ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Inggris

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris

sumber: https://www.pexels.com/

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara global dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, kesehatan, bisnis, perdagangan, hubungan internasional, pariwisata, dan teknologi. Dengan menguasai bahasa Inggris, kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi akan semakin meningkat, di mana mereka berpeluang besar untuk berkomunikasi dengan warga dunia.

Selain dapat berkomunikasi dengan warga dunia, dengan menguasai bahasa Inggris, peserta didik juga memiliki peluang untuk bisa berinteraksi dengan berbagai jenis teks yang berasal dari luar negeri. Melalui interaksi tersebutlah peserta didik akan mendapatkan ilmu pengetahuan, berbagai jenis keterampilan, dan mampu mempelajari berbagai macam budaya yang ada di dunia.

Capaian Pembelajaran Fase D
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka mencakup Rasional Capaian Pembelajaran, Tujuan Capaian Pembelajaran, Karakteristik Pembelajaran, Lingkup Capaian Pembelajaran, Rumusan Capaian Pembelajaran

Dalam penerapannya, pembelajaran bahasa Inggris akan berfokus pada kemampuan peserta didik dalam menyimak, berbicara, memirsa, menulis, dan mempresentasikan sesuatu secara terpadu. Adapun enam capaian pembelajaran yang dimiliki pembelajaran bahasa Inggris ini yaitu mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.

Level B1 (CEFR) ini mencerminkan kemampuan peserta didik dalam :

  • Meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi dan menyampaikan pendapat yang mereka miliki dengan artikulasi yang jelas
  • Mampu menyampaikan argumen secara komprehensif
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka dinamakan capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran berisikan kompetensi serta lingkup materi yang disusun secara komprehensif berbentuk narasi.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Inggris

Komponen/Indikator

Deskripsi

Capaian Pembelajaran

ELEMEN MENYIMAK – BERBICARA

Pada akhir fase B, pelajar menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Mereka mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosa kata sederhana. Mereka mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 

By the end of Phase B, students use English to interact in a range of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. They change/substitute some sentence elements to participate in classroom routines and learning activities such as expressing feelings, expressing needs and requesting help. They identify key points of information in visually supported oral presentations containing familiar vocabulary. Using visual cues, they follow a series of simple instructions related to classroom procedures and learning activities.

 

ELEMEN MEMBACA MEMIRSA

Pada akhir  fase  B,  siswa  memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Mereka membaca dan memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

 

By the end of Phase B, students understand everyday vocabulary with support from pictures/illustration. They read and respond to a range of short, simple, familiar texts in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts.

 

 

ELEMEN MENULIS – MEMPRESENTASIKAN

Pada akhir fase B, siswa mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, mereka dapat menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana dengan menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Mereka dapat menuliskan kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak.

 

By the end of Phase B, students communicate their ideas and experience through drawings and copied writing. With teacher’s support, they produce simple descriptions and procedures using simple words/phrases and pictures. The use invented spelling In writing simple vocabulary related to their class and home environments.  

 

Profil Pelajar Pancasila

1.      Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Elemen akhlak beragama : Belajar membiasakan pelaksanaan ibadah wajib sesuai tuntunan agamanya

Elemen akhlak pribadi : Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat diri dalam kesehariannya Elemen akhlak kepada manusia : Mengenali persamaan dan perbedaan

Elemen akhlak kepada alam : Belajar menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya, mengenali berbagai ciptaan Tuhan Elemen akhlak bernegara : Belajar mengenali hak dan kewajibannya

 

2.      Berkebinekaan global

Elemen mengenal dan menghargai budaya : Mengenal berbagai budaya di sekitarnya dan memandangnya sebagai suatu wawasan baru

Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya : Mengenal penggunaan kata yg berbeda makna di lingkungan sekitarnya

Elemen refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan : Belajar mengenali bahwa perbedaan adalah sebuah ragam pengalaman

Elemen berkeadilan sosial : Belajar mengenali konsep hak dan kewajiban

 

3.      Bergotong-royong

Elemen kolaborasi : Belajar bekerja sama, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan teman Elemen kepedulian : Belajar mengenali lingkungan sekitar

Elemen berbagi : Belajar memberi dan menerima hal yg dianggap berharga dan penting dengan sesama teman di lingkungan sekitarnya

 

4.      Mandiri

Elemen kesadaran diri : Mulai mengenali berbagai emosi yang dialaminya juga mulai mengenali adanya minat diri dan tantangannya

Elemen regulasi diri : Mulai mengenal tujuan dan rencana belajar dengan bimbingan orang dewasa, serta menjalankan rencananya sesuai waktu yang telah disepakati, mulai mengenal adanya tugas-tugas rutin

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.1    Pelajar mampu mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas.

B.2    Pelajar memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon

B.3    Pelajar mampu mengikuti instruksi sederhana yang diberikan secara verbal oleh guru

B.4    Pelajar menyampaikan secara lisan istilah sederhana yang merupakan aktivitas sehari hari

B.5    Pelajar mengungkapkan perasaannya dengan kalimat sederhana

B.6    Pelajar mampu menulis kalimat sederhana dalam konteks aktivitas sehari-hari

 

 

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.1    Pelajar mampu mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas

B.2    Pelajar memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Identifikasi Tujuan Pembelajaran

-       Menangkap makna dari pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas. Menunjukkan pemahaman atas kalimat sederhana bahasa Inggris.

-       Memberikan respon terhadap pertanyaan dalam kalimat bahasa Inggris sederhana

Topik/Konten Inti

-          Pemahaman pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.

-          Pemahaman sebuah kalimat sederhana bahasa Inggris

Penjelasan Singkat

-          Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas pembiasaan penggunaan bahasa Inggris, seperti mendengarkan dan menyampaikan kata serta kalimat sederhana yang digunakan dalam aktifitas sehari hari

-          Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:

Permainan, contoh : bermain peran (role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai pertanyaan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk mengekspresikan perasaaan (feeling expression)

Kerja berkelompok (team work)

 

 

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.3 Pelajar mampu mengikuti instruksi sederhana yang diberikan secara verbal oleh guru

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Identifikasi Tujuan Pembelajaran

Menunjukkan pemahaman atas instruksi sederhana dalam bahasa Inggris

Topik/Konten Inti

Merespon percakapan sehari-hari atas instruksi sederhana dalam bahasa Inggris

Penjelasan Singkat

-          Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas pembiasaan penggunaan bahasa Inggris dalam interaksi, sewaktu mendengarkan, menyampaikan dan menulis kata serta kalimat sederhana yang digunakan dalam aktifitas sehari hari

-          Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:

Permainan, contoh : bermain peran (role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai instruksi sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk ekspresi perasaaan (feeling expression)

Kerja berkelompok (team work)

 

 

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.4 Pelajar menyampaikan secara lisan istilah sederhana yang merupakan aktivitas sehari hari

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Identifikasi Tujuan Pembelajaran

Menyampaikan pesan secara lisan istilah sederhana yang merupakan aktivitas sehari-hari

Topik/Konten Inti

Penyampaian pesan dalam konteks percakapan atau kegiatan sehari-hari

Penjelasan Singkat

-       Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris dalam menceritakan kegiatan sehari-hari hingga menjadi sebuah pembiasaan

-       Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:

Permainan, contoh : bermain peran (role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai kegiatan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk ekspresi perasaaan (feeling expression)

Kerja berkelompok (team work)

 

 

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.5 Pelajar mengungkapkan perasaannya dengan kalimat sederhana

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Identifikasi Tujuan Pembelajaran

Menyampaikan pesan secara lisan mengenai perasaannya dengan kalimat sederhana

Topik/Konten Inti

Penyampaian pesan sederhana untuk mengekspresikan perasaannya

Penjelasan Singkat

-          Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris dalam mengungkapkan perasaan dalam konteks kegiatan sehari-hari hingga menjadi sebuah pembiasaan yang digunakan dalam aktifitas sehari hari.

-          Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:

Permainan, contoh : bermain peran (role play), tebak kartu perasaan. Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai pertanyaan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk ekspresi perasaaan (feeling expression)

Kerja berkelompok (team work)

 

 

Alur/Tujuan Pembelajaran

B.6 Pelajar mampu menulis kalimat sederhana dalam konteks aktivitas sehari-hari

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Identifikasi Tujuan Pembelajaran

Menyampaikan pesan sederhana melalui penulisan dalam konteks aktivitas sehari-hari

Topik/Konten Inti

Penyampaian pesan sederhana dalam konteks percakapan atau aktivitas sehari-hari

Penjelasan Singkat

-          Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris guna menyampaikan pesan yang berkaitan dengan kegiatan yang dekat dengan siswa, hingga menjadi sebuah pembiasaan yang digunakan dalam aktifitas sehari hari

-          Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:

Permainan, contoh : bermain peran (role play), pesan berantai, susun kata. Guru membuat jurnal sederhana

Membuat cerita bergambar sederhana

Kerja berkelompok (team work) seperti diskusi kelompok

 

 

Glosarium

Role Play; permainan peran, dimana para pemain memainkan peran-peran tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama

Team Work; bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama