ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Indonesia
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah materi pembelajaran yang mengajarkan tentang kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir yang merupakan pondasi dari kemampuan literasi. Bisa dikatakan bahwa kemampuan literasi berperan penting dalam semua bidang kajian dan bidang kehidupan.
Dalam pelaksanaannya, kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian, yaitu pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan sesuatu dengan menggunakan bahasa yang baik.
Adapun model pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pedagogi genre. Adapun empat tahapan yang dimiliki model pedagogi genre ini yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya, asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan. Pembinaan dan pengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia ini dapat membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, kreatif, berpikir kritis, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Elemen Menyimak |
Peserta didik mampu memahami ide pokok
(gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks
yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan
tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi
yang dibacakan atau dari media audio. |
Elemen
Membaca-Memirsa |
Peserta didik mampu memahami pesan dan
informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam
bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru
dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada
teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca
atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Elemen
Berbicara-Mempresentasikan |
Peserta didik mampu berbicara dengan
pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan
intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi
pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan
diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu
percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu
menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks
narasi dengan topik yang beraneka ragam. |
Elemen
Menulis |
Peserta didik mampu menulis teks narasi,
teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan
rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik
yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
4 : Pemahaman terhadap Topik Pembahasan, Ide Pokok, dan Informasi dalam
Pembicaraan |
4.1 Peserta
didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan
kegiatan sehari-hari. |
4.2 Peserta
didik memahami berbagai pernyataan dasar lisan yang meminta informasi
pribadi. |
|
4.3 Peserta
didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik pembahasan. |
|
4.4 Peserta
didik memahami ide pokok/gagasan dari pembicaraan atau dialog singkat pada
suatu topik pembahasan. |
|
4.5 Peserta
didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai
topik pembahasan. |
|
4.6 Peserta
didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada suatu
topik pembahasan. |
|
Kelas
4 : Jenis-jenis Teks dan Pemahaman terhadap Informasi di Dalamnya |
4.7 Peserta
didik mengidentifikasi rima dan repetisi kata |
4.8 Peserta
didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks. |
|
4.9 Peserta
didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi. |
|
4.10
Peserta didik memahami ide pokok
dan ide pendukung lebih banyak teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual
pada suatu topik pembahasan. |
|
4.11
Peserta didik memahami informasi
secara spesifik dan detail pada suatu topik pembahasan |
|
4.12
Peserta didik mengenali perbedaan
antara fakta dan opini secara singkat pada suatu teks sederhana |
|
4.13
Peserta didik mengenali sikap atau pendapat
penulis pada suatu teks bacaan |
|
Kelas
4 : Puisi dan Maknanya |
4.14
Peserta didik menggunakan kamus
kertas dan referensi digital untuk memeriksa makna dan memperluas pemahaman |
4.15
Peserta didik menemukan lebih
banyak makna kata kiasan dalam puisi |
|
4.16
Peserta didik membaca puisi dengan
penghayatan dan kesenangan. |
|
Kelas
4: Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat |
4.17
Peserta didik memberikan informasi
dasar tentang diri mereka dalam bentuk kalimat. |
4.18
Peserta didik mengajukan pertanyaan
untuk mengetahui informasi umum. |
|
4.19
Peserta didik memberikan pendapat
dalam bentuk kalimat pada suatu topik pembahasan. |
|
4.20
Peserta didik menggunakan kosakata
dasar untuk menyampaikan informasi. |
|
4.21
Peserta didik menggunakan kata
penghubung dalam suatu kalimat. |
|
4.22
Peserta didik mengkomunikasikan
dengan jelas frasa dan kalimat sederhana |
|
4.23
Peserta didik melakukan interaksi
singkat, pertukaran informasi dasar pada berbagai topik pembahasan. |
|
4.24
Peserta didik menghubungkan cerita
dan peristiwa sehari-hari. |
|
Kelas
4 : Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca |
4.25
Peserta didik merencanakan,
menulis, mengedit dan mengoreksi pekerjaannya dalam menulis |
4.26
Peserta didik menulis
kalimat-kalimat pendek dalam sebuah paragraph |
|
4.27
Peserta didik menulis deskripsi factual
dan imajinatif yang menggambarkan orang, tempat, dan benda |
|
4.28
Peserta didik menggunakan tulisan
tangan bersambng dalam berbagai karya tulis |
|
4.29
Peserta didik menautkan suatu kalimat
menjadi paragraph yang koheren |
|
4.30
Peserta didik memberi tanda baca
pada karya tulis |
Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4
4.1.1 Pemahaman terhadap Topik Pembahasan
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami urutan instruksi-instruksi lisan pada kegiatan-kegiatan di
tempat umum. 2. Peserta
didik memahami lebih banyak pertanyaan dasar lisan yang meminta informasi
pribadi. 3. Peserta
didik memahami lebih banyak pertanyaan-pertanyaan dasar lisan pada suatu
topik pembahasan. 4. Peserta
didik memahami ide pokok/gagasan utama dari pembicaraan atau dialog panjang
di berbagai topik pembahasan. 5. Peserta
didik memahami informasi spesifik dan detail pada pembicaraan atau dialog
tentang berbagai topik yang sudah dikenali. 6. Peserta
didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog dari
berbagai topik yang semakin meningkat jumlah, durasi, dan sebaran topiknya. |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
- Pemahaman
instruksi lisan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari - Memahami
arti dari setiap instruksi yang ada di tempat-tempat umum |
Penjelasan Singkat |
Guru dapat memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mendengarkan podcast untuk melatih kemampuannya dalam menyimak
informasi dan pembicaraan orang lain. Guru juga dapat menggunakan buku
bacaan, seperti buku fiksi petualangan untuk melatih kemampuan siswa dalam
menyimak informasi yang ada di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.2.1 Pemahaman terhadap Ide Pokok/Gagasan Utama
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami ide pokok dan ide pendukung lebih banyak teks dengan
menggunakan petunjuk kontekstual pada suatu topik pembahasan. 2. Peserta
didik memahami informasi secara spesifik dan detail pada suatu topik. 3. Peserta
didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada suatu
teks sederhana. 4. Peserta
didik mengenali sikap atau pendapat penulis pada suatu teks bacaan. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
-
Penyampaian ide atau gagasan
sederhana secara lisan -
Penyampaian informasi yang
diberikan secara detail -
Peyampaian pendapat dalam dialog
atau pembicaraan mengenai suatu topik pembelajaran |
Penjelasan Singkat |
Siswa menyimak cerita lisan yang
disampaikan dengan pembacaaan cerita berisi pembicaraan atau dialog secara
nyaring Siswa diperdengarkan sebuah pembacaan cerita untuk memahami ide pokok
atau gagasan utama dari pembicaraan atau dialog dengan topik-topik
kontekstual dan menjawab pertanyaan terkait gagasan utama dalam cerita
fantasi dengan tepat. Siswa diperdengarkan dan menjawab
pertanyaan tentang informasi/gagasan perinci pada sebuah pembacaan cerita
untuk menemukan informasi spesifik dan detail ide pokok atau gagasan utama
dari pembicaraan dialog tersebut. Siswa mendengarkan sebuah wawancara dari
podcast anak dan menentukan jawaban dan pertanyaan orang-orang di dalam
podcast. Siswa dapat mengamati mencatat kosakata yang digunakan pembicara
dalam mengemukakan pendapatnya |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.3.1 Mengenal Jenis-jenis Teks
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengidentifikasi rima dan repetisi kata. 2. Peserta
didik mengenali dan mengidentifikasi lebih beragam jenis teks. 3. Peserta
didik mengenali elemen-elemen buku dan sumber bacaan lainnya. 4. Peserta
didik membaca lebih banyak teks fiksi dan non-fiksi dengan percaya diri dan
penuh kesenangan. 5. Peserta
didik menggunakan kamus kertas dan referensi digital untuk memeriksa makna
dan memperluas pemahaman. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman terhadap rima dan
repetisi kata -
Pemahaman jenis-jenis teks dan
elemen-elemen yang dimiliki pada teks tersebut -
Pemahaman ide pokok dalam suatu
teks |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada setiap
siswa untuk membawa buku fiksi maupun nonfiksi, yang kemudian akan dibaca
bersama di dalam kelas. Pada kesempatan ini, siswa akan diajarkan untuk
memahami isi teks. Guru memberikan beberapa rekomendasi
teks bacaan untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami rima, repetisi kata
dan jenis-jenis teks. Guru juga dapat menanyakan beberapa hal yang berkaitan
tentang isi buku setelah siswa selesai membaca buku tersebut. Kegiatan ini
dapat melatih siswa untuk memahami ide pokok atau gagasan utama teks bacaan,
serta fakta dan opini yang terdapat di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.4.1 Memahami Jenis-jenis Teks dan Informasi di Dalamnya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami berbagai informasi dan detail spesifik dari teks sederhana
dengan bantuan guru. 2. Peserta
didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada teks
sederhana. 3. Peserta
didik mengenali sikap atau pendapat penulis dalam teks pendek tentang
berbagai topik. 4. Peserta
didik mengkategorikan buku, lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di
perpustakaan atau sekolah menurut klasifikasinya. |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman terhadap informasi yang
ada di dalam teks sederhana -
Pemahaman perbedaan fakta dan opini
yang ada di dalam teks sederhana -
Mengenali klasifikasi buku, lembar
kerja dan jenis buku lainnya yang ada di perpustakaan |
Penjelasan Singkat |
Guru mengajak siswa untuk berkunjung ke
perpustakaan sekolah dan meminta siswa untuk memilih buku bacaan yang akan
mereka baca dan pahami selama kegiatan pembelajaran. Guru memberikan beberapa rekomendasi
teks bacaan untuk melatih siswa untuk memahami ide pokok atau gagasan utama
teks bacaan, serta fakta dan opini yang terdapat di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Fakta :
segala hal yang bisa ditangkap oleh indra manusia berupa data dari keadaan
nyata yang telah terbukti kebenarannya. Opini :
sebuah gagasan atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan
tertentu terhadap ideologi dan perspektif yang memiliki sifat tidak objektif. |
4.5.1 Memahami Puisi dan Maknanya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta didik menemukan makna kata
kiasan dalam puisi sederhana 2.
Peserta didik membaca puisi dengan
penghayatan dan kesenangan |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Pembacaan puisi dan memahami makna yang
terdapat di dalam puisi |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menonton pagelaran baca puisi melalui Youtube dan membuat pagelaran membaca
puisi di kelas. Guru juga berkesampatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan
mengenai topik yang sedang dibahas. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Puisi :
salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya ditentukan oleh irama, rima
dan penyusunan larik dan bait. |
4.6.1 Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memberikan informasi dasar tentang diri siswa ke dalam sebuah kalimat. 2. Peserta
didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum. 3. Peserta
didik memberikan pendapat ke dalam bentuk kalimat. 4. Peserta
didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi. 5. Peserta
didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian informasi dan peristiwa yang
dialami siswa ke dalam sebuah teks narasi. |
Penjelasan Singkat |
Siswa berinteraksi dengan teman-teman
sekelasnya dan bertukar informasi, baik mengenai dirinya, lingkungan tempat
tinggalnya, atau peristiwa yang baru saja mereka alami dan cukup berkesan
untuk diingat. Setelahnya siswa akan diberi kesempatan untuk menuliskan apa
yang mereka dapatkan dari kegiatant tersebut ke dalam kalimat-kalimat pendek
yang akan dijadikan sebagai sebuah teks narasi. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
4.7.1 Pemahaman terhadap Penulisan Karya Tulis
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menulis deskripsi factual dan imajinatif yang menggambarkan orang,
tempat, dan benda. 2. Peserta
didik menggunakan tulisan tangan bersambung dalam berbagai karya tulis. 3. Peserta
didik menautkan kalimat menjadi paragraph yang koheren. 4. Peserta
didik memberi tanda baca pada karya tulis. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian deskripsi factual dan
imajinatif ke dalam tulisan |
Penjelasan Singkat |
Siswa akan diberi kesempatan untuk
menuliskan beberapa peristiwa yang pernah dialami, atau imajinasinya sendiri
ke dalam sebuah tulisan atau teks narasi. Siswa membuat cerita ke dalam beberapa
paragraph yang perlu diperhatikan penggunaan tanda bacanya. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |