ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Matematika

Rasional :

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berpikir logis yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam penerapannya, Matematika berperan penting dalam memajukan daya pikir manusia. Bisa dikatakan bahwa Matematika merupakan materi pembelajaran yang harus dipahami oleh setiap peserta didik karena dapat membantu mereka dalam mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, serta membantu peserta didik dalam mengasah dan melatih kemampuannya dalam berpikir. Matematika juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah, baik dalam kegiatan belajar maupun kehidupan.

Apa itu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Bagaimana Membuatnya?
Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran, bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran (CP)

Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir logis, analitis, kritis, sistematis, dan kreatif. Kompetensi ini akan sangat diperlukan oleh setiap peserta didik untuk memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan untuk bertahan hidup dalam kehidupan yang selalu berubah dan bersifat tidak pasti.

Pembelajaran Matematika akan membekali cara berpikir peserta didik, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas-aktivitas yang dapat membentuk alur berpikir yang berkesinambungan. Melalui Matematika, peserta didik juga dapat menerapkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik.

Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Matematika

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan, dan mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dan mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk  representasi visualnya.

Tujuan Pembelajaran

-    Menunjukkan bilangan dengan menggunakan benda konkret hingga bilangan 20.

-    Menunjukkan simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah benda konkret.

-    Memahami urutan bilangan pada garis bilangan hingga bilangan 20.

-    Membandingkan jumlah bilangan yang lebih banyak, sama, atau lebih sedikit dengan menggunakan benda konkret dan simbol.

-    Menunjukkan pasangan bilangan untuk mendapatkan bilangan tertentu hingga 20.

Perkiraan Jumlah Jam

12 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Bilangan, angka, nomor, puluhan dan satuan

-    Topik Inti : Mengenal Bilangan Secara Konkret dan Simbol

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan bilangan mulai dari 1—20. Dimulai dengan menggunakan benda konkret yang mudah dihitung oleh Peserta didik seperti kelereng, pensil, dan teman sekelas dalam satu baris. Kemudian, memasangkan bilangan dengan simbol, misalnya mengambil 8 batu dan mengambil simbol angka 8 lalu dipasangkan. Peserta didik juga diharapkan bisa mengetahui mana bilangan yang lebih sedikit dan lebih banyak dengan menunjukkan benda secara konkret.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

Bilangan adalah konsep matematika yang digunakan untuk pencacah dan pengukuran

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan  dan pengurangan bilangan cacah sampai 999, serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar  atau obyek berulang dan pola bilangan membesar dan mengecil.

Tujuan Pembelajaran

-    Memahami makna lambang Matematika seperti “+” untuk penjumlahan, “-“ untuk pengurangan dan “=” adalah kesimbangan antara sisi kiri dan kanan.

-    Memecahkan persoalan dalam operasi Matematika sederhana.

-    Mengidentifikasi pola dengan menggunakan benda konkret.

-    Mengidentifikasi pola dalam kehidupan sehari-hari dan membuat predikisi.

-    Mengidentifikasi pola dalam urutan bilangan (ganjil dan genap).

-    Memahami secara konkret dan mampu menjelaskan dengan baik benda atau gambar mengenai penjumlahan dan pengurangan, dan hasilnya dimuat ke dalam kalimat matematika hingga angka 100.

-    Memecahkan persoalan dalam operasi matematika sederhana, yaitu penjumlahan dan pengurangan hingga angka 100.

Perkiraan Jumlah Jam

12 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : tambah, sama dengan

-    Topik Inti : Mengenal Lambang dan Operasi Matematika Penjumlahan dan Pengurangan

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan bilangan dan operasi hitung matematika, yaitu penjumlahan dan pengurangan.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

Aljabar adalah bagian dari ilmu Matematika yang meliputi teori bilangan, geometri, dan analisis penyelesaian.

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku  untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).

Tujuan Pembelajaran

-    Membandingkan 2 objek benda (lebih panjang dan lebih pendek).

-    Membandingkan 2 objek benda (lebih tinggi dan lebih rendah).

-    Membandingkan 2 objek benda (lebih berat dan lebih ringan).

-    Mengukur benda dengan menggunakan benda lain dan menjelaskan maknanya.

-    Membandingkan dan mengurutkan 3 benda nyata atau lebih, seperti benda paling panjang dan paling pendek, paling tinggi dan paling rendah, paling berat dan paling ringan.

-    Membuat perkiraan waktu, seperti menggunakan kata “sebentar” atau “lama” dalam suatu percakapan.

-    Memahami cara membaca dan menunjukkan jam tanpa menit.

-    Memahami cara membaca dan menunjukkan jam dengan menggunakan menit.

Perkiraan Jumlah Jam

16 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : berat, ringan, panjang, pendek, tinggi, rendah, waktu

-    Topik Inti : Mengenal Konsep Pengukuran Berat, Panjang, dan Waktu

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik dapat mengetahui istilah untuk berat, ringan, panjang, pendek, tinggi, rendah, dan perbandingannya.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

-

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengenal dan mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat menyusun pengubinan dari berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang).

Tujuan Pembelajaran

-    Mengelompokkan bangun datar yang memiliki karakteristik yang sama dengan mengenalkan namanya.

-    Memiliki kemampuan menggambar bentuk bangun datar.

Perkiraan Jumlah Jam

14 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : bangun datar, lingkaran, segitiga, segi empat, persegi, persegi panjang

-    Topik Inti : Mengenal Bangun 2 Dimensi

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik harus mampu mengenal konsep bangun datar dengan meraba, memegang, menggambar, dan membuat bangun datar. Bangun datar tidak memiliki ruang di dalamnya. Bangun datar memiliki sisi dan sudut, garis lurus dan garis melengkung. Segitiga memiliki sudut.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

Sudut adalah bertemunya dua sisi atau garis.

Sisi adalah garis yang membatasi sebuah bangun.

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan gambar.

Tujuan Pembelajaran

-    Membuat pertanyaan sederhana untuk mengumpulkan data.

-    Mengumpulkan data dengan bertanya kepada rekan dan guru.

-    Membuat grafik dengan menggunakan benda atau dengan menempel gambar.

-    Menjelaskan fungsi dari diagram untuk merepresentasikan data atau informasi.

Perkiraan Jumlah Jam

12 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : Data

-    Topik Inti : Mengenal Konsep, Pengumpulan dan Penyajian Data

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik mengetahui bahwa informasi dapat disajikan dengan gambar. Peserta didik perlu mengetahui langkah-langkah dalam menyajikan informasi data sederhana, seperti bertanya, merekap, dan menyajikan data dengan menggunakan gambar.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Kreatif

Glosarium

Diagram adalah perwakilan simbolis atas suatu informasi.

Pictogram adalah suatu penyampaian informasi dengan menggunakan gambar.