Kegiatan untuk Mengatasi Kejenuhan Mengajar bagi Guru

Menjadi seorang guru adalah sebuah profesi mulia dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Guru juga punya peran yang penting bagi kemajuan suatu bangsa. Di tangan gurulah SDM (Sumber Daya Manusia) diciptakan. Makin maju SDM-nya maka akan makin maju sebuah negara sehingga dapat memiliki daya saing dan posisi tawar kuat di dunia.

Tugas utama seorang guru adalah mengajar. Seorang guru mengajar untuk berbagi ilmu pengetahuan, teknologi dan beragam keterampilan untuk murid-muridnya. Semua itu tujuannya untuk mendidik murid-muridnya untuk tumbuh menjadi pribadi-pribadi hebat di masa depan.

Apalagi di era merdeka belajar seperti ini. Di mana tugas guru tidak hanya sebatas pelaksana kurikulum saja. Pada Kurikulum Merdeka, guru juga punya kewajiban untuk mengembangkan minat dan bakat muridnya. Guru berperan sebagai fasilitator pengembangan minat dan bakat murid-muridnya sesuai metode pembelajaran yang dikembangkan.

Setiap guru tentu menjalankan tugasnya dengan baik dan sungguh-sungguh. Namun, adakalanya guru mengalami kejenuhan saat mengajar. Biasanya hal ini dirasakan oleh guru yang sudah bertahun-tahun menjalankan pekerjaannya.

Merasakan kejenuhan terhadap hal yang dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama merupakan hal yang wajar. Hal ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian di Amerika Serikat, menyatakan bahwa 90% orang dewasa mengalami kejenuhan saat melaksanakan kegiatan sehari-hari, termasuk menjalankan pekerjaannya secara rutin. Ada lagi pendapat dari Prof. Peter Tohee dari Kanada, beliau menyatakan bahwa aktivitas monoton yang dilakukan secara rutin akan memicu kejenuhan bagi yang melakukannya.

Menjalankan peran sebagai guru selama bertahun-tahun tentu menimbulkan kejenuhan. Meskipun adalah hal yang wajar, tentu harus segera diatasi. Guru perlu segera mengatasi rasa jenuhnya. Sebab, jika tidak diatasi segera bisa mengganggu proses pembelajaran di kelas. Tentu ini sangat merugikan murid-muridnya. Dan pastinya seorang guru tidak ingin merugikan murid-muridnya agar tidak ketinggalan transfer ilmu pengetahuan.

Lalu, apa yang harus guru lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat mengajar? Kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan mengajar bagi guru? Artikel ini selanjutnya akan membahas kegiatan untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru.

Beberapa Kegiatan yang Dapat Mengatasi Kejenuhan

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru.

1. Bangun Lebih Pagi

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru adalah bangun lebih pagi. Dengan bangun lebih pagi dari biasanya, guru bisa mempersiapkan semuanya lebih santai dan terjadwal dengan baik.

Selain itu, bangun lebih pagi akan membuat guru lebih banyak menghirup udara segar. Kadar oksigen yang tinggi pada waktu pukul 3-4 pagi dapat memberikan manfaat untuk otak sehingga dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan fokus dalam mengajar.

2. Olahraga

Olahraga bisa menjadi kegiatan untuk mengatasi kejenuhan mengajar. Olahraga tidak hanya membuat badan sehat, tetapi juga membuat hati lebih gembira. Misalnya, melakukan joging, bersepeda, berenang, atau olahraga ringan lainnya. Anda dapat melakukannya secara rutin dan teratur sesuai kekuatan dan daya tahan tubuh masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga melebihi kemampuan tubuh.

3. Mengganti Rute Perjalanan ke Sekolah

Mengganti rute perjalanan ke sekolah bisa menjadi cara sederhana tapi ampuh untuk mengusir kejenuhan mengajar bagi guru. Menikmati perjalanan dengan rute berbeda akan membuat guru lebih bahagia dan semangat bekerja. Hal-hal baru yang ditemui selama rute berbeda ini bisa meneyegarkan kembali dan mengusir kejenuhan.

4. Bermain Games

Bermain games bisa menjadi cara mengatsi kejenuhan mengajar bagi guru. Guru bisa bermain games saat jam istirahat. Main game sejenak untuk penyegaran otak. Agar bisa merasa segar kembali dalam memulai aktivitas mengajar. Jenis permainan yang dapat menyegarkan otak seperti puzzle, rubik, atau ular tangga dengan kolega guru lainnya.

5. Berwisata

Berwisata adalah salah satu cara efektif untuk mengusir kejenuhan mengajar. Guru bisa mengisi hari libur dengan berwisata ke sebuah tempat. Misalnya, menikmati keindahan dan kesegaran alam saat mengunjungi tempat-tempat wisata alam atau juga bisa melakukan wisata kuliner. Mencicipi beragam kuliner lezat membuat hati senang dan rasa jenuh pun hilang.

6. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa menjadi kegiatan di waktu luang untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Baca buku-buku yang menghibur dan tema yang ringan. Buku humor atau novel fiksi bisa menjadi sarana hiburan dalam mengatasi kejenuhan saat mengajar. Selain itu, membaca buku dapat memberikan inspirasi bagi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran menarik apabila membaca buku bertema pendidikan atau motivasi hidup.

7. Menonton Film

Menonton film adalah hiburan yang tepat untuk mengatasi kejenuhan. Guru bisa menonton film untuk mengatasi kejenuhan mengajar saat waktu laung. Tonton film sesuai dengan genre yang disukai. Atau bisa juga dengan memilih film-film yang menghibur, seperti film komedi misalnya. Kemudahan internet saat ini juga mempermudah guru mengakses beragam film dari berbagai kanal seperti Netflix, Youtube, Amazon Prime, hingga Disney Plus.

8. Variasikan Metode Mengajar

Biasanya, seorang guru mengalami rasa jenuh jika melakukan aktivitas yang monoton. Oleh karena itu, untuk mengatasi kejenuhan mengajar, guru bisa melakukan variasi metode mengajar. Dengan melakukan beragam metode mengajar baru dan menyenangkan maka proses mengajar bukanlah hal yang monoton. Dengan demikian, rasa jenuh akan teratasi.

Inovasi Pembelajaran Terkini yang Perlu Guru Ketahui
Penguasaan teknologi ini sangat diperlukan agar guru memahami inovasi pembelajaraan yang paling up to dated.

9. Mengganti Dekorasi Kelas

Mengganti dekorasi kelas bisa menjadi kegiatan yang bisa mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Ganti dekorasi kelas setiap bulan, dengan tema-tema tertentu. Libatkan juga murid-murid, pasti mereka juga senang jika belajar dalam suasana kelas yang berbeda. Pilih warna yang cerah dan menarik sehingga suasana pembelajaran menjadi makin hidup dan menyenangkan.

10.  Mengikuti Kegiatan Kerelawanan

Mengikuti kegiatan kerelawanan bisa menjadi kegiatan untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Guru bisa bergabung dalam beragam komunitas kerelawanan. Banyak juga komunitas kerelawanan yang berhubungan dengan pendidikan. Misalnya program guru penggerak dan guru belajar.

Manfaat dari mengikuti kegiatan kerelawanan adalah bertemu banyak orang dan melakukan kegiatan kerelawanan sehingga bisa mengusir kejenuhan. Di sisi lain juga dapat menambah jejaring pertemanan baru yang dapat memberikan perspektif lain mengenai permasalahan dalam metode pembelajaran.

11.  Journaling

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa menulis jurnal atau journaling bisa mengatasi kejenuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Guru bisa melakukan journaling di akhir tugas mengajarnya. Penulisan jurnal dapat berupa menceritakan hal yang telah dialami setiap hari, terutama pengalaman mengajar. Dengan begitu, guru tidak akan mengalami kejenuhan saat mengajar.

12.  Melakukan Peregangan

Lakukan peregangan saat proses pembelajaran di dalam kelas. Peregangan bisa dilakukan dengan mengendurkan otot-otot yang menegang sehingga membuat lebih relaks. Otot yang menegang saat mengajar bisa membuat guru lebih cepat merasa lelah dan stres. Ini yang akhirnya menimbulkan kejenuhan saat mengajar.

Anda bisa melakukan peregangan minimal 10 menit di sela-sela mengajar. Peregangan adalah cara yang sangat dianjurkan untuk mengurangi tingkat stres dan kelelahan pada saat mengajar, yang menimbulkan rasa jenuh.

13.  Melakukan Ice Breaking

Ice breaking adalah cara yang tepat untuk mengatasi kejenuhan. Kegiatan ice breaking ini biasanya juga dilakukan guru saat mengajar di dalam kelas. kebanyakan guru melakukan ice breaking untuk mengusir rasa jenuh murid-muridnya saat menyimak pelajaran.

Namun ternyata, ice breaking juga bisa mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Caranya, lakukan ice breaking setidaknya 2x setiap 1 jam pelajaran. Tak perlu lama-lama, 5 hingga 10 menit saja sudah cukup untuk jeda sejenak. Agar rasa jenuh dalam mengajar teratasi. Jenis ice breaking yang dapat dilakukan misalnya yel-yel, sambung kata, tebak lagu, hingga permainan harimau makan harimau.

14.  Melakukan Hobi

Melakukan hobi adalah kegiatan yang bisa mengatasi kejenuhan mengajar. Saat melakukan hobi, hati menjadi gembira. Pikiran pun terasa segar. Kalau sudah begitu, tentu rasa jenuh akan hilang. Hobi dapat berupa berolahraga, memasak, atau membaca buku favorit.

Ekspetasi dan Realita Pembelajaran di Kelas yang Seringkali Terjadi
Pembelajaran di kelas adalah waktu di mana guru memberikan pelajaran kepada siswa-siswanya. Apa saja ekspektasi dan realita pembelajaran yang sering terjadi di kelas

Lakukan hobi Anda saat sedang tidak mengajar. Itu akan membantu mengusir rasa jenuh yang Anda rasakan.

15.  Mengambil Cuti

Bila semua cara di atas sudah dicoba, tapi masih belum bisa mengatasi kejenuhan mengajar, maka Anda perlu mengambil cuti. Ambil cuti beberapa hari dan lepaskan diri dari kesibukan mengajar. Gunakan waktu cuti untuk istirahat sejenak, baik melakukan kegiatan di rumah, memanjakan diri, melakukan hobi, hingga pergi liburan bersama keluarga.

Demikian artikel tentang kegiatan untuk mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi kejenuhan saat mengajar.