7 Manfaat Air Putih bagi Perkembangan Otak Anak

Setiap orangtua pasti ingin memberikan asupan dan gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Pasalnya asupan berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan anak. Selain dibiasakan melakukan pola hidup sehat, anak juga perlu memenuhi kebutuhan mineral.

Meski hal ini sederhana, namun air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya perkembangan otak anak. Perlu disadari bahwa setiap orang membutuhkan asupan air minum yang cukup atau lebih untuk memaksimalkan aktivitas sehari-hari. Minimal, manusia minum 2 liter atau 8 gelas air setiap harinya untuk memenuhi cairan tubuh.

Kandungan dalam Air Putih

sumber: https://www.pexels.com

Sekilas, air putih bukanlah hal istimewa, melainkan hanya cairan berwarna bening yang memiliki rasa biasa saja. Namun, tahukah Anda, jika air putih memiliki kandungan yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya perkembangan anak. Adapun berikut ini merupakan beberapa kandungan dalam air putih yang bermanfaat untuk tubuh, di antaranya yaitu:

1. Silika

Apakah anda tahu apa itu silika? Silika merupakan kandungan air putih yang berfungsi untuk menjaga keutuhan serta kinerja jaringan pembuluh darah. Pada dasarnya, kandungan air putih ini sudah banyak terkandung di jaringan pembuluh darah rambut dan kulit. Kandungan ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit aterosklerosis.

Dengan sering minum air putih dan mendapatkan asupan silika yang banyak, maka kesehatan tulang dan jaringan terjaga serta dapat menjaga keremajaan kulit. Artinya tubuh akan tetap fit dan terjaga.

2. Magnesium dan Kalsium

Air putih juga memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang berperan dalam kontraksi otot, struktur tulang, transmisi impuls saraf, pembekuan darah serta pengiriman sinyal pada sel.

Ajarkan Anak untuk Tetap Berbuat Baik Meskipun Bukan Memberi Uang dengan Cara Ini
Menjadi seseorang yang baik dapat memicu pelepasan hormon oxytocin yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental

Kandungan ini sangat penting bagi tubuh, jika kita kekurangan zat ini maka berdampak pada fungsi saraf yang menyebabkan kelelahan dan tidak seimbangan berjalan, kelemahan otot serta anoreksia. Oleh sebab itu, air putih sangat penting bagi manusia khususnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Natrium dan Kalium

Natrium dan kalium merupakan zat berupa elektrolit yang ada dalam cairan dalam tubuh. Pasalnya cairan dalam tubuh terdapat dua kompartemen utama yaitu cairan intrasel (CIS) dan cairan ekstrasel (CES).

Natrium dan kalium yang terkandung dalam air putih memiliki peran penting untuk mengatur keseimbangan dan fungsi sel, serta menjaga fungsi saraf pengendali jantung.

4. Zink dan Selenium

Zink dan selenium merupakan kedua kandungan dalam air putih yang tak kalah pentingnya.  Zink memiliki peran penting untuk membentuk inti sel DNA dan protein serta bekerja pada sekitar 300 enzim dalam tubuh manusia. Selenium dan zink juga dapat menjaga kesehatan saraf otak dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

7 Manfaat Air Putih Bagi Tumbuh Kembang Anak

sumber: https://www.pexels.com

Setelah mengetahui kandungan yang ada dalam air putih, Anda juga perlu mengetahui manfaat air putih bagi tumbuh kembang anak. Air putih bukan hanya baik untuk otak anak dan mencerdaskan mereka, tetapi juga memiliki manfaat lainnya, 7 di antaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Air putih adalah minuman ajaib yang bisa berdampak terhadap kemampuan kognitif anak. Berdasarkan dari sebuah penelitian, dilansir dari New York Post, yang dilakukan di Northeastern University dan University of Illinois, yang juga telah dipublikasikan pada Journal of Nutrition, air putih dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa mengonsumsi air dan menjaga asupan air putih dapat meningkatkan kemampuan anak untuk melakukan multitasking dan meningkatkan reaksi mereka. Anak dengan asupan air yang besar dan cukup dapat lebih baik dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan kemampuan multitasking, fleksibilitas mental, dan kinerja memori.

2. Mencerdaskan Anak

Minum air putih yang cukup akan berdampak besar pada daya fokus dan meningkatkan kinerja otak anak. Hal ini terjadi karena komponen penting pembentuk darah yang bertugas memberi oksigen dan nutrisi penting lainnya pada otak tersedia pada air putih.

3. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Pada Anak

Air memiliki kandungan paling banyak pada tubuh manusia, yaitu sekitar 60% – 70%. Air adalah komponen utama penyusun darah yang fungsinya untuk membawa oksigen dan nutrisi supaya mengalir ke seluruh tubuh.

Air putih juga berfungsi sebagai penjaga suhu tubuh agar suhunya tetap normal. Air putih menjaga sistem saraf pusat, seperti sumsum tulang belakang dan organ-organ vital lainnya.

Air putih penting bagi kesehatan anak baik secara fisik maupun mental. Memberikan minum air putih yang cukup pada anak akan berdampak sangat baik pada kesehatan anak sendiri. Kalau anak sehat secara fisik dan mental, maka artinya perkembangan otak anak juga baik.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Minum air putih yang cukup dapat mengurangi resiko jamur Candida tumbuh dan berkembang pada rongga mulut anak, khususnya pada bayi. Orangtua harus berusaha menumbuhkan kebiasaan anak minum air putih yang cukup setiap hari. Menumbuhkan kesadaran anak akan betapa penting minum air putih harus ditumbuhkan sejak usia dini.

Yang bisa diakukan orangtua adalah dengan membiasakan membersihkan rongga mulut anak sejak bayi dengan minum air putih, memberi minum air putih setiap kali anak selesai makan, selang-seling dengan minum susu, atau saat anak sedang main. Tanamkan bahwa air putih itu penting.

5. Membuat Anak Tetap Lincah

Air putih berguna sebagai pelumas, yang menjaga bantalan dan lubrikasi pada persendian. Dengan mendapatkan asupan air putih yang kurang pada anak, akan menimbulkan kelesuan pada anak. Secara kemampuan konstentrasi dan kerja otak juga menjadi berkurang. Anak merasa lemas dan malas untuk beraktivitas dan belajar.

6. Mencegah Dehidrasi

Kebutuhan air putih pada anak harus diperhatikan dalam enam tahun pertama usia anak. Dampak kekurangan cairan pada anak usia dini sangat besar. Pada usia tersebut tumbuh kembang otak dan organ-organ lain pada tubuh anak sedang cukup pesat.

Kekurangan cairan atau dehidrasi pada anak dapat menurunkan kinerja otak anak. Kalau anak mengalami dehidrasi, sel otak bisa-bisa tidak terbentuk. Akibatnya akan besar pada otak anak.

Tips Menumbuhkan Empati bagi Siswa
Empati merupakan kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan melihat masalah dari sudut pandang orang tersebut

7. Mencegah Mudah Lupa

Saat anak kekurangan cairan pada tubuh, anak bisa jadi mudah lupa. Hal ini menyebabkan anak-anak kesulitan memahami pelajaran di sekolah, seperti matematika dasar, dan kesulitan berkonsentrasi pada layar komputer atau buku yang dibaca.

Sebelum anak belajar atau mengerjakan PR, pastikan anak sudah minum air putih. Jangan lupa juga untuk anak membawa air putih untuk ke sekolah.

Itulah beberapa hal mengenai kandungan dan manfaat air putih bagi tumbuh kembang anak yang bisa anda ketahui. Mari penuhi kebutuhan asupan mineral anak untuk menjaga kesehatan mereka.