ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Matematika
Rasional:
Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang cara berpikir logis yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai perkembangan teknologi. Matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan cara berpikir manusia.
Dalam hal ini, Matematika dipandang sebagai pembelajaran yang harus dipahami sekaligus digunakan sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, dan melatih kemampuan berpikir yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Dengan mempelajari Matematika peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif.
Kompetensi yang akan didapatkan peserta didik melalui pembelajaran Matematika, yaitu seperti meningkatkan kemampuan dalam memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan untuk bertahan hidup dalam kenyataan hidup yang selalu berubah, penuh dengan ketidakpastian, dan bersifat kompetitif.
Dalam pembelajaran Matematika, peserta didik akan dibekali dengan cara berpikir, bernalar, dan berlogika dengan melalui rangkaian aktivitas yang dalam membentuk alur pemahaman terhadap materi pembelajaran Matematika yang berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasih, penyelesaian masalah, dan solusi matematis yang bersifat formal-universal.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Matematika
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan
memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka
dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan,
serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta
didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan
benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan
pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi
sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan
adalah setengah dan seperempat. |
Tujuan Pembelajaran |
- Mengenal bilangan dan simbol
bilangan cacah 21-50 - Mengenal bilangan dan symbol
bilangan 51-100 - Membandingkan dan mengurutkan
bilangan dan simbol bilangan cacah sampai angka 100 - Membandingkan dan mengurutkan
bilangan dan simbol bilangan cacah sampai angka 100 - Meletakkan garis bilangan dan
posisi bilangan cacah pada garis bilangan sampai angka 100 (Misal menggunakan
angka 81-90 dan sebagainya) - Mengidentifikasi jumlah bilangan
yang lebih banyak, sama atau lebih sedikit dengan menggunakan simbol hingga
bilangan 100 - Mengenal nilai tempat suatu
bilangan (konsep satuan, puluhan dan ratusan
menggunakan kumpulan benda - Memahami nilai tempat
menunjukkan jumlah suatu bilangan. Misal : 385, 538, dan 853 adalah bilangan
berbeda. - Membedakan nilai tempat bilangan
cacah sampai dengan 100 dengan mengelompokkan menjadi ratusan, puluhan, dan
satuan - Melaksanakan penjumlahan dan
pengurangan dua bilangan cacah dengan teknik menyimpan atau meminjam. - Memahami hubungan antara
operasional bilangan. (Hubungan penjumlah dengan perkalian, yakni perkalian
adalah penjumlahan berulang, Hubungan pengurangan dengan pembagian, yakni
pembagian adalah pengurangan berulang. - Mengenal konsep kelipatan dan
faktor sederhana - Melaksanakan perkalian dan
pembagian dua bilangan cacah sampai dengan 10 - Mendeskripsikan bilangan pecahan
sebagai bagian dari bilangan cacah yang utuh. - Menunjukkan makna 1/2, 1/4 dan
1/8 dengan menggunakan benda konkret. Misal kue, pudding atau sebagainya. - Menunjukkan makna 1/2, 1/4, dan
1/8 dengan menggunakan sekumpulan objek. - Menunjukkan makna bagian 1/2., ¼
dan 1/8 melalui sebuah gambar. - Membandingkan dan Mengurutkan
pecahan menggunakan sekumpulan objek |
Perkiraan Jumlah Jam |
75 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Bilangan, simbol, puluhan, satuan, ratusan, operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan, dan pecahan. - Topik
Inti : Mengenal Bilangan Cacah, Nilai Tempat, Operasi Hitung Bilangan, dan
Pecahan. - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan bilangan cacah dan simbol bilangan cacah.
Kemudian membandingkan dan mengurutkan bilangan dan simbol bilangan cacah
tersebut sampai angka 100. Peserta didik juga
diharapkan mengenal nilai
tempat suatu bilangan. Peserta didik diharapkan dapat mengerjakan operasi
hitung bilangan, yaitu penjumlahan dan pengurangan dua bilangan cacah dengan
menggunakan teknik menyimpan dan meminjam. Peserta didik juga diharapkan
dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sebagai bagian dari bilangan cacah
yang utuh. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Bilangan adalah konsep matematika yang
digunakan untuk pencacah dan pengukuran. Pecahan adalah bilangan yang menyatakan
suatu bagian atau sejumlah bagian yang setara dari sesuatu yang “penuh”. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat menunjukan pemahaman
makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang
terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20
menggunakan gambar. Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan
pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara) |
Tujuan Pembelajaran |
-
Memprediksi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda-benda, obyek, bilangan dan bilangan. -
Menemukan pola gambar atau obyek sederhana. - Mengidentifikasi pola dalam urutan
bilangan (ganjil dan genap) |
Perkiraan Jumlah Jam |
15 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Pola Bilangan - Topik
Inti : Mengenal Pola Bilangan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan pola bilangan yang berkaitan
dengan kumpulan benda, objek, dan bilanga, Peserta didik juga diharapkan
dapat mengidentifikasi pola dalam urutan bilangan ganjil dan genap, serta
menemukan pola gambar atau objek yang sederhana. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Pola bilangan adalah susunan bilangan
yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa
bilangan lain yang membentuk suatu pola. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat membandingkan
panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.
Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak
baku. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Melakukan dan menunjukkan panjang suatu benda dengan menggunakan
satuan pengukuran standard.(Misal : panjang 1 cm) -
Melakukan dan menunjukkan berat suatu benda dengan menggunakan
satuan pengukuran standar (timbangan). (Misal : gram atau kilogram) -
Memahami cara membaca dan menunjukkan jam dan menit. (Misal jam
6 lebih 15 menit) - Membandingkan suatu benda dengan
satuan baku panjang (cm,m), berat (gr,kg), volume (liter,ml) dan waktu
(menit,detik) |
Perkiraan Jumlah Jam |
35 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Panjang, berat, dan waktu - Topik
Inti : Mengenal Konsep Pengukuran Panjang, Berat dan Waktu - Penjelasan
Singkat : Peserta didik dapat menunjukkan panjang dan berat
suatu benda dengan menggunakan pengukuran standar. Peserta didik juga dapat
memahami cara membaca dan menunjukkan waktu dalam jam dan menit, serta
membandingkan suatu benda dengan satuan baku panjang, berat, volume, dan
waktu. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
- |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat mengenal berbagai
bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang
(balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan
mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan
segibanyak). Peserta didik juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda
lain (kanan, kiri, depan belakang). |
Tujuan Pembelajaran |
-
Menggabungkan beberapa bangun dua dimensi membentuk bangun dua
dimensi gabungan. -
Mengenal bangun tiga dimensi menggunakan benda konkret (balok
dan kubus) -
Mengklasifikasi bangun tiga dimensi berdasarkan ciri-cirinya
(balok dan kubus). -
Membangun sebuah bentuk atau bangunan dengan menggunakan balok
dan kubus. -
Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan antara balok dan kubus - Menggambar dua dimensi balok dan
kubus |
Perkiraan Jumlah Jam |
40 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : bangun datar, balok, dan kubus - Topik
Inti : Mengenal Bangun 2 Dimensi Gabungan dan 3 Dimensi - Penjelasan
Singkat : Peserta didik dapat menggabungkan beberapa bangun 2
dimensi menjadi dimensi gabungan. Peserta didik dapat mengenal bangun 3
dimensi dengan menggunakan benda konkret. Peserta didik juga diharapkan dapat
mengklasifikasikan bagun 3 dimensi berdasarkan ciri-cirinya serta membangun
sebuah bentuk dengan menggunakan balok dan kubus. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Bangun datar disebut sebagai bangun 2
dimensi. Beberapa contoh bangun datar yaitu segitiga, persegi,
persegi panjang, jajar genjang, trapesium, belah ketupat, layang-layang, dan
lingkaran. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat mengurutkan,
menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak
benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori. (
Penjelasan 4 Kategori dapat dibuat permisalan: dalam satu kelas kesukaan
jenis makanan (manis, pedas, asin, asam) |
Tujuan Pembelajaran |
-
Mengumpulkan data dengan bertanya pada rekan dan guru -
Menyajikan banyak benda dalam bentuk turus -
Menyajikan banyaknya benda dengan menggunakan gambar -
Mengurutkan dan membandingkan data dengan menggunakan turus dan
gambar |
Perkiraan Jumlah Jam |
25 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : data - Topik
Inti : Mengenal Konsep Pengumpulan dan Penyajian Data - Penjelasan
Singkat : Peserta didik dapat memahami suatu benda berdasarkan
atribut dan mengurutkannya dengan baik. Peserta didik juga diharapkan dapat
membandingkan benda-benda berdasarkan atribut. Peserta didik dapat membuat
deretan pertanyaan sederhana untuk mengumpulkan data, serta membuat grafik
dengan menggunakan benda atau menempel gambar. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Diagram adalah perwakilan simbolis atas
suatu informasi. Pictogram adalah suatu penyampaian
informasi dengan menggunakan gambar. |