7 Alasan Pentingnya Pembelajaran Entrepreneurship di Sekolah

Okt 06, 2020

Di tengah era globalisasi seperti ini, tidak jarang kita akan menemukan anak-anak yang sudah dididik untuk berkompetisi sedari kecil. Mengapa hal itu dapat terjadi? Tentu saja karena persaingan hidup yang semakin ketat di setiap tahunnya. Setiap manusia harus memiliki nilai jual tinggi dan skill yang mumpuni supaya bisa menghadapi persaingan yang ketat di beberapa tahun ke depannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pembelajaran entrepreneurship di sekolah. Salah satu alasan utama mengapa pembelajaran itu sangat penting karena dapat melatih anak menjadi lebih kreatif dan mandiri.

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah proses dalam menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan penuh inovasi yang bermanfaat untuk setiap orang. Orang-orang yang sudah belajar entrepreneurship biasanya aktif dalam bersosialisasi dengan setiap orang, memilik ide-ide yang cemerlang dan kreatif juga inovatif. Biasanya orang yang berwirausaha ini memiliki mental yang kuat dan penuh dengan semangat dalam berkarya dan bekerja. Hal-hal seperti inilah yang diharapkan pendidik di dalam pembelajaran. Para pendidik berharap bahwa dengan belajar berwirausaha pemikiran siswa menjadi lebih maju dan kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Seperti yang kita lihat, saat ini Indonesia masih kesulitan dalam menciptakan lapangan kerja yang banyak untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Banyaknya pengangguran di Indonesia disebabkan karena rendahnya tingkat pendidikan yang mereka miliki, kemudian rendahnya kemauan mereka dalam bersaing (dalam hal ini mereka tidak memiliki kemampuan yang bisa dijual dengan harga tinggi). Namun, pengangguran juga tidak hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah saja, pengangguran juga dialami oleh banyak pemuda yang sudah bergelar sarjana. Dalam hal ini mereka cenderung kurang mahir dalam mengembangkan skill sehingga tidak bisa bersaing dengan para sarjana yang memiliki skill lebih baik.

Solusi yang bisa mengatasi permasalahan ini yaitu dengan cara menjadi seorang wirausahawan. Dengan berwirausaha, kita sudah menciptakan lapangan pekerjaan dan bisa mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Apabila setiap orang memiliki pemikiran dan minat dalam berwirausaha, masyarakat tidak perlu khawatir dengan persaingan yang semakin ketat di era globalisasi seperti saat ini. Hal yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha yaitu perkembangan zaman, minat dan daya tarik di kalangan masyarakat. Dengan selalu memberikan inovasi dan kreativitas, sesuatu yang kita buat dan diperjualbelikan akan selalu laku di pasaran.

Berikut merupakan beberapa tujuan dari entrepreneurship yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

Tujuan Entrepreneurship

1. Membuka dan Memperluas Lapangan Pekerjaan Baru untuk Orang Lain

Dengan mulai berwirausaha, kita dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dengan lapangan pekerjaan yang telah kita buat. Oleh karena itu sangat penting bagi orang tua dan guru untuk menanamkan pembelajaran dalam kewirausahaan kepada anaknya, karena selain dapat membantu orang lain dalam memberikan pekerjaan, dengan berwirausaha anak Anda tidak perlu khawatrir dengan lowongan pekerjaan yang semakin sulit dicari dan sesuai dengan kriteria kemampuan dan kemauan anak Anda kelak.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat

Karena banyaknya lapangan pekerjaan yang diberikan oleh anak-anak muda penerus bangsa, sedikit demi sedikit jumlah pengangguran yang ada di Indonesia semakin berkurang. Apabila dilihat dari frekuensi menurunnya tingkat pengangguran, maka tidak dapat dipungkiri kelak hidup masyarakat akan semakin sejahtera.

3. Meningkatkan Semangat Berwirausaha

Saat ini kita dapat dengan mudah memperoleh informasi dari segala penjuru negeri. Hal itu dapat terjadi karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Pada saat ini banyak sekali anak remaja yang terinspirasi oleh idola mereka yang berpenampilan menarik, sukses di usianya yang masih muda dan berprestasi di dalam sekolahnya. Begitu juga dengan yang berwirausaha ini, kita bisa menumbuhkan semangat orang lain dalam menciptakan sebuah inovasi baru dan mulai membangun sebuah usaha.

Berdasarkan tiga tujuan dari entrepreneurship ini, makan akan sangat baik apabila menerapkan pembelajaran untuk entrepreneurship di sekolah. Berikut adalah alasan mengapa pembelajaran entrepreneurship begitu penting di sekolah, yaitu sebagai berikut:

7 Alasan Pembelajaran Entrepreneurship Penting di Sekolah

1. Meningkatkan Kreativitas Anak

Hal pertama yang didapat dalam pembelajaran ini yaitu dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengutarakan ide-idenya. Setiap anak memiliki ide-ide yang cemerlang, dengan adanya wadah (sekolah) yang berfungsi sebagai tempat mereka menuangkan ide-ide kreativitasnya, mereka menjadi lebih bebas dan sekaligus bisa dipantau oleh para guru.

2. Mengembangkan Inovasi

Selain kreativitas, pembelajaran ini juga bisa melatih anak-anak Anda dalam mengembangkan inovasi yang mereka miliki. Inovasi merupakan suatu terobosan atau penemuan baru yang dikembangkan dari produk yang sudah diciptakan sebelumnya.

3. Melatih Kedisiplinan

Dengan belajar enterpreneurship, anak Anda akan dilatih untuk disiplin waktu dan pekerjaan. Hal ini sama halnya dengan percobaan mereka sebelum bekerja di lapangan pekerjaan orang lain. Di dalam suatu pekerjaan, disiplin adalah salah satu kata kunci yang paling penting supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini juga diterapkan dalam pembelajaran kewirausahaan ini. Mereka dilatih untuk dapat disiplin dengan suatu produk yang ingin mereka ciptakan, baik dalam hal pengumpulan produk dan proses pembuatannya.

4. Melatih Tanggung Jawab

Selain itu, enterpreneurship dapat melatih anak Anda menjadi lebih bertanggung jawab dalam menjalankan dan mengerjakan tugas yang mereka buat. Tanggung jawab adalah salah satu yang harus dimiliki seseorang yang ingin berwirausaha, begitu juga yang akan terjadi dengan anak Anda ketika mempelajari enterpreneurship. Dalam pembuatan produk, mereka akan terjun langsung dalam pembuatan produk tersebut. Berdasarkan apa yang dikerjakan anak Anda, kita dapat melihat bahwa mereka mulai bertanggung jawab dengan yang mereka buat dan memastikan bahwa hasil yang akan mereka berikan maksimal.

5. Memiliki Sifat yang Jujur

Hal lain yang dapat diambil dari pembelajaran ini, anak-anak dilatih untuk jujur dalam mengerjakan sesuatu. Kejujuran adalah hal utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan yang sukses, begitu juga dengan para pekerja lainnya.

6. Melatih Anak untuk Menjadi Lebih Mandiri

Dalam berwirausaha, seseorang tidak dapat menggantungkan keputusannya kepada orang lain dan berharap pada belas kasihan serta campur tangan orang lain. Pembelajaran entrepreneurship ini akan membantu anak Anda menjadi lebih mandiri dalam mengambil keputusan dan dalam mengerjakan sesuatu. Sifat mandiri ini wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi seseorang yang ingin mulai membuka usaha, mereka harus mengandalkan dirinya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain supaya apa yang dikerjakannya dapat dipantau dan berjalan dengan baik.

7 Tips Membangun Lingkungan yang Kondusif dalam Pembelajaran
Lingkungan belajar menurut Saroni (2006) dan Kusmoro (2008), terdiri dari dua hal utama, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik merupakan sarana fisik yang berada di sekitar siswa saat belajar.

7. Memiliki Komitmen dan Jiwa Berkompetisi yang Tinggi

Dengan apa yang mereka pelajari dalam pembelajaran kewirausahaan, pada akhirnya anak Anda akan membuat suatu produk yang dapat dijual dan menarik perhatian konsumen. Di dalam kondisi yang seperti ini, jiwa kompetisi yang ada di dalam dirinya akan berkembang. Mereka akan berusaha untuk dapat menciptakan produk yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat. Tentu saja hal pertama yang harus mereka miliki yaitu sebuah komitmen dan prinsip pada diri sendiri untuk bisa memberikan yang terbaik.

Tips Melatih Keterampilan Berkomunikasi Anak di Masa PJJ
Tidak adanya interaksi antara pengajar dan siswa, begitu juga dengan orang tua dan anak dapat menjadi pemicu terjadinya masalah anak dalam berkomunikasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya entrepreneurship dalam pembelajaran di sekolah. Pasalnya dalam berwirausaha ini, semangat dan kreativitas anak akan berkembang pesat. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung penasaran dan sangat menyukai tantangan.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.