Menelisik Keunggulan Kurikulum 2022

edukasi 21 Des 2021

Dalam dunia pendidikan, kurikulum memiliki peran penting sebagai acuan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 19 juga dijelaskan mengenai kurikulum yaitu seperangkat rencana serta pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran. Kurikulum juga dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

Pendidikan Indonesia sendiri pernah terjadi beberapa perubahan kurikulum, mulai dari kurikulum 1974, kurikulum 1994, kurikulum 2006, kurikulum 2013 dan kini kurikulum Merdeka Belajar. Tentunya perubahan kurikulum tersebut memiliki maksud dan tujuan sendiri dengan harapan kualitas pendidikan Indonesia lebih baik lagi ke depannya.

Perubahan kurikulum juga disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan dan perkembangan zaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Yang harus dilakukan sebagai bagian dari tenaga kependidikan yaitu menerima perubahan kurikulum dan melakukannya sesuai yang direncanakan agar bisa mencapai tujuan dengan baik.

Berbicara mengenai kurikulum, baru-baru ini juga terdapat informasi adanya kurikulum paradigma atau prototipe kurikulum baru 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sendiri sudah melakukan uji coba penggunaan kurikulum ini di 2500 sekolah penggerak. Rencananya, kurikulum ini ditawarkan ke seluruh sekolah pada tahun 2022.

Mungkin kurikulum ini juga menimbulkan kontroversial lagi, karena sekolah dan guru harus kembali beradaptasi dengan perubahan yang ada. Namun pada faktanya, kurikulum baru 2022 ini sifatnya opsional atau tidak wajib, artinya bagi sekolah yang ingin menjalankannya boleh menjalankannya tanpa paksaan. Meski begitu, pemerintah akan mendukung apapun keputusan sekolah dan tentunya mendukung berjalannya kurikulum 2022 ini.

Hadirnya kurikulum 2022 ini membantu sekolah untuk memulihkan kembali semangat belajar siswa. Berdasarkan informasi, kurikulum prototipe atau kurikulum baru 2002 sendiri mempunyai beberapa karakteristik utama untuk mendukung pemulihan pembelajaran, yaitu:

  • Mengembangkan soft skill serta karakter siswa mulai dari kreativitas, gotong-royong, akhlak mulia, kebhinnekaan, kemandirian, bernalar kritis melalui pembelajaran berbasis proyek.
  • Fokus terhadap materi esensial untuk mencapai kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  • Bersifat fleksibel untuk guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa dan konteks serta muatan lokal.

Sebelum melihat beberapa keunggulan dari kurikulum 2022, berikut ini merupakan beberapa perubahan dalam kurikulum 2022 yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Struktur kurikulum prototipe 2022 menjadikan Proses Pelajar Pancasila sebagai acuan untuk mengembangkan Standar Proses, Standar Isi, Standar Penilaian, Capaian Pembelajaran, Prinsip Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran.

2. Istilah KI dan KD pada kurikulum 2013 akan berubah pada kurikulum prototipe atau kurikulum baru 2022 ini menjadi capaian pembelajaran.

3. Untuk jenjang SD kelas 4 sampai kelas 6 tidak harus menggunakan pendekatan tematik, artinya sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran berbasis mata pelajaran.

4. Model pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran serta membuat asesmen lintas mata pelajaran.

5. Terdapat mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai dari SMP sampai SMA.

6. Mata pelajaran IPA dan IPS untuk kelas 4 sampai kelas 6 digabung menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

7. Jam pelajaran ditetapkan per tahun sehingga sekolah bisa mengatur jam pelajaran lebih fleksibel.

Mengenal Kurikulum Prototipe 2022. Apa yang Berubah?
Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi menerapkan kurikulum paradigma baru yang menjadi penyempurna dari K-13. Kurikulum ini sudah diuji coba di seluruh sekolah penggerak.

Keunggulan Kurikulum 2022

Meskipun kurikulum paradigma atau kurikulum prototipe baru 2022 ini bersifat opsional, namun tak ada salahnya jika sekolah menerapkan kurikulum ini, mengingat kurikulum ini juga sudah berhasil diterapkan di beberapa sekolah penggerak dan hasilnya cukup memuaskan. Berikut beberapa keunggulan kurikulum 2022, yaitu:

Membantu Mengatasi Learning Loss

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan jika penerapan kurikulum baru 2022 membantu memulihkan pembelajaran di sekolah dan mengatasi learning loss. Pasalnya learning loss sendiri merupakan kondisi kehilangan minat dan semangat belajar atau terjadinya penurunan pencapaian pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan hasil riset, pandemi menimbulkan kehilangan pembelajaran atau learning loss literasi dan numerasi secara signifikan. Jika dibiarkan tentu ini akan mengkhawatirkan dunia pendidikan.

Sebagai bagian dari mitigasi learning loss, sekolah pun diberikan pilihan untuk menggunakan kurikulum yang sederhana supaya fokus terhadap kompetensi dasar dan penguatan karakter siswa.

Mendikbudristek nadiem Makarim sendiri mengatakan mengenai kurikulum prototipe, tentunya sekolah dapat melakukan bagian dari learning recovery atau kembali pulih daripada kondisi learning loss yang cukup gawat darurat hingga saat ini. Dengan kata lain, kurikulum prototipe menjadi upaya untuk meningkatkan kembali semangat belajar.

Kurikulum prototipe menjadi pilihan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2020-2024. Setelah itu, kebijakan kurikulum nasional pun akan dikaji ulang pada tahun 2024 sesuai dengan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Penyebab dan Tips Menghindari Learning Loss di Masa Pandemi
Learning loss adalah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan serta keterampilan dalam perkembangan akademis.

Membantu Sekolah Beradaptasi dengan Masa Depan

Mendikbudristek Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa kurikulum 2022 ini membantu sekolah untuk beradaptasi dengan masa depan, karena kurikulum ini mudah diterapkan bahkan untuk sekolah yang tertinggal sekalipun. Dengan kata lain, kurikulum baru ini sangat bermanfaat untuk sekolah yang ketinggalan sebab penyederhanaan dan perampingannya cukup besar.

Tentunya Kemendikbudristek juga tidak akan melepaskan sekolah begitu saja, melainkan akan dibimbing dan didukung penuh oleh pemerintah. Diketahui Kemendikbudristek akan memberikan bantuan berupa platform teknologi untuk sekolah yang mengadopsi kurikulum tersebut. Pada masa transisi menuju kurikulum baru 2022 dan proses adaptasi juga akan didukung penuh oleh setiap pihak yang bersangkutan.

Jadi tak ada salahnya untuk sekolah mulai beradaptasi kembali dengan kurikulum 2022 guna memulihkan kegiatan pembelajaran lebih baik.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai kurikulum prototipe atau kurikulum baru 2022 mulai dari perubahan dan keunggulannya. Diketahui dalam penerapan kurikulum prototipe ini akan didukung melalui penyediaan buku teks dan pelatihan serta pendampingan untuk guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan.

Kejarcita.id menjadi salah satu platform pendidikan berbasis teknologi yang juga mendukung guru dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran yang lebih efektif, melalui Learning Management System (LMS) dengan fitur-fitur menarik di dalamnya untuk memudahkan kegiatan pembelajaran.

Selain itu, kejarcita.id juga memiliki program pelatihan untuk guru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan pendidikan saat ini. Dengan berbagai upaya dan dukungan dari kejarcita.id diharapkan sekolah di Indonesia bisa lebih baik dan menghasilkan generasi Indonesia yang cerdas dan berkarakter.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.