ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 IPAS
Rasional Mata Pelajaran IPAS
Saat ini, teknologi semakin canggih. Teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang menciptakan berbagai macam tantangan yang semakin menantang. Oleh karena itu, pola pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) disesuaikan agar peserta didik dapat menyelesaikan tantangan-tantangan yang akan dihadapi di masa depan kelak.
IPAS adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. Selain itu, IPAS juga mengkaji tentang bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Bisa dikatakan bahwa pembelajaran IPAS ini dapat membantu pendidik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal untuk profil peserta didik Indonesia.
Dalam penerapannya, pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungannya. Rasa ingin tahu yang muncul ini dapat memicu berkembangnya pengetahuan peserta didik dalam memahami bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia.
Prinsip-prinsip dasar yang terdapat di dalam metodologi ilmiah pada pembelajaran IPAS ini dapat membantu siswa dalam melatih kemampuan berpikir kritis, analitis dan kemampuan dalam mengambil kesimpulan yang tepat untuk peserta didik.
Selain itu, pembelajaran IPAS juga dapat membuka peluang bagi setiap peserta didik untuk melakukan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan pemahamannya terkait lingkungan yang ada di sekitarnya.
Capaian Pembelajaran IPAS Fase B
Ciri-ciri dan
Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam |
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian
tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi
menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan
upaya pelestarian makhluk hidup. |
Sifat-sifat
dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi |
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik
mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik,
bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan
sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap
arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus
air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
Pentingnya
Bekerja Sama |
Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan
tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana
interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. |
Denah
Lingkungan Rumah dan Sekolah, serta Pelestarian Alam |
Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi
tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik
mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan
upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan
lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat
tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta
didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata
uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai
manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. |
Tujuan Pembelajaran IPAS Fase B
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
3 : Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup dan Perubahan pada Makhluk Hidup |
3.1 Peserta
didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia
(pancaindra). |
Kelas
3 : Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda |
3.2 Peserta
didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. |
Kelas
3 : Energi dan Sumber Energi |
3.3 Peserta didik mengidentifikasi
sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. |
3.4 Peserta didik memanfaatkan gejala
kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya
dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda. |
|
3.5 Peserta didik mendeskripsikan
terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
|
Kelas
3: Pelestarian Alam |
3.6 Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup. |
3.7 Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. |
|
3.8 Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman
hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya. |
|
3.9
Peserta didik mengenal
keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta
menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. |
|
Kelas
3 : Pentingnya Bekerja Sama |
3.10 Peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan
tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial
di sekitar tempat tinggal dan sekolah. |
Kelas
3 : Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah |
3.11 Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten
dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital. |
3.12 Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan
keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang
untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. |
Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 3
3.1.1 Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia
(pancaindra). 2. Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
Memahami bagian tubuh manusia, termasuk
kegunaannya (pancaindra) Memahami keadaan lingkungan sekitarnya |
Penjelasan Singkat |
Guru dapat menggunakan video
pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bentuk dan fungsi
setiap bagian tubuh manusia. Guru bisa membagikan siswa ke dalam beberapa
kelompok untuk memberikan tugas projek menggambar bagan tubuh manusia beserta
fungsinya. Setelahnya, guru juga dapat mengenalkan sumber daya alam kepada
siswa melalui berita-berita tentang bencana alam yang ada di lingkungan
sekitar dan daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dengan masalah yang
diberikan tersebut guru dapat memancing rasa penasaran siswa mengapa
peristiwa tersebut dapat terjadi, kemudian guru dapat mengarahkan siswa untuk
mencari penyebab bencana tersebut dan solusi yang tepat untuk mengatasi
peristiwa tersebut. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.2.1 Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari. 2. Peserta
didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. 3. Peserta
didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari,
mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak,
dan bentuk benda. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
Memahami proses perubahan wujud zat dan
perubahan bentuk energi dalam kegiatan sehari-hari Memahami sumber dan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari Memahami sifat kemagnetan dalam
kehidupan sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
Guru dapat melakukan projek mengenai
perubahan wujud zat dan perubahan energi di dalam kelas. Dengan adanya tugas
projek, siswa akan lebih mudah memahami bagaimana perubahan wujud zat dan
perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga dapat melakukan kegiatan
projek untuk memahami sumber dan bentuk energi, serta sifat kemagnetan di
dalam kelas. Siswa cenderung akan lebih memahami ilmu Sains tersebut melalui
praktek langsung. Untuk merealisasikan tugas ini, guru dapat membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.3.1 Energi dan Sumber Energi
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mendeskripsikan terjadinya
siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
Pemahaman tentang siklus air |
Penjelasan Singkat |
Guru menjelaskan tentang siklus air
dengan menggunakan video pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami
materi pembelajaran tersebut. Siswa dapat mencatat beberapa poin penting
mengenai siklus air dan upaya untuk menjaga ketersediaan air di lingkungan
sekitar. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.4.1 Pentingnya Bekerja Sama, serta Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah
serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah. 2. Peserta
didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi
masyarakat. 3. Peserta
didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta
konvensional/digital. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
Memahami peran warga sekolah dan
bagaimana membangun interaksi sosial dengan sekolah dan lingkungan tempat
tinggal Memahami ragam bentang alam dan
kaitannya dengan profesi masyarakat Memahami letak kota/kabupaten dan
provinsi tempat tinggal pada peta |
Penjelasan Singkat |
Siswa menyemak penjelasan yang
disampaikan guru mengenai peran setiap warga sekolah serta bagaimana cara
memangun interaksi sosial untuk membangun komunikasi dengan setiap warga
sekolah dan warga di tempat tinggal. Siswa turut menyimak penjelasan guru
mengenai beragam bentang alam untuk memahami apa saja profesi yang berkaitan
dengan alam, serta memahami penjelasan guru mengenai letak kota/kabupaten dan
provinsi tempat tinggal untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai daerah
tempat tinggalnya. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.5.1 Pelestarian Alam dan Mengenal Uang
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan
lokal, dan upaya pelestariannya. 2. Peserta
didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat
tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. 3. Peserta
didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang,
dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
Memahami keanekaragaman hayati,
keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya Memahami sejarah yang ada di provinsi
tempat tinggal Memahami perbedaan kebutuhan dan
keinginan, nilai mata uang dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai aneka ragam hayati, ragam budaya, kearifan lokal dan sejarah yang
ada di provinsi untuk meningkatkan pemahaman terhadap lingkungan sekitar dan
kekayaan negara Indonesia. Siswa diperdengarkan dengan nilai mata uang dan
kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari untuk mengetahui bagaimana cara
menggunakan uang sehingga dapat memahami apa yang menjadi perbedaan antara
kebutuhan dan keinginan. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |