meminta klarifikasi dan meminta izin. Peserta didik menggunakan beberapa strategi untuk mengidentifikasi informasi penting dalam berbagai konteks, seperti meminta pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan. Peserta didik mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. ELEMEN MEMBACA-MEMIRSA Pada akhir fase C, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami kata-kata baru dengan bantuan gambar serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta didik. Peserta didik membaca dan memberikan respon terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik dapat mengeja kata ke dalam bahasa Inggris sehingga mereka bisa lancar dalam membaca tulisan yang dimuat ke dalam bahasa Inggris. ELEMEN MENULIS-MEMPRESENTASIKAN Pada akhir fase C, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan. Peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur sederhana dengan menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta didik menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah, peserta didik juga telah mampu menggunakan beberapa strategi dasar seperti menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan bertanya mengenai bagaimana cara menuliskan sebuah kata. Peserta didik juga telah mampu mempresentasikan sesuatu ke dalam bahasa Inggris. |
Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memahami bahasa Inggris sederhana yang digunakan di dalam interaksi ruang kelas yang mengandung kosakata yang familiar dengan kesehariannya. 2. Peserta didik menyimpulkan makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari di dalam ruang kelas. 3. Peserta didik merespon dengan menyampaikan perasaannya secara lisan kepada teman-temannya dalam interaksi sosial di ruang kelas dengan bahasa Inggris yang sederhana. 4. Peserta didik menceritakan kembali sebuah tema atau cerita dengan kosakatanya sendiri 5. Peserta didik mengungkapkan ide yang dimilikinya pada sebuah kegiatan bersama 6. Peserta didik membuat narasi pendek ke dalam bentuk tulisan |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
- Menunjukkan pemahaman bahasa Inggris sederhana yang digunakan di dalam interaksi lingkup ruang kelas untuk kegiatan sehari-hari - Membuat kesimpulan makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
Pemahaman bahasa Inggris sederhana untuk interaksi sehari-hari Menyimpulkan makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris |
Penjelasan Singkat |
- Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas memahami ide dan gagasan yang disampaikan dalam sebuah forum lingkup kelas dan keluarga. - Pelajar menuangkan kesimpulan atas ide serta gagasan sederhana dalam bentuk teks sederhana
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: - Diskusi kelas - Observasi lingkungan - Menonton film pendek yang menarik - Guru mengajak pelajar melakukan kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara virtual - Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan percakapan - Brainstorming bersama di kelas dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
Spelling, speech, speaking, practicing, conversation |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Memahami kalimat sederhana bahasa Inggris sehingga mampu merespon secara lisan dalam interaksi sosial di ruang kelas. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian respon secara lisan dalam interaksi sosial di ruang kelas |
Penjelasan Singkat |
- Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas memahami, menyampaikan ide dalam sebuah forum lingkup kelas dan keluarga. - Pelajar menulis ide serta gagasan sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi.
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: - Diskusi kelas - Observasi lingkungan - Menonton film pendek yang menarik - Guru mengajak pelajar melakukan kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara virtual - Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan percakapan - Brainstorming bersama di kelas dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan kembali pemahaman terhadap sebuah narasi atau cerita sederhana bahasa Inggris |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian sebuah cerita secara lisan dalam sebuah narasi pendek sederhana |
Penjelasan Singkat |
- Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas memahami, menyampaikan pemahaman, ide dan gagasan dalam sebuah forum lingkup kelas dan keluarga. - Pelajar menulis ide serta gagasan sederhana atas pemahamannya terhadap suatu narasi atau cerita yang dituangkan dalam bentuk teks sederhana.
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: - Diskusi kelas - Observasi lingkungan - Menonton film pendek yang menarik - Guru mengajak pelajar melakukan kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara virtual - Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan percakapan - Brainstorming bersama di kelas dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan ide atau gagasan sederhana secara lisan dalam lingkup ruang kelas dan keluarga |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian ide atau gagasan sederhana secara lisan |
Penjelasan Singkat |
- Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas memahami, menyampaikan pemahaman, ide dan gagasan dalam sebuah forum lingkup kelas dan keluarga. - Pelajar menulis ide serta gagasan sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi atau deskripsi sederhana.
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: - Diskusi kelas - Observasi lingkungan - Menonton film pendek yang menarik - Guru mengajak pelajar melakukan kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara virtual - Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan percakapan - Brainstorming bersama di kelas dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan sebuah narasi pendek sederhana dalam bentuk tulisan |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian narasi pendek sederhana dalam bentuk tulisan |
Penjelasan Singkat |
- Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas menyampaikan dan mengembangkan ide dan gagasan dalam sebuah teks narasi yang berkaitan dengan lingkup kelas dan keluarga. - Pelajar menulis ide serta gagasan sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi.
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: - Diskusi kelas - Observasi lingkungan - Menonton film pendek yang menarik - Guru mengajak pelajar melakukan kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara virtual - Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan percakapan - Brainstorming bersama di kelas dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |