ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia

Rasional :

Saat ini, literasi telah menjadi kemampuan yang penting untuk digunakan oleh setiap manusia, baik dalam belajar maupun bekerja. Hal ini disebabkan literasi adalah bagian dari segala bidang kehidupan, termasuk dalam bersosialisasi. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk mempelajari bahasa Indonesia dengan baik agar kemampuan literasi peserta didik dapat semakin berkembang.

Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, serta berbicara dan mempresentasikan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta

Model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki empat tahapan, yaitu penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction).

Selain itu, pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan model-model pembelajaran lain yang disesuaikan dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini, peserta didik akan dibentuk sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Matematika
Matematika juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah, baik di dalam kegiatan belajar maupun kehidupan

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

-       Peserta didik mampu menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan guru terkait aktivitas pengelolaan diri: ciri fisik manusia, fungsi anggota tubuh, dan merawat kebersihan tubuh dengan menggunakan kata – kata sendiri

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topi Inti, Penjelasan Singkat

 

-       Kata Kunci : instruksi lisan, pengelolaan diri, merawat tubuh

-       Topik Inti : Menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan

-       Penjelasan Singkat : Fokus pada pembelajaran ini, pelajar belajar untuk menyimak instruksi yang disampaikan oleh guru secara lisan kemudian mempraktikkannya

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri

Glosarium

Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas)

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat memilih teks yang disukainya terkait topik menjaga kesehatan diri dan menentukan informasi penting dari teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) tersebut.

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-      Kata Kunci : menentukan informasi penting, teks audiovisual, teks aural

-      Topik Inti : informasi penting

-      Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran adalah menemukan dan menentukan informasi penting dari sebuah teks audiovisual dan teks aural. Kegiatan yang disarankan adalah pemberian pertanyaan – pertanyaan pemantik dari guru terkait isi teks.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

-      Informasi : pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu

-      Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas)

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat membuat simpulan sederhana dari teks naratif yang sesuai jenjangnya serta sesuai dengan minat peserta didik (beragam topik yang dapat ditawarkan pada siswa adalah panca indera dan anggota tubuh, peran diri dan anggota keluarga dalam lingkungan terdekat, benda hidup dan benda mati, cuaca dan siang malam dan perubahan waktu)

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-      Kata Kunci : simpulan sederhana, teks naratif

-      Topik Inti : Membuat/menulis simpulan sederhana dari teks naratif

-      Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran adalah peserta didik membuat/menulis simpulan sederhana berdasarkan informasi penting yang diperolehnya dari teks naratif. Sebelumnya, guru perlu mengidentifikais bakat serta minat peserta didik untuk menyesuaikan teks naratif yang dapat dipilih oleh peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif

Glosarium

-          Simpulan : hasil menyimpulkan; kesimpulan

-          Teks naratif : teks yang tidak bersifat dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan sebagainya

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat mengklasifikasi kosa kata  tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu)

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-  Kata Kunci : kosa kata anggota tubuh, panca indra, eksplorasi lingkungan (lingkungan alam dan lingkungan buatan)

-  Topik Inti : Mengklasifikasi kosa kata

-  Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah peserta didik mengidentifikasi kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru yang didapat dari teks kemudian mengklasifikasikannya dalam kelompok kosa kata anggota tubuh dan panca indra.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis

Glosarium

Indra : alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan ( indra peraba).

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat merangkai suku kata (kombinasi kv dan kvk) menjadi kata yang sering ditemui. (kosa kata dan kata yang diambil mengenai benda hidup dan benda mati di sekitar siswa)

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-      Kata Kunci : suku kata, kata yang sering ditemui, kombinasi (kv dan kvk)

-      Topik Inti : merangkai suku kata menjadi kata yang sering ditemui

-      Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta didik belajar untuk mengidentifikasi pola pembentukan suku kata, terutama pola kombinasi (kv dan kvk). Guru dapat memulai dengan menampilkan beberapa gambar dan kata dengan kombinasi kv dan kvk.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif

Glosarium

Kombinasi : gabungan beberapa hal (pengertian, perkara, warna, pasukan, dan sebagainya)

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya secara lisan dan tulisan.

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

 

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-      Kata Kunci : menuliskan nama, perkenalan diri, keluarga

-      Topik Inti : menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya

-      Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta didik  belajar menuliskan kata sederhana yaitu namanya sendiri sekaligus menggunakannya untuk ungkapan perkenalan diri dan keluarganya

Profil Pelajar Pancasila

Berkebhinekaan global

 

Glosarium

Istilah kekerabatan dalam keluarga, seperti : Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, Paman, Tante

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalamannya sehari – hari disertai penggunaan waktu (nama hari dna bulan) secara lisan atau tulis. .

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

 

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-           Kata Kunci : menceritakan ulang cerita atau pengalaman sehari–hari

-           Topik Inti : menceritakan ulang

-           Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta didik belajar untuk memilih sebuah cerita yang menarik baginya kemudian menceritakan ulang dengan menggunakan kata–kata sendiri, bisa juga obyek cerita bersumber dari pengalaman sehari–seharinya. Namun, guru perlu membimbing agar siswa menceritakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi dirinya.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif :

 

Glosarium

-

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan, mengekspresikan perasaan dan gagasan, serta berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat menggunakan kata tanya “apa” dan “mengapa” untuk memperjelas pemahaman terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya. (Topik yang disarankan adalah cuaca dan siang malam).

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

 

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-       Kata Kunci : kata tanya, memperjelas pemahaman, penjelasan

-       Topik Inti : Menggunakan kata tanya “Apa” dan “Mengapa”

-       Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta didik belajar untuk memperjelas pemahamannya sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan menggunakan kata tanya yang dikuasainya.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis

 

Glosarium

Apa : kata tanya untuk menanyakan nama (jenis, sifat) sesuatu

Mengapa : kata tanya untuk menanyakan sebab, alasan, atau perbuatan

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh teman, guru, dan orang dewasa di sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun. (Pertanyaan terkait dengan topik cuaca dan siang malam)

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

 

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-      Kata Kunci : jawaban, santun

-      Topik Inti : Menjawab pertanyaan yang diajukan orang lain

-      Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah peserta didik belajar untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun.

Profil Pelajar Pancasila

Akhlak kepada manusia

 

Glosarium

Santun : halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan tenang; sopan

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik dapat memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai dengan konteksnya. (Tanggapan didasarkan pada topik cuaca dan siang malam

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

 

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

 

-          Kata Kunci : tanggapan, komentar, konteks

-          Topik Inti : Memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai konteksnya

-          Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah peserta didik belajar untuk memberikan tanggapan atas komentar yang diberikan orang lain sesuai konteksnya/relevan

Profil Pelajar Pancasila

Akhlak kepada manusia

 

Glosarium

Tanggapan : sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya)

Konteks : situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian