Tips Membangun Sikap Nasionalisme Siswa Selama PJJ

teaching 7 Sep 2021

Nasionalisme adalah sikap cinta tanah air dan penting untuk dimiliki setiap individu untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, karena hal tersebut menjadi wujud kecintaan serta kehormatan untuk bangsa sendiri. Masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda harus memiliki sikap nasionalisme. Dengan begitu, pemuda bisa melakukan sesuatu yang terbaik untuk bangsa, meningkatkan martabat bangsa, dan menjaga keutuhan persatuan negara.

Untuk menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme, bisa mulai dengan memperkenalkan nilai-nilai kebangsaan dan menjadikannya pedoman untuk kehidupan sehari-hari. Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme siswa.

Sangat disayangkan jika banyak pelajar saat ini yang tidak menghargai upacara bendera dan menganggap itu hanya ritual biasa, tanpa harus memberi penghormatan atau merenungkan perjuangan pahlawan. Meski terdengar sepele, namun jika hal tersebut masih banyak terjadi di sekolah, maka banyak siswa yang belum memahami betul sikap nasionalisme. Sekolah dan tenaga pendidik harus sama-sama membangun menumbuhkan rasa nasionalisme siswa agar mereka menjadi generasi yang baik dan membawa kemajuan bangsa Indonesia.

Memudarnya rasa nasionalisme pada generasi muda tentu akan mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia. Karena hal tersebut membuat ketahanan nasional menjadi lemah dan membuat pihak luar dapat mudah masuk ke negara Indonesia. Artinya, generasi Indonesia akan semakin mudah dijajah untuk menghilangkan rasa nasionalisme, bukan dijajah dalam hal fisik atau peperangan tetapi secara mental serta ideologinya.

Diperlukan upaya yang tepat untuk meningkatkan semangat nasionalisme generasi muda atau pelajar di Indonesia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme siswa di sekolah, salah satunya melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bisa didapatkan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan lainnya.

Tujuan Nasionalisme

Bukan tanpa alasan mengapa sikap nasionalisme harus dimiliki oleh setiap individu bernegara, karena setiap negara pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Cinta tanah air atau nasionalisme bukan bualan atau ungkapan kata saja, tetapi perlu tindakan untuk membuktikan rasa cinta itu kepada negara.

Adapun berikut ini merupakan beberapa tujuan nasionalisme, di antaranya yaitu:

1. Menumbuhkan dan melekatkan rasa cinta tanah air dan bangsa pada setiap individu bernegara.

2. Menjaga keutuhan dan persatuan bangsa melalui hubungan yang rukun serta harmonis setiap individu dan masyarakat bernegara.

3. Dapat membangun serta mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota masyarakat tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, dan bahasa.

4. Dapat menumbuhkan semangat patriotisme atau rela berkorban untuk tanah air dan bangsa.

5. Memperkuat pertahanan nasional dan dapat menjaga tanah air serta bangsa dari serangan musuh dari luar ataupun dalam negeri.

6. Sebagai upaya untuk menghilangkan ekstrimisme atau tuntutan berlebihan dari warga negara untuk pemerintah.

7 Cara Membiasakan Siswa Agar Memiliki Karakter Pelajar Pancasila
Pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila.

Ciri-Ciri Nasionalisme

Sikap nasionalisme bukan hanya dinilai dari seberapa sering Anda mengungkapkan cinta tanah air dan bangsa, tetapi juga dilihat dari tindakan dan hasil nasionalisme tersebut. Nasionalisme bisa diketahui melalui karakteristiknya, Berikut ini merupakan ciri-ciri nasionalisme menurut Drs. Sudiyo, yaitu:

  1. Adanya persatuan dan kesatuan masyarakat setempat
  2. Terdapat organisasi modern yang bersifat nasional
  3. Perjuangan yang dilakukan atas dasar nasionalisme

Nasionalisme bertujuan memerdekakan dan mendirikan suatu negara, di mana kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Nasionalisme mengutamakan pikiran, sehingga pendidikan mempunyai peran penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Ciri-ciri semangat nasionalisme juga bisa dilihat dari nilai Pancasila yaitu sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Berikut ciri-cirinya:

  • Rasa cinta tanah air dan bangsa negara Indonesia.
  • Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.
  • Merasa bangga karena menjadi warga negara dan tinggal di Indonesia.
  • Memosisikan kepentingan bangsa dan negara berada di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Tips Membangun Sikap Nasionalisme Siswa Selama PJJ

Sekolah dan guru memiliki peran penting untuk membantu menumbuhkan dan meningkatkan sikap nasionalisme pada siswa melalui kegiatan pembelajaran. Misalnya saat di sekolah siswa akan melakukan upacara bendera setiap hari Senin, menyanyikan lagu nasional sebelum kegiatan pembelajaran, praktik bermain alat musik tradisional seperti angklung dan lainnya. Akan lebih mudah bagi guru jika dapat berkomunikasi dan praktik langsung dengan siswa. Namun, bagaimana dengan pembelajaran jarak jauh secara online?

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh cukup sulit dilakukan mengingat siswa dan guru tidak bisa bertemu dan berkomunikasi secara langsung, belum lagi beberapa kendala lainnya seperti sinyal hilang, koneksi internet tidak stabil, kuota yang terbatas, perangkat tidak ada dan lainnya. Meski banyak kendala, bukan berarti pembelajaran jarak jauh secara efektif tidak bisa dilakukan.

Guru harus lebih kreatif dalam melaksanakan KBM online agar lebih efektif dan optimal. Berikut beberapa tips membangun sikap nasionalisme pada siswa selama PJJ, di antaranya yaitu:

1. Memperkenalkan dan Menyanyikan Berbagai Lagu Nasional

Tak bisa dipungkiri, anak-anak muda saat ini lebih kenal dan suka menyanyikan lagu pop lagu bahasa Inggris dibandingkan lagu nasional. Oleh sebab itu, siswa perlu dikenalkan berbagai lagu nasional dan mempraktekkannya, meskipun hanya dalam pembelajaran.

Meskipun kegiatan pembelajaran tidak dilakukan secara langsung, namun guru tetap dapat mengajak siswa untuk mendengar dan menyanyikan lagu nasional sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Misalnya, lagu nasional Indonesia Raya serta Bangun Pemuda Pemudi yang dapat membuat generasi muda merasa beruntung karena menjadi warga negara dan tinggal di Indonesia.

Meskipun terlihat sepele, namun cara ini cukup efektif menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa. Cara ini juga cocok dilakukan untuk tingkat apa saja, baik SD, SMP, dan SMA sederajat.

2. Menulis dan Membaca Puisi dengan Tema Sumpah Pemuda

Tips menumbuhkan sikap nasionalisme saat kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu dengan menulis dan membaca puisi bertema Sumpah Pemuda. Dengan menulis puisi secara spontan, siswa akan mendapatkan ide kreatif untuk meningkatkan jiwa nasionalisme generasi pemuda.

Tak sampai di situ, guru juga bisa memberikan tugas membaca puisi yang telah ia buat. Siswa bisa membuat video pembacaan puisi dengan penuh rasa semangat nasionalisme dan penghayatan. Cara ini cukup efektif mengajarkan anak bagaimana menjadi generasi yang baik dan memiliki sikap nasionalisme.

4. Mengenalkan Aneka Ragam Budaya Indonesia

Dalam setiap kegiatan pembelajaran online, tak lupa guru perlu menyisipkan atau mengenalkan aneka ragam budaya Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya serta adat istiadatnya dari masyarakat mulai dari Sabang sampai Merauke. Ada banyak hal yang bisa diperkenalkan pada siswa mulai dari lagu tradisional, baju khas, bahasa, rumah, hingga cerita rakyat.

Hal tersebut bukan hanya menambah pengetahuan, tetapi menumbuhkan rasa bangga dan sikap nasionalisme siswa.

Cara Memotivasi Semangat Belajar Siswa di Tengah Pandemi
Bagaimana Cara Memotivasi Semangat Belajar Siswa di Tengah Pandemi?

5. Kuis Online

Untuk mengetahui seberapa Indonesia atau seberapa nasionalismenya siswa di kelas, guru bisa memberikan kuis terkait negara Indonesia saat pembelajaran. Dengan begitu, siswa termotivasi untuk belajar mandiri tentang Indonesia dan perlahan sikap nasionalisme-nya tumbuh dan meningkat.

Itulah beberapa hal mengenai sikap nasionalisme, mulai dari tujuan, ciri-ciri, hingga 5 tips menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa selama PJJ.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.