Tips Orang Tua untuk Mengatur Keseimbangan Finansial

ekonomi Mar 18, 2021

Setiap orang pasti menginginkan keuangannya selalu stabil, tetapi tidak semua orang berhasil melakukan cara mengatur keuangan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang-orang yang terlilit utang di bank atau rentenir. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa menjaga keuangan dan memperhatikan keseimbangan finansial itu suatu hal yang penting.

Hal ini dikarenakan kondisi keuangan yang Anda miliki akan memengaruhi kualitas kehidupan Anda secara keseluruhan, terlebih lagi untuk setiap orang tua yang pasti menginginkan anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang layak kelak. Apabila kondisi finansial Anda terganggu dan bahkan memburuk, maka keadaan finansial Anda akan kacau dan berantakan. Lantas bagaimana tips mengatur keseimbangan finansial yang baik?

Mengatur keseimbangan finansial berarti Anda memiliki tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi keuangan menjadi lebih terarah, sehingga tidak boros dan menghabiskan seluruh pendapatan yang Anda miliki. Mengatur keseimbangan finansial sangat penting untuk diterapkan karena dapat mencegah terjadinya keretakan keluarga dan hilangnya kesejahteraan hidup. Adapun manfaat yang akan didapatkan dari mengatur keseimbangan finansial yaitu sebagai berikut.

Manfaat Mengatur Keseimbangan Finansial

Mengatur keseimbangan finansial tidak terjadi begitu saja. Adapun manfaat yang akan sangat berguna bagi Anda ketika berhasil mengatur keuangan yang Anda miliki. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Memaksimalkan Manfaat

Sebagai orang tua, Anda harus dapat mengatur keuangan yang ada di rumah dengan baik. Anda harus berdiskusi dan bekerja sama dengan pasangan Anda untuk tidak boros dengan uang yang Anda miliki, karena akan sangat berguna bagi pendidikan anak di kemudian hari. Pastikan bahwa Anda sudah memikirkan sampai jangka panjang.

Salah satu cara mengatur keuangan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keadaan finansial menjadi lebih baik yaitu dengan membuat tabungan khusus, misalnya pada pendidikan anak, maka Anda akan membuat buku tabungan atau rekening khusus pendidikan anak. Hal ini juga berlaku pada rencana-rencana lain yang telah Anda rancang, seperti membangun rumah, membeli alat-alat elektronik dan transportasi. Pastikan bahwa Anda tidak menyatukan buku tabungan tersebut supaya keadaan keuangan Anda lebih teratur.

2. Dapat Membantu Anda dalam Merancang Masa Depan

Selain itu, ketika Anda berhasil mengatur keseimbangan finansial maka Anda bisa lebih mudah dalam merancang masa depan Anda beserta anak-anak Anda di rumah. Anda tidak perlu khawatir dengan masa kini dan masalah-masalah yang akan terjadi jika keuangan Anda bisa stabil dan tidak berantakan.

3. Menjaga Pengeluaran

Dengan menjaga keseimbangan finansial, Anda jadi lebih mudah dalam menjaga dan mengatur pengeluaran, baik pengeluaran pribadi, pengeluaran untuk kebutuhan rumah dan jenis pengeluaran lainnya. Sehingga Anda bisa terhindar dari keborosan.

4. Membantu Anda dalam Menggunakan Uang dengan Tepat

Apabila Anda berhasil menjaga keuangan di rumah, maka Anda sudah berhasil dalam menggunakan uang secara tepat. Seperti yang kita tahu bahwa kerap kali manusia sering melakukan kegiatan impulsif seperti membeli makanan dari tampilannya yang menarik, barang yang lucu, dan hal lainnya yang biasanya tidak sangat dibutuhkan saat itu.

5. Memaksimalkan Pemasukan

Selain itu, apabila Anda telah berhasil mengontrol pengeluaran, maka Anda juga telah berhasil dalam memaksimalkan pemasukan yang dimiliki. Dengan begitu, besar Anda tidak akan mengalami kesulitan keuangan di kemudian hari. Pastikan bahwa Anda menabung di setiap bulannya dan menyisihkan uang tidak terduga supaya tidak mengacaukan uang tabungan yang telah Anda simpan di bank.

6. Belajar dari Anggaran yang Dikeluarkan Setiap Bulan

Kemudian Anda juga bisa mempelajari anggaran yang telah Anda keluarkan di setiap bulannya. Anggaran adalah hal penting yang harus diketahui dan dicatat oleh setiap orang tua. Hal ini dikarenakan akan sangat berguna bagi sistem keuangan di bulan-bulan berikutnya.

7. Mengurangi Risiko Terjadinya Ketidaknyamanan dalam Hidup

Apabila Anda telah berhasil mengatur keseimbangan finansial maka Anda akan terhindari pula dari utang dan segala macam jenis tunggakan. Sehingga bisa dikatakan bahwa hidup keluarga Anda akan jauh lebih nyaman dan tentram.

7 Cara Mengajarkan Anak Berinvestasi dengan Cara Menyenangkan
Berinvestasi sebaiknya dilakukan sejak dini agar di waktu dewasa nanti menjadi terbiasa dengan proses menyisihkan sebagian uang tersebut. Orang tua dapat mulai mengajarkan kepada anak tentang pentingnya investasi. Tetapi, bagaimana cara mengajarkannya?

7 Tips Mengatur Keseimbangan Finansial

Adapun berikut ini merupakan tips mengatur keseimbangan finansial yang harus Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Membuat Anggaran

Membuat anggaran di setiap bulannya adalah hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Walaupun bisa dikatakan bahwa dalam membuat dan menetapkan anggaran itu adalah hal yang sulit pada awalnya, tetapi cara ini pada akhirnya akan memberikan hasil akhir yang baik bagi setiap orang.

Hal ini dikarenakan dengan membuat anggaran, Anda bisa melihat dengan jelas dan secara transparan dapat melihat situasi keuangan Anda saat itu. Cara ini juga dapat membantu Anda yang sedang melunasi utang atau baru mulai menabung. Dengan anggaran yang telah Anda buat, maka Anda akan mendapatkan keseimbangan finansial serta menciptakan ketenangan pada pikiran Anda sendiri.

2. Memahami Penghasilan

Banyak sekali orang tidak memahami penghasilan yang mereka miliki. Hal ini bisa dilihat dari banyak sekali orang yang terkesan gelap mata ketika baru gajian dan membeli apa yang mereka mau saat itu dan pada akhir bulan mengalami kesulitan dalam keuangan. Keuangan yang baik dan sehat yaitu di mana pendapatan yang Anda miliki lebih besar atau berimbang dari pengeluaran.

3. Mengetahui dan Mencatat Pengeluaran

Tidak jarang orang-orang akan menghabiskan uang yang dimilikinya tanpa tahu ke mana uang tersebut habis. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda miliki untuk mencegah terjadinya keborosan serta Anda dapat memantau keadaan keuangan Anda saat itu. Selain itu, cara ini dapat memungkinkan dan membantu Anda dalam membandingkan data keuangan yang Anda miliki dari waktu ke waktu.

4. Mamangkas Biaya atau Keperluan yang Tidak Diperlukan

Banyak sekali hal-hal yang sebenarnya tidak penting untuk dibeli, tetapi selalu rajin kita beli, seperti kopi instan, minuman boba, dan junk food. Apabila Anda menjumlahkan seluruh pengeluaran tersebut maka pengeluaran tersebut bisa saja menjadi tabungan Anda di kemudian hari atau menjadi biaya darurat yang harus Anda siapkan setiap bulannya. Selain itu, dengan meminimalisir pengeluaran Anda setiap bulan dapat membantu kondisi keuangan Anda di rumah supaya menjadi lebih stabil.

5. Membuat dan Merencanakan Dana Darurat

Setiap orang tidak mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk berjaga-jaga agar nanti apabila terjerat ke dalam sebuah masalah atau bencana, Anda tidak mengalami kebingungan dalam mencari berbagai macam biaya yang akan diperlukan nanti. Pastikan bahwa dana darurat yang sudah Anda siapkan tersebut tidak disentuh dan diambil begitu saja. Pakailah di saat yang benar-benar darurat.

6. Menabung

Anda pastinya sudah belajar menabung sejak kecil, maka di saat Anda harus kembali menerapkan kegiatan tersebut sampai Anda dewasa hingga menjadi orang tua. Seperti yang kita tahu, waktu sangat cepat berlalu dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Oleh karena itu, tabungan akan sangat penting bagi Anda dan keluarga Anda nantinya. Selain itu, Anda juga perlu menentukan target terhadap tabungan yang akan Anda buat di setiap bulannya, agar Anda menjadi lebih tahu berapa banyak dana yang harus Anda sisihkan.

10 Tips untuk Memulai Kebiasaan Menabung Anak
nak yang terbiasa menabung sejak dini memiliki kemampuan mengatur keuangan ketika dewasa nanti. hal tersebut juga dapat mencegah anak untuk bersifat boros dan memilih untuk hidup hemat. Dengan begitu, anak akan lebih bijak untuk mengatur serta mengambil keputusan ketika mengelola uang.

7. Mempelajari Pengetahuan tentang Manajemen Keuangan

Manusia tidak bisa berhenti belajar. Begitu juga dalam mengatur keuangan. Sebagai orang tua, Anda juga harus mempelajari pengetahuan tentang manajemen keuangan, walaupun Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi atau manajemen. Pengetahuan tentang manajemen keuangan akan membantu Anda dalam memberikan gambaran tentang bagaimana cara yang baik dalam mengelola dana. Bisa mengelola keuangan dan mengatur keseimbangan finansial akan membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah.

Setelah penjelasan mengenai cara mengatur keuangan di atas, Anda bisa langsung menerapkannya saat ini juga. Jangan menunda-nundanya lagi.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.