ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Inggris
Rasional:
Bahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan oleh setiap orang dalam skala global, baik digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, hukum, perdagangan, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan, dan teknologi. Bisa dilihat bahwa bahasa Inggris sangat diperlukan, baik dalam belajar maupun bekerja.
Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan keterampilannya dalam berkomunikasi. Selain itu, peserta didik juga akan memiliki kesempatan yang besar untuk memahami berbagai jenis teks. Melalui bahasa Inggris, peserta didik akan memperoleh pengetahuan, mempelajari berbagai jenis keterampilan, dan mampu hidup serta beradaptasi dengan budaya-budaya yang ada di dunia yang beraneka ragam jenisnya.
Pembelajaran Bahasa Inggris yang dipelajari oleh peserta didik pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu berkaitan dengan diri sendiri, mengenai hubungan sosial dan budaya, serta peluang untuk mendapatkan kerja secara global.
Dengan mempelajari Bahasa Inggris, peserta didik akan dilatih kemampuannya untuk mendapatkan akses ke dunia luar dan belajar untuk memahami bagaimana cara berpikir yang berbeda. Pemahaman peserta didik terhadap pengetahuan sosial budaya dan interkultural ini dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis. Secara tidak langsung, pemahaman terhadap budaya lain dapat menarik minat peserta didik untuk lebih memahami budaya yang ada di Indonesia. Peserta didik akan belajar untuk memperkuat identitas di dalam dirinya dan belajar untuk menghargai perbedaan budaya tersebut.
Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Inggris ini akan berfokus pada penggunaan bahasa Inggris yang dimuat ke dalam 6 keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan secara terpadu. Adapun 6 Capaian Pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik dalam pembelajaran ini, yaitu Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.
Pada Level B1 (CEFR) peserta didik akan dilatih kemampuannya dalam:
- mempertahankan interaksi dan mennyampai sesuatu yang mereka inginkan ke dalam berbagai macam jenis konteks dengan artikulasi yang jelas;
- mengungkapkan pokok pikiran yang ingin disampaikan secara komprehensif; dan
- mempertahankan komunikasi walau masih terdapat jeda.
Pendekatan berbasis teks yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Inggris terdiri dari 4 tahapan, yaitu:
1. Building Knowledge of the Field (BKOF)
Pada tahap ini guru akan membangun latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan mereka tulis atau bicarakan di depan kelas. Selain itu, guru juga akan melatih peserta didik dalam membangun konteks budaya dari teks yang sudah diajarkan.
2. Modelling of the Text (MOT)
Pada tahap ini guru akan memberi contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik untuk menghasilkan karya, baik karya yang dibuat secara lisan maupun tulisan.
3. Joint Construction of the Text (JCOT)
Pada tahap ini guru akan membimbing peserta didik dalam menghasilkan sebuah teks.
4. Independent Construction of the Text (ICOT)
Pada tahap ini, peserta didik telah mampu menghasilkan teks lisan dan tulisan secara mandiri.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Inggris
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi
diri, mengucapkan salam
dan selamat tinggal.
Mereka merespons instruksi
sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab
pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana.
Mereka memahami ide pokok
dari informasi yang
disampaikan secara
lisan dengan bantuan visual dan menggunakan
kosa kata sederhana. Mereka menggunakan
alat bantu visual untuk
membantu mereka berkomunikasi. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik menunjukkan respon
terhadap teks visual
sederhana bahasa Inggris yang dibacakan oleh guru - Peserta didik menemukan beberapa informasi
dari sebuah percakapan
pendek atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru. - Peserta didik menggunakan bahasa Inggris verbal
sederhana dalam sebuah percakapan
ataupun
interaksi
sederhana dalam lingkup sosial
ruang kelas dan keluarga - Peserta didik menunjukkan pemahaman akan teks atau percakapan
pendek yang dibacakan
oleh guru - Peserta didik menemukan beberapa informasi
dari sebuah percakapan
pendek atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru |
Perkiraan Jumlah Jam |
20 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : story telling, percakapan - Topik
Inti : Merespons dan Memahami Informasi dalam Percakapan Sederhana - Penjelasan
Singkat : Peserta didik menyimak dan mendengar percakapan pendek yang dibacakan
guru. Guru menerapkan story telling, atau bisa memanfaatkan video
pembelajaran yang menanyangkan percakapan dalam bahasa Inggris sederhana. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Story Telling :
kegiatan
atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita Percakapan : komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik merespon secara lisan terhadap teks pendek sederhana dan familiar,
berbentuk teks tulis yang dibacakan oleh guru. Siswa
menunjukkan pemahaman teks
yang dibacakan atau gambar/ilustrasi
yang diperlihatkan
padanya, menggunakan komunikasi
non-verbal. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris verbal sederhana
dalam sebuah percakapan
ataupun
interaksi
sederhana dalam lingkup sosial
ruang kelas dan keluarga -
Peserta
didik menunjukkan pemahaman akan teks atau percakapan
pendek yang dibacakan
oleh guru |
Perkiraan Jumlah Jam |
26 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : percakapan - Topik
Inti : Memahami dan Menyampaikan Pesan dari Teks Bacaan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik memberi respons verbal sederhana alam interaksi sosial.
Peserta didik belajar untuk memahami suatu cerita atau percakapan sederhana. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis, Kreatif |
Glosarium |
Percakapan : komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih |