Beritahu Anak, Ini Pesan Baik yang Tersirat dalam Beberapa Dongeng atau Legenda Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun karakter anak lebih baik, salah satunya dengan mengenalkan beberapa dongeng atau legenda Indonesia. Pasalnya dalam cerita tersebut terkandung pesan moral yang baik untuk anak. Apalagi anak-anak biasanya memiliki imajinasi yang cukup tinggi, sehingga mereka senang mendengarkan cerita atau menonton animasi.

Namun sayangnya, tidak sedikit anak-anak yang tidak mengetahui dongeng atau legenda di Indonesia, di mana mereka lebih mengetahui film cinta-cintaan. Padahal dongeng atau legenda Indonesia memiliki jalan cerita yang bagus, unik dan menarik, serta terkandung nilai-nilai yang baik.

5 Cerita Dongeng Terbaik beserta Pesan Moral yang Tersirat di Dalamnya

Sebagai orangtua, Anda bisa mendongengkan anak atau mengajak mereka menonton video animasi cerita anak di YouTube untuk mengenalkan beberapa dongeng atau legenda Indonesia. Anda juga bisa memberitahu pesan baik yang tersirat dalam cerita tersebut, agar anak bisa mencontohnya atau mendapatkan pelajaran darinya. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih dekat dengan si kecil.

Berikut ini merupakan 7 cerita dongeng terbaik beserta pesan moral yang tersirat di dalamnya yang bisa Anda beritahukan pada anak, di antaranya yaitu:

1. Kisah si Pitung

sumber: https://www.youtube.com

Siapa yang tidak kenal dengan legenda cerita si Pitung yang merupakan pendekar dari Betawi ini? Pasalnya cerita ini baik untuk dibaca atau ditonton oleh anak karena memiliki pesan yang baik didalamnya.

Kisah ini menceritakan seorang anak dari Mpok Pinah dan Bang Piun yang bernama Pitung. Pitung tumbuh menjadi seorang pendekar yang baik hati selalu menolong sesama dan patuh kepada agama.

Pitung memiliki kesaktian luar biasa dalam dirinya, di mana ia tidak bisa ditembus senjata. Saat itu, tetangga pitung banyak yang kesusahan dan ia pun merasa kasihan. Pitung pun mengajak beberapa orang untuk mencuri harta kekayaan orang kaya lalu dibagikan kepada orang miskin. Pitung juga memiliki kelemahan dalam jimat yang ia gunakan.

Pesan moral yang bisa Anda beritahu pada anak dari kisah si Pitung yaitu, setiap kebaikan harus dilakukan dengan cara yang baik pula jika ingin bersedekah, jangan dari hasil curian. Dan sekuat-kuatnya orang lain pasti mereka memiliki kelemahan juga, sehingga kita tidak boleh sombong.

7 Cara Tepat Mengembangkan Bakat Anak
Bakat itu bisa berupa akademis, kesenian, olahraga, soft skill, dan lain sebagainya. Dalam tumbuh kembang anak, orang tua harus juga menyadari bahwa bakat memiliki pengaruh yang cukup penting dalam masa depan mereka masing-masing.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih juga merupakan salah satu dongeng anak yang cukup terkenal. Jika Anda memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk menceritakan dongeng yang berasal dari provinsi Riau ini.

Inti cerita dari dongeng ini yaitu seorang gadis bernama bawang putih tinggal bersama ibu dan kakak tirinya yaitu bawang merah. Ibu dan kakak tirinya seringkali menyakiti bawang putih, namun bawang putih tetap berbuat baik dan rajin membantu mereka.

Ibu dan kakak tiri bawang putih juga memiliki sikap serakah, sehingga pada akhirnya mereka binasa pada keserakahan.

Anda bisa menceritakan dongeng ini dengan lengkap pada anak, serta memberi tahu pesan moral kepadanya. Pesan moralnya yaitu, seseorang yang berbuat jahat dan serakah akan mendapatkan balasan yang setimpal begitu pula dengan perbuatan baik yang akan dibalas kebaikan pula.

Dongeng juga mengajarkan anak arti sebuah kesabaran dalam menghadapi cobaan dan tetap berbuat baik meski tak pernah dihargai.

3. Timun Mas

sumber: https://www.uniqpost.com

Timun Mas merupakan cerita rakyat  dari Jawa Tengah yang yang cukup populer. Dongeng ini menceritakan tentang anak perempuan bernama Timun Mas yang cantik, cerdas dan pemberani. Di mana ketika ia beranjak dewasa ia berani melawan raksasa jahat yang ingin menyantapnya.

Dilansir dari Cerita Rakyat Nusantara, cerita Timun Mas dimulai dari seorang janda tua yang tidak memiliki anak dan terus berdoa pada Tuhan agar diberi anak. Akhirnya, janda tua tersebut meminta bantuan pada raksasa untuk memberinya seorang anak. Namun raksasa tersebut memberi syarat jika anak tersebut harus dikembalikan ketika sudah besar untuk disantap.

Meski tidak yakin, namun janda tua tersebut tetap menyanggupi persyaratan raksasa. Saat Timun Mas sudah besar, raksasa mencoba menangkapnya. Namun, timun Mas tetap berusaha untuk melawan raksasa tersebut.

Kisah ini sangat unik dan menarik untuk diberikan pada anak, serta terkandung pesan moral di dalamnya. Anak-anak bisa mengambil pelajaran dari cerita tersebut untuk tetap bekerja keras, berusaha dan percaya diri dalam menghadapi kesulitan, serta niatan jahat seperti yang dilakukan raksasa tersebut dapat mendatangkan musibah.

10 Strategi Mengajarkan Disiplin Pada Anak
Ada banyak strategi yang bisa dilakukan agar anak bisa disiplin tanpa perlu dihukum secara fisik, tetapi ada rasa tanggung jawab yang tumbuh dari dalam dirinya.

4. Hikayat Batu Menangis

Jika Anda masih bingung mengenalkan cerita yang pas untuk anak, cobalah pilihkan legenda hikayat batu menangis. Bukan hanya memiliki jalan cerita yang menarik, tetapi juga terkandung pesan moral dan pelajaran berharga bagi anak

Legenda yang berasal dari daerah Kalimantan Barat ini menceritakan seorang janda yang tinggal bersama anak perempuannya bernama Darmi. Darmi memiliki paras yang cantik, pintar, namun sifatnya sangat buruk dan tidak patut dicontoh.

Karena kecantikannya tersebut, Darmi sombong. Suatu hari Darmi pergi ke pasar bersama ibunya dan banyak pasang mata yang melihat ke arahnya karena cantik. Sampai akhirnya ada yang bertanya mengenai ibunya sendiri, namun Darmi mengatakan bahwa ibunya adalah seorang pembantu.

Mendengar perkataan tersebut, ibunya sedih dan menangis dalam hati, lalu sang Ibu pun berdoa agar menghukum anaknya yang durhaka. Hingga akhirnya Darmi berubah menjadi batu dan menitikan air mata, sebab itulah dinamakan batu menangis.

Cerita tersebut memberikan pelajaran bagi anak untuk tidak boleh sombong dan menyakiti ibu. Kita harus berbuat baik kepadanya dan berkata yang baik, jangan sampai kita menyakiti hati seorang ibu yang sudah berkorban untuk kita.

5. Malin Kundang

Cerita rakyat yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini memiliki juga memiliki pesan baik dan bisa mengedukasi anak. Hampir sama dengan Hikayat Batu Menangis, dongeng Malin Kundang juga menceritakan tentang anak durhaka yang tidak mengakui ibunya dan menyakiti hati ibunya.

Singkat cerita, Malin Kundang merupakan seorang anak muda yang pergi merantau lalu menikah dengan seorang perempuan kaya raya. Suatu hari Malin Kundang bertemu dengan ibunya, namun ia tidak lagi mengakui ibunya karena malu.

Perbuatan Malin tersebut membuat hati ibunya sakit, dan Tuhan pun menjadi murka terhadap Malin sehingga ia diberikan hukuman berupa kutukan menjadi batu. Meski ia menyesal, namun ia tidak bisa mengubah dirinya kembali dan Ia akan tetap menjadi batu Malin Kundang.

Anda menceritakan kisah ini sekaligus pesan moral yang dikandungnya pada anak, bahwa anak tidak boleh menyakiti hati ibunya dan jangan lupa terhadap jasa yang telah ibunya korbankan.

Itulah 5 cerita dongeng terbaik beserta pesan moral yang tersirat di dalamnya yang bisa Anda kenalkan kepada anak. Pasalnya masih banyak dongeng atau legenda Indonesia lainnya yang memiliki cerita menarik dan menyampaikan pelajaran berharga.

Anda bisa mengenalkan dongeng-dongeng tersebut dengan cara membelikan buku cerita anak atau mengajak anak menonton video cerita dongeng atau legenda di channel YouTube kejarcita. Pasalnya, dongeng atau legenda yang disajikan kejarcita cukup banyak dan menarik serta dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.