ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Matematika

kurikulum merdeka 21 Des 2023

Rasional:

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berpikir logis dan penyelesaian masalah. Matematika digunakan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dalam penerapannya, matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Bisa dikatakan bahwa matematika dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami oleh setiap peserta didik. Selain itu, matematika juga digunakan sebagai alat konseptual yang digunakan untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, serta melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir.

Dengan mempelajari matematika, peserta didik akan memiliki kemampuan dalam berpikir logis, analitis, kritis, sistematis, dan juga kreatif. Beberapa kemampuan tersebut diperlukan peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya untuk memiliki kemampuan dalam memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan untuk bertahan hidup.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan

Pembelajaran Matematika dapat membekali peserta didik dalam berpikir, bernalar, dan berlogika dengan melalui berbagai rangkaian aktivitas yang dapat membentuk alur berpikir yang berkesinambungan. Matematika adalah pembelajaran yang memuat fakta, konsep, prinsip, relasi, operasi hitung, penyelesaian masalah, dan solusi matematis yang bersifat formal-universal.

Dengan mempelajari Matematika, peserta dapat mendapatkan nilai-nilai moral yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu mengembangkan kemandirian, kemampuan untuk bernalar kritis, dan meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran matematika peserta didik akan dilatih untuk tekun, mahir dalam menyelesaikan masalah, bersikap rasional, terus bersabar, dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 IPAS
Pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Matematika

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan,dan mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999.999, menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik dapat menentukan, menyajikan, memodelkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dalam konteks uang dan kaitan setiap satuannya serta berbagai representasi  visual dan strategi perhitungan.

Peserta didik dapat menentukan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan, faktor, kelipatan persekutuan terkecil (KPK), dan faktor persekutuan terbesar (FPB).

Peserta didik dapat mengenal, menggunakan, menyajikan, dan memodelkan bilangan pecahan antara 0 dan 1 serta  pecahan campuran positif (misalnya: 2¼) dan yang senilai dalam berbagai bentuk representasi visualnya. Peserta didik dapat mengenal, mengidentifikasi, mengurutkan, dan membandingkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.

Peserta didik dapat menentukan posisi pecahan pada garis bilangan, membandingkannya dengan bilangan lainnya.

Tujuan Pembelajaran

-       Menunjukkan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan suatu bilangan cacah sampai angka 10.000 (atau maksimum empat angka) dalam konteks bilangan dan nilai mata uang.

-       Mengurutkan bilangan-bilangan (sampai empat angka) berdasarkan nilai tempat nya ke dalam garis bilangan dalam konteks bilangan dan nilai mata uang.

-       Menentukan hubungan antar bilangan (pola bilangan) dalam deret bilangan (membesar, mengecil, dan bertumbuh) dalam konteks bilangan dan nilai mata uang.

-       Melakukan pembulatan bilangan sampai ke ribuan terdekat dalam konteks bilangan dan nilai mata uang.

-       Menaksir hasil perhitungan penjumlahan dan pengurangan dalam konteks bilangan dan nilai mata uang.

-       Mengidentifikasi (membaca, membilang dan menulis) simbol pecahan untuk suatu benda yang dibagi dengan pembagian yang berbeda.

-       Membandingkan nilai pecahan berdasarkan bagian suatu benda dalam garis bilangan.

-       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.

Perkiraan Jumlah Jam

12 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Bilangan, nilai tempat, garis bilangan, pola bilangan, nilai mata uang, pembulatan, dan penaksiran.

-    Topik Inti : Mengenal Letak Bilangan pada Garis Bilangan

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik diberikan beberapa mata uang dengan nilai berbeda, peserta didik menyebutkan nilai bilangan nya, membandingkan nilai mata uaang yang lebih besar atau lebih kecil, dan melakukan aturan pembulatan untuk mempermudah memecahkan masalah sehari-hari yang  berkaitan dengan perhitungan uang

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

-  Pembulatan = aturan untuk merubah sebuah nilai angka yang lebih besar atau lebih kecil untuk mengeliminasi nilai bilangan yang tidak kita butuhkan

-  Penaksiran = perhitungan nilai terdekat

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Peserta didik dapat menemukan hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan (misalnya: 2 + 3 = 5, maka 5 – 3 = 2), serta hubungan antara operasi perkalian dan pembagian (misalnya: 2 x 5 = 10, maka 10:2 = 5 dan 10:5 = 2).

Peserta didik dapat menentukan bilangan yang belum diketahui dari sebuah pernyataan matematika yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian atau pembagian, menemukan pola hubungan yang melibatkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran

-       Melakukan operasi penjumlahan bilagan cacah sampai 10.000 tanpa teknik   menyimpan, dan dengan teknik menyimpan.

-       Melakukan operasi pengurangan bilagan cacah sampai 10.000 tanpa teknik meminjam, dan dengan teknik meminjam.

-       Menemukan hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan.

-       Memahami hubungan antara operasi bilangan, misalnya menjelaskan bahwa perkalian adalah penjumlahan yang berulang dan pembagian adalah pengurangan berulang.

-       Melakukan perkalian 0 dan 10, 100. Perkalian bilangan 2 angka dengan bilangan 1 angka; bilangan 3 angka dengan bilangan 1 angka. Perkalian bilangan 2 angka dan bilangan 2 angka. Perkalian 3 angka dan bilangan 2 angka dengan cara mendatar, bersusun pendek dan bersusun panjang.

-       Melakukan pembagian bilangan cacah sampai dengan 100.

-       Melakukan pembagian dengan ada sisa

-       Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya dan membuat tabel pembagian.

-       Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan dalam penjumlahan serta sifat pengelompokan dalam pengurangan.

-       Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan dalam perkalian serta  sifat pengelompokan dalam pembagian.

-       Melakukan operasi hitung campuran penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian menggunakan sifat operasi hitung.

Perkiraan Jumlah Jam

28 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, sifat operasi, pecahan sederhana, perbandingan nilai pecahan

-    Topik Inti : Mengenal Operasi Hitung dan Pecahan

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik melakukan berbagai teknik perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan sampai angka 10.000 secara tepat dan menemukan berbagai strategi perhitungan dengan menggunakan sifat operasi hitung dalam memecahkan maslah sehari-hari. Peserta didik diberikan benda konkret yang dibagi beberapa bagian, peserta didik dapat menyebutkan nilai nilai dari sebagian benda tersebut dalam simbol pecahan, membandingkan nya dengan pecahan lain, dan menggunakan konsep pecahan sederhana untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

-  Komutatif = pertukaran tempat

-  Asosiatif = pengelompokan operasi

-  Distributif = penyebaran operasi

-  Pecahan = bilangan yang mewakili bagian dari benda utuh

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengukur panjang menggunakan satuan baku (mm, cm, m) dan mengenali bahwa ada hubungan terbalik antara ukuran unit dan jumlah unit yang diperlukan untuk mengukur suatu obyek, serta menentukan hubungan antarsatuan baku panjang (mm, cm, m). peserta didik juga dapat menggunakan satuan baku luas (cm2, m2) dan volume.

Tujuan Pembelajaran

-       Mengukur panjang beberapa benda konkret dan jarak menggunakan alat ukur yang sesuai dengan satuan panjang mm, cm, m dan km.

-       Mengukur berat beberapa benda konkret menggunakan alat ukur yang sesuai dengan satuan gram dan kilogram.

-       Menentukan hubungan antar satuan panjang dan antar satuan berat.

-       Mengubah suatu satuan panjang dan berat ke dalam bentuk satuan lain.

-       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan satuan panjang dan satuan berat.

Perkiraan Jumlah Jam

16 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Panjang, berat, satuan

-    Topik Inti : Mengenal Pengukuran Panjang dan Berat

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik dapat membaca skala alat ukur dari hasil pengukuran panjang dan berat dengan benar. Peserta didik mengetahui berbagai satuan satandar pengukuran panjang dan berat seperti centi meter, meter dan kilo meter, juga gram dan kilo gram. Peserta didik kemudian dapat mengubah nilai pengukuran dengan suatu satuan ke satuan yang lain.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

-  Besaran = Apa yang diukur dengan hasilnya berupa bilangan

-  Satuan = nilai standar bagi pembanding alat ukur

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar dari segiempat, segitiga, segibanyak dan lingkaran dan membandingkan ciri-ciri berbagai bentuk bangun ruang dari prisma dan tabung.

Tujuan Pembelajaran

-       Menyebutkan ciri-ciri bangun datar sederhana seperti jumlah sisi, jumlah sudut, panjang sisi, dan besar sudut segitiga dan segiempat.

-       Mengidentifikasi bangun-bangun datar berdasarkan cirinya. Misal: menyebutkan nama bangun datar berdasarkan cirinya.

Perkiraan Jumlah Jam

24 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, dan trapesium

-    Topik Inti : Mengenal Bangun Datar dan Cirinya

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik akan dikenalkan dengan berbagai bangun datar, kemudaian peserta didik diminta menganalisis jumlah sudut, jumlah sisi, besar masing-masing sudut dalam bangun datar tersebut, jumlah pasangan sudut yang besar nya sama, jumlah pasangan sisi yang panjang nya sama, jumlah pasangan sisi yang sejajar. Setelah itu peserta didik mengklasifikasikan bangun datar tersebut dengan nama tertentu (persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, dan  trapesium) sesuai ciri-cirinya.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

Sisi, sudut, paralel, persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, dan trapesium

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda menggunakan turus dan data hasil pengukuran dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, diagram batang, dan diagram garis. Peserta didik juga dapat menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian.

Tujuan Pembelajaran

-       Mengumpulkan data mengenai banyaknya benda.

-       Menyajikan data tersebut ke dalam bentuk tabel frekuensi menggunakan turus.

-       Mengubah tabel penyajian data ke dalam bentuk piktogram dan diagram batang.

-       Menganalisis data yang disajikan dalam bentuk tabel, piktogram, dan diagram batang.

Perkiraan Jumlah Jam

24 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Data

-    Topik Inti : Mengenal Pengumpulan dan Penyajian Data

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik diminta membuat penelitian dalam sebuh grup tentang suatu topik sederhana yang ingin mereka ketahui kemudian menyusun rencana pengumpulan data baik dengan wawancara ataupun kuisioner, lalu mereka mengaplikasikan rencananya dan mepresentasikan hasilnya dalam bentuk diagram batas.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Bergotong Royong, Kreatif, dan Mandiri

Glosarium

Wawancara, kuisioner, dan diagram batang

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.