ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Matematika
Rasional:
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berpikir logis dan penyelesaian masalah. Matematika digunakan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.
Dalam penerapannya, matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Bisa dikatakan bahwa matematika dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami oleh setiap peserta didik. Selain itu, matematika juga digunakan sebagai alat konseptual yang digunakan untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, serta melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir.
Dengan mempelajari matematika, peserta didik akan memiliki kemampuan dalam berpikir logis, analitis, kritis, sistematis, dan juga kreatif. Beberapa kemampuan tersebut diperlukan peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya untuk memiliki kemampuan dalam memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan untuk bertahan hidup.
Pembelajaran Matematika dapat membekali peserta didik dalam berpikir, bernalar, dan berlogika dengan melalui berbagai rangkaian aktivitas yang dapat membentuk alur berpikir yang berkesinambungan. Matematika adalah pembelajaran yang memuat fakta, konsep, prinsip, relasi, operasi hitung, penyelesaian masalah, dan solusi matematis yang bersifat formal-universal.
Dengan mempelajari Matematika, peserta dapat mendapatkan nilai-nilai moral yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu mengembangkan kemandirian, kemampuan untuk bernalar kritis, dan meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran matematika peserta didik akan dilatih untuk tekun, mahir dalam menyelesaikan masalah, bersikap rasional, terus bersabar, dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Matematika
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat membaca, menuliskan,
membandingkan,dan mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999.999, menggunakan sistem nilai
tempat. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah. Peserta didik dapat menentukan, menyajikan, memodelkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dalam konteks uang dan
kaitan setiap satuannya serta berbagai representasi visual dan strategi perhitungan. Peserta didik
dapat menentukan dan menyelesaikan masalah
berkaitan dengan kelipatan, faktor, kelipatan persekutuan terkecil (KPK), dan faktor
persekutuan terbesar (FPB). Peserta
didik dapat mengenal, menggunakan, menyajikan, dan memodelkan bilangan pecahan antara 0 dan 1 serta
pecahan
campuran positif (misalnya: 2¼) dan yang senilai dalam berbagai bentuk
representasi visualnya. Peserta didik
dapat mengenal, mengidentifikasi, mengurutkan, dan membandingkan berbagai
bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya. Peserta
didik dapat menentukan posisi pecahan pada garis bilangan, membandingkannya dengan bilangan lainnya. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Menunjukkan nilai tempat satuan, puluhan,
ratusan, dan ribuan suatu bilangan cacah sampai
angka 10.000 (atau
maksimum empat angka)
dalam konteks bilangan dan nilai mata
uang. -
Mengurutkan bilangan-bilangan (sampai empat
angka) berdasarkan nilai
tempat nya ke dalam garis
bilangan dalam konteks bilangan dan nilai mata uang. -
Menentukan hubungan antar bilangan
(pola bilangan) dalam deret bilangan (membesar, mengecil, dan bertumbuh) dalam
konteks bilangan dan nilai mata
uang. -
Melakukan pembulatan bilangan sampai
ke ribuan terdekat dalam konteks bilangan dan nilai mata
uang. -
Menaksir hasil perhitungan penjumlahan dan pengurangan dalam
konteks bilangan dan
nilai mata uang. -
Mengidentifikasi (membaca,
membilang dan menulis) simbol
pecahan untuk suatu benda
yang dibagi dengan pembagian yang berbeda. -
Membandingkan nilai pecahan
berdasarkan bagian suatu benda
dalam garis bilangan. -
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana. |
Perkiraan Jumlah Jam |
12 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Bilangan, nilai tempat, garis bilangan, pola bilangan, nilai mata
uang, pembulatan, dan penaksiran. - Topik
Inti : Mengenal Letak Bilangan pada Garis Bilangan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diberikan beberapa mata uang dengan nilai berbeda,
peserta didik menyebutkan nilai bilangan nya, membandingkan nilai
mata uaang yang lebih besar atau lebih kecil,
dan melakukan aturan
pembulatan untuk mempermudah memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
perhitungan uang |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
- Pembulatan = aturan untuk
merubah sebuah nilai
angka yang lebih
besar atau lebih
kecil untuk mengeliminasi nilai bilangan yang tidak kita butuhkan - Penaksiran = perhitungan nilai
terdekat |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek
sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Peserta
didik dapat menemukan hubungan antara operasi
penjumlahan dan pengurangan (misalnya: 2 + 3 = 5, maka 5 – 3 = 2), serta
hubungan antara operasi perkalian dan pembagian (misalnya: 2 x 5 =
10, maka 10:2 = 5 dan 10:5 = 2). Peserta didik
dapat menentukan bilangan yang belum diketahui dari sebuah pernyataan matematika yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Peserta
didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian atau pembagian, menemukan pola hubungan yang
melibatkan perkalian dan pembagian. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Melakukan operasi penjumlahan
bilagan cacah sampai 10.000 tanpa teknik
menyimpan, dan dengan teknik menyimpan. -
Melakukan operasi pengurangan bilagan
cacah sampai 10.000
tanpa teknik meminjam, dan dengan teknik meminjam. -
Menemukan hubungan antara operasi
penjumlahan dan pengurangan. -
Memahami hubungan antara operasi
bilangan, misalnya menjelaskan bahwa perkalian adalah
penjumlahan yang berulang dan pembagian adalah pengurangan berulang. -
Melakukan perkalian 0 dan 10, 100. Perkalian
bilangan 2 angka dengan bilangan 1 angka; bilangan 3 angka dengan
bilangan 1 angka.
Perkalian bilangan 2 angka dan
bilangan 2 angka. Perkalian 3 angka dan bilangan 2 angka dengan cara
mendatar, bersusun pendek dan bersusun panjang. -
Melakukan pembagian bilangan cacah
sampai dengan 100. -
Melakukan pembagian dengan ada sisa -
Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya dan
membuat tabel pembagian. -
Menggunakan sifat pertukaran dan
pengelompokan dalam penjumlahan serta sifat pengelompokan dalam pengurangan. -
Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan dalam
perkalian serta sifat pengelompokan dalam pembagian. -
Melakukan operasi hitung campuran
penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian menggunakan sifat operasi
hitung. |
Perkiraan Jumlah Jam |
28 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, sifat operasi,
pecahan sederhana, perbandingan nilai pecahan - Topik
Inti : Mengenal Operasi Hitung dan Pecahan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik melakukan berbagai teknik perhitungan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan sampai angka 10.000
secara tepat dan menemukan berbagai strategi perhitungan dengan menggunakan sifat operasi hitung
dalam memecahkan maslah sehari-hari.
Peserta didik diberikan benda konkret yang dibagi beberapa bagian, peserta
didik dapat menyebutkan nilai nilai
dari sebagian benda tersebut dalam simbol pecahan, membandingkan nya dengan
pecahan lain, dan menggunakan konsep
pecahan sederhana untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
- Komutatif
= pertukaran tempat - Asosiatif = pengelompokan operasi
- Distributif = penyebaran operasi - Pecahan = bilangan yang mewakili bagian
dari benda utuh |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta
didik dapat mengukur panjang menggunakan satuan baku (mm, cm, m) dan mengenali bahwa
ada hubungan terbalik antara ukuran unit dan jumlah unit yang
diperlukan untuk mengukur suatu obyek, serta menentukan hubungan antarsatuan baku
panjang (mm, cm, m). peserta didik juga dapat menggunakan satuan baku
luas (cm2, m2) dan volume. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Mengukur panjang beberapa benda
konkret dan jarak
menggunakan alat ukur
yang sesuai dengan satuan panjang mm, cm, m dan km. -
Mengukur berat beberapa benda
konkret menggunakan alat ukur yang
sesuai dengan satuan gram dan kilogram. -
Menentukan hubungan antar satuan
panjang dan antar
satuan berat. -
Mengubah suatu satuan panjang dan berat ke dalam bentuk satuan lain. -
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan satuan panjang dan satuan berat. |
Perkiraan Jumlah Jam |
16 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Panjang, berat, satuan - Topik
Inti : Mengenal Pengukuran Panjang dan Berat - Penjelasan
Singkat : Peserta didik dapat membaca skala alat ukur dari hasil pengukuran
panjang dan berat dengan benar. Peserta didik mengetahui berbagai
satuan satandar pengukuran panjang dan
berat seperti centi meter, meter dan kilo meter, juga gram dan kilo gram.
Peserta didik kemudian dapat
mengubah nilai pengukuran dengan suatu satuan
ke satuan yang
lain. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
- Besaran = Apa yang
diukur dengan hasilnya berupa bilangan - Satuan = nilai standar bagi pembanding alat
ukur |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta
didik dapat membandingkan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar dari
segiempat, segitiga, segibanyak dan lingkaran dan
membandingkan ciri-ciri berbagai bentuk bangun ruang dari prisma dan tabung. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Menyebutkan ciri-ciri bangun datar
sederhana seperti jumlah sisi, jumlah sudut,
panjang sisi, dan besar sudut
segitiga dan segiempat. -
Mengidentifikasi bangun-bangun datar berdasarkan cirinya. Misal: menyebutkan nama
bangun datar berdasarkan cirinya. |
Perkiraan Jumlah Jam |
24 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah
ketupat, dan trapesium - Topik
Inti : Mengenal Bangun Datar dan Cirinya - Penjelasan
Singkat : Peserta didik akan dikenalkan dengan berbagai bangun datar,
kemudaian peserta didik
diminta menganalisis jumlah
sudut, jumlah sisi, besar
masing-masing sudut dalam bangun datar tersebut, jumlah pasangan
sudut yang besar nya sama, jumlah pasangan sisi yang panjang nya sama, jumlah
pasangan sisi yang sejajar. Setelah itu peserta didik
mengklasifikasikan bangun datar tersebut dengan nama tertentu (persegi,
persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, dan
trapesium) sesuai ciri-cirinya. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Sisi, sudut, paralel, persegi, persegi
panjang, jajar genjang, belah ketupat,
dan trapesium |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik
dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda menggunakan turus dan data hasil pengukuran
dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, diagram batang, dan
diagram garis. Peserta didik juga dapat menentukan kejadian yang lebih
mungkin di antara beberapa kejadian. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Mengumpulkan data mengenai banyaknya benda. -
Menyajikan data tersebut ke dalam bentuk
tabel frekuensi menggunakan turus. -
Mengubah tabel penyajian data ke dalam
bentuk piktogram dan diagram batang. -
Menganalisis data yang disajikan dalam bentuk tabel,
piktogram, dan diagram batang. |
Perkiraan Jumlah Jam |
24 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Data - Topik
Inti : Mengenal Pengumpulan dan Penyajian Data - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diminta membuat penelitian dalam sebuh grup tentang
suatu topik sederhana yang ingin mereka ketahui kemudian
menyusun rencana pengumpulan data baik
dengan wawancara ataupun kuisioner, lalu mereka mengaplikasikan rencananya
dan mepresentasikan hasilnya dalam bentuk diagram batas. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis, Bergotong Royong,
Kreatif, dan Mandiri |
Glosarium |
Wawancara, kuisioner, dan diagram batang |
Guru juga dapat melihat referensi ATP di kejarcita.id. Dengan mengakses fitur ATP pada menu Rencanakan, dapat memudahkan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran. Untuk kebutuhan layanan, pelatihan, dan support system silakan hubungi 0819-7388-8808 (Admin kejarcita.id).