ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 IPAS
Rasional:
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan pembelajaran yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta, serta mengkaji interaksinya. IPAS juga pembelajaran yang akan mengkaji kehidupan manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Secara umum, pembelajaran IPAS ini diartikan sebagai gabungan dari pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibatnya. Pembelajaran IPAS ini akan melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.
Dalam penerapannya, pembelajaran IPAS berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi gambaran ideal dari profil peserta didik Indonesia. Pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya.
Rasa ingin tahu yang dimiliki peserta didik ini dapat memicu peserta didik dalam memahami bagaimana alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia yang ada di muka bumi. Bentuk pemahaman ini dapat digunakan peserta didik dalam mengidentifikasi berbagai macam permasalahan yang akan mereka hadapi nantinya, serta menemukan solusi untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.
Prinsip-prinsip dasar dari metodologi ilmiah yang terdapat di dalam pembelajaran IPAS juga dapat melatih sikap ilmiah peserta didik, seperti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, berpikir analitis, dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian, peserta didik dapat melahirkan kebijaksanaan dalam diri mereka sendiri.
Melalui pembelajaran IPAS ini, diharapkan peserta didik dapat menggali kekayaan kearifan lokal terkait pembelajaran IPAS, termasuk cara menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, fokus utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran IPAS ini bukan tentang seberapa banyak konten materi pembelajaran yang dapat diserap dan dipahami peserta didik. Namun, seberapa besar kompetensi peserta didik dalam memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki.
Dengan mempertimbangkan usia peserta didik yang masih duduk di bangku SD, pembelajaran yang awalnya dibagi menjadi IPA dan IPS ini akan disederhanakan menjadi satu mata pelajaran saja, yaitu IPAS. Alasan dilakukannya penyederhanaan mata pelajaran ini karena pada usia tersebut peserta didik masih dalam tahap berpikir yang konkrit atau sederhana, holistik, komprehensif, dan tidak detail.
Dalam pembelajaran IPAS ini, guru perlu memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk melakukan eksplorasi, investigasi dan mengembangkan pemahamannya terkait lingkungan yang ada di sekitarnya. Dengan mempelajari fenomena alam dan interaksi manusia dengan alam sekitarnya sangat diperlukan di tahap pembelajaran ini.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 IPAS
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mampu mendeskripsikan
identitas diri dan orang disekitarnya, peran serta tanggung jawabnya sebagai
anggota keluarga/kelompok/sekolah sehingga dapat
menerima perbedaan yang ada di antara manusia. Peserta didik mendeskripsikan
diri serta keluarganya secara kronologis menggunakan
media yang dipilihnya. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda-benda di
lingkungan sekitar sebagai bagian dari lingkungan alami dan buatan,
mendeskripsikan lokasi diri, serta membuat gambar denah sederhana di
lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mencerminkan perilaku hidup sehat
dengan turut menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitarnya. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Peserta
didik membedakan antara hewan dan tumbuhan berdasarkan bentuk dan ciri-ciri
umumnya. -
Peserta
didik mendemonstrasikan pengaruh perlakuan dorongan dan tarikan terhadap
benda. -
Peserta
didik menggambar denah sederhana tentang rumah atau sekolah. -
Peserta
didik menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami dan buatan setelah berdiskusi. -
Peserta
didik mengidentifikasi lingkungan alami dan buatan yang ada di sekitarnya. -
Peserta
didik menjelaskan peran warga sekolah di lingkungan sekolah. -
Peserta
didik menjelaskan cuaca yang biasa terjadi di lingkungannya. -
Peserta
didik membedakan aktivitas yang biasa dilakukan manusia pada kondisi cuaca
yang berbeda. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : identifikasi - Topik
Inti : Memahami konsep waktu (pagi-siang-sore-malam) - Penjelasan
Singkat : Peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana
dengan mengoptimalkan pancaindra. Peserta didik membuat prediksi mengenai
objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Peserta didik memahami konsep waktu
(pagi-siang-sore-malam), mengenai nama-nama hari, nama bulan, kondisi cuaca
dalam keterkaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Peserta didik mampu
mendeskripsikan silsilah keluarganya, peran dan tanggung jawab sebagai anggota
keluarga/kelompok/sekolah. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Identifikasi : menentukan identitas
seseorang atau benda pada suatu saat tertentu, menganalisa secara lebih mendalam akan sebuah hal, suatu
proses atau benda. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mengamati fenomena dan
peristiwa secara sederhana dengan menggunakan panca indra, menyusun dan menjawab
pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan.
Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di
lingkungan sekitar. Dengan panduan, peserta didik berpartisipasi dalam
penyelidikan untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Melakukan
pengukuran dengan alat sederhana yang ada disekitarnya untuk mendapatkan
data. Selanjutnya peserta didik menggunakan berbagai metode untuk
mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan
dan membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi. Dengan panduan,
peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada
teori serta mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis
dalam format sederhana. Peserta didik mengoptimalkan penggunaan panca indra
untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan perubahan benda
ketika diberikan perlakuan. Peserta didik menggunakan hasil pengamatan untuk
menjelaskan pola sebab akibat sederhana dengan menggunakan beberapa media. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Peserta
didik mengenal anggota tubuh manusia, menjelaskan fungsinya, dan cara
merawatnya dengan benar. - Peserta didik membedakan ciri fisik beberapa
jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar. - Peserta didik menjelaskan fungsi anggota
tubuh beberapa jenis hewan yang ada di lingkungan sekitar. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : pengamatan - Topik
Inti : Mengenal anggota tubuh manusia, dan Mengidentifikasi hewan dan tumbuhan
berdasarkan ciri-ciri umum. - Penjelasan
Singkat : Peserta didik mengenal anggota tubuh manusia dan menjelaskan
fungsinya dan bagaimana cara merawatnya dengan benar. Peserta didik dapat
membedakan antara hewan dan tumbuhan sesuai dengan bentuk dan ciri-ciri
umumnya. Peserta didik mampu mendeskripsikan identitas diri (ciri-ciri fisik,
kegemaran) dan orang-orang sekitarnya sehingga dapat menerima perbedaan yang
ada pada diri manusia. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Pengamatan : aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud
merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan
pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan
informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
|