ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 IPAS
Rasional Mata Pelajaran IPAS
Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini, teknologi dan ilmu pengetahuan dituntut untuk terus berkembang dan menciptakan berbagai macam tantangan bagi setiap bidang kehidupan. Dalam pendidikan, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi, dengan begitu peserta didik dapat menghadapi tantangan-tantangan dengan baik.
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah pembelajaran yang mengkaji tentang bagaimana interaksi antara makhluk hidup dan benda mati di alam semesta. Pembelajaran IPAS juga akan mengajak peserta didik untuk mengkaji bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Dalam kehidupan sosial, pembelajaran IPAS berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, di mana sebagai gambaran ideal untuk merealisasikan profil peserta didik.
Dengan adanya pembelajaran IPAS, rasa ingin tahu peserta didik terhadap fenomena-fenomena alam dan lingkungan sekitarnya akan semakin meningkat. Dengan munculnya rasa ingin tahu tersebut, peserta didik dapat belajar tentang bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia.
Adapun prinsip-prinsip dasar yang dimiliki pada pembelajaran IPAS dapat melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, analitis, serta kemampuan untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Dalam penerapannya, pembelajaran IPAS dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan ilmu pengetahuannya terkait lingkungan sekitar.
Capaian Pembelajaran IPAS Fase B
Ciri-ciri dan
Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam |
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian
tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi
menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan
upaya pelestarian makhluk hidup. |
Sifat-sifat
dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi |
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik
mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik,
bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan
sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap
arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus
air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
Pentingnya
Bekerja Sama |
Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan
tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana
interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. |
Denah
Lingkungan Rumah dan Sekolah, serta Pelestarian Alam |
Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi
tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik
mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan
upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan
lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat
tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta
didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata
uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai
manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. |
Tujuan Pembelajaran IPAS Fase B
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
4 : Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup dan Perubahan pada Makhluk Hidup |
4.1 Peserta
didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia
(pancaindra). |
Kelas
4 : Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda |
4.2 Peserta
didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. |
Kelas
4 : Energi dan Sumber Energi |
4.3 Peserta didik mengidentifikasi
sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. |
4.4 Peserta didik memanfaatkan gejala
kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya
dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda. |
|
4.5 Peserta didik mendeskripsikan
terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
|
Kelas
4 : Pelestarian Alam |
4.6 Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup. |
4.7 Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. |
|
4.8 Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman
hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya. |
|
4.9
Peserta didik mengenal keragaman
budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta
menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. |
|
Kelas
4 : Pentingnya Bekerja Sama |
4.10
Peserta didik menjelaskan tugas,
peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan
interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah. |
Kelas
4 : Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah |
4.11 Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten
dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital. |
4.12 Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan
keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang
untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. |
Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 4
4.1.1 Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia
(pancaindra). 2. Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami bagian tubuh manusia,
termasuk kegunaannya (pancaindra) -
Memahami keadaan lingkungan
sekitarnya |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, guru dapat memulai
proses kegiatan belajar dengan menyajikan video pembelajaran yang menjelaskan
tentang bentuk dan fungsi dari bagian tubuh manusia. Setelah menyajikan video
pembelajaran tersebut, guru dapat memulai kegiatan belajar dengan membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok guna mengerjakan tugas projek. Adapun projek
yang bisa dikerjakan siswa yaitu menggambar bagan tubuh manusia beserta
fungsinya. Dalam menjelaskan sumber daya alam guru
dapat memulainya dengan sesi tanya jawab mengenai sumber daya alam apa saja
yang diketahui siswa, dan bencana alam apa saja yang sudah pernah siswa alami.
Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut guru dapat memahami tingkat pemahaman
siswa terhadap alam, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru yaitu
mengarahkan siswa untuk mencari tahu faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya
bencana alam di lingkungan tempat tinggal mereka, serta solusi yang tepat
untuk mengatasi peristiwa tersebut. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.2.1 Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. 2. Peserta
didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. 3. Peserta
didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari,
mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak,
dan bentuk benda. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami proses perubahan wujud zat
dan perubahan bentuk energi dalam kegiatan sehari-hari -
Memahami sumber dan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari -
Memahami sifat kemagnetan dalam
kehidupan sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
Perubahan wujud zat dan energi sudah
banyak ditemukan di lingkungan sekitar dan kegiatan sehari-hari manusia.
Namun, tidak banyak siswa yang memahami perubahan tersebut. Untuk membantu
guru dalam menjelaskan materi tersebut, guru dapat memulai proses kegiatan
belajar dengan melakukan sesi tanya jawab, seperti apakah mereka pernah
melihat bagaimana es batu mencair, bagaimana kain yang basah setelah dijemur
bisa menjadi kering, atau bagaimana proses pembuatan es krim yang awalnya
berbentuk benda cair bisa menjadi padat. Guru juga dapat menggunakan video
pembelajaran untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap perubahan zat
tersebut. Selain itu, untuk menjelaskan tentang
peruabahan energi serta sifat kemagnetan, guru dapat melakukan projek
kecil-kecilan bersama siswa. Pada kesempatan ini, guru dapat meminta siswa
untuk membawa magnet dan paku ke sekolah sebagai tugas praktik, atau media
lain yang dapat memancing sifat kemagnetan. Dengan adanya projek kecil tersebut
siswa akan lebih mudah memahami penjelasan Anda. Untuk memudahkan guru dalam
menjelaskan materi ini, Anda dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.3.1 Energi dan Sumber Energi
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mendeskripsikan terjadinya
siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
Pemahaman tentang siklus air |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini guru dapat menggunakan
video pembelajaran dalam menjelasakan tentang bagaimana siklus air. Video
pembelajaran tersebut dapat Anda temukan referensinya dari Youtube. Setelah menjelaskan
melalui video pembelajaran, guru dapat membuka sesi tanya jawab untuk
memancing rasa penasaran siswa dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap
materi yang baru saja dijelaskan. Selain menjelaskan melalui video
pembelajaran, guru dapat menjelaskan tentang beberapa poin penting yang harus
dipahamai siswa dengan baik di papan tulis. Dengan begitu, siswa dapat
mencatat informasi yang Anda bagikan ke dalam buku catatan mereka. Tidak hanya
menjelaskan tentang bagaimana terjadinya siklus air tersebut, penting bagi
guru untuk membawa materi tersebut ke dalam peristiwa sehari-hari siswa, seperti
kesulitan masyarakat dalam mendapatkan air bersih, keadaan sungai di sekitar
rumah tempat mereka tinggal. Melalui kasus tersebut, guru dapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Guru dapat mengajak siswa untuk
memahami dan mencari solusi untuk menjaga ketersediaan air bersih di
lingkungan sekitar mereka. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.4.1 Pentingnya Bekerja Sama, serta Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah
serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah. 2. Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. 3. Peserta
didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta
konvensional/digital. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami peran warga sekolah dan
bagaimana membangun interaksi sosial dengan sekolah dan lingkungan tempat
tinggal -
Memahami ragam bentang alam dan
kaitannya dengan profesi masyarakat -
Memahami letak kota/kabupaten dan
provinsi tempat tinggal pada peta |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini guru dapat melakukan
sesi tanya jawab untuk memancing pemahaman siswa terhadap peran setiap warga
sekolah. Misalnya seperti bagaimana peran ketua kelas, bendahara dan
sekretaris kelas selama menjadi bagian penting kelas. Mengetahui peran dari
setiap warga sekolah penting untuk diketahui setiap siswa. Dalam menjelaskan
interaksi sosial dan cara membagun komunikasi, guru dapat membawa sisa ke
dalam sebuah forum perdebatan singkat. Dengan membawa siswa ke dalam lapangan
kecil, siswa bisa mengetahui dan memahami secara jelas bagaimana cara
membangun komunikasi dan interaksi setiap siswa. Dalam menjelaskan tentang bentang alam,
guru dapat menggunakan video pembelajaran, seperti letak kota/kabupaten dan
provinsi tempat mereka tinggal. Pada kesempatan ini, guru juga dapat mengajak
siswa untuk masuk ke dalam pembagian pengalaman, seperti apa saja yang mereka
temukan di tempat mereka tinggal, misalnya sungai yang mengelilingi daerah
tempat tinggal mereka. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.5.1 Pelestarian Alam dan Mengenal Uang
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan
lokal, dan upaya pelestariannya. 2. Peserta
didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat
tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. 3. Peserta
didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang,
dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami keanekaragaman hayati,
keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya -
Memahami sejarah yang ada di
provinsi tempat tinggal -
Memahami perbedaan kebutuhan dan
keinginan, nilai mata uang dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, guru dapat
menjelaskan tentang ragam hayati dan budaya melalui video pembelajaran. Hal ini
penting untuk dilakukan agar siswa dapat lebih mudah memahami jenis-jenis
dari ragam hayati dan budaya yang ada di Indonesia. Setelah menjelaskan
tentang ragam hayati dan budaya yang ada di Indonesia, guru dapat membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok untuk menjelaskan lebih dalam mengenai ragam
hayati dan budaya yang mereka temukan. Beberapa kelompok belajar tersebut
akan mencari dan membahas tentang apa saja ragam hayati yang mereka temukan
dan bagaimana budaya yang mereka miliki selama ini, seperti yang telah kita
ketahui masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku. Siswa berkesempatan
untuk menjelaskan hasil diskusi mereka di depan kelas. Untuk menjelaskan tentang nilai mata
uang dan kegunaannya di kehidupan sehari-hari, guru dapat menjelasakannya
lewat materi dan penjelasan. Sesi tanya jawab dapat membantu guru dalam
meningkatkan pemahaman siswa, misalnya seperti bagaimana cara mereka
menggunakan uang, apakah mereka lebih sering menghabiskannya untuk memenuhi
kebutuhan hidup atau hanya untuk keinginan? Dengan jenis-jenis pertanyaan
seperti itu, guru telah membawa siswa ke dalam situasi di mana mereka bisa
memahami apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |