Orangtua Wajib Tahu, Ini Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Anak

Setiap orangtua pasti memenuhi kebutuhan anaknya demi tumbuh kembang yang baik. Makanya jangan heran jika tak sedikit orangtua yang mencari resep makanan untuk kecerdasan otak anak, agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang aktif dan cerdas.

Siapa yang tak ingin memiliki anak sehat dan cerdas? Pasti setiap orangtua mendambakannya. Meskipun begitu, orangtua juga tidak boleh memaksakan anak untuk ahli dalam semua bidang, mengingat setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda.

Pasalnya ada beberapa hal yang mempengaruhi kecerdasan anak mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat hingga asupan makanan yang mereka konsumsi. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus tahu makanan penambah daya ingat dan kecerdasan anak serta menyehatkan tubuh mereka. Dengan memiliki kemampuan daya ingat yang kuat, prestasi anak di sekolah bisa meningkat dan mereka juga mudah memahami materi pelajaran.

10 Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Anak

Berbicara mengenai cara meningkatkan daya ingat anak, tentu orangtua memiliki peran penting dalam hal ini. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pernah menyebut bahwa tahun pertama kehidupan anak sangat berpengaruh pada kesehatan serta perkembangannya, termasuk otak.

Sebagai orangtua yang hadir di awal kehidupan anak, Anda harus membantu mereka mengembangkan otak. Perawatan ketika mengasuh merupakan kunci untuk mendukung perkembangan otak anak yang sehat, termasuk dalam memberikan asupan makanan pada mereka.

10 Tips untuk Membantu Anak yang Tidak Bisa Fokus Belajar di Rumah
Jika anak fokus belajar, maka ia dapat memahami materi pelajaran serta mampu mengerjakan latihan soal yang diberikan guru dengan baik. Ia juga bisa mendapatkan nilai ujian yang lebih bagus. Hal tersebut berdampak baik bagi jenjang sekolah anak selanjutnya.

Anda harus selektif dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi anak. Adapun berikut ini merupakan 10 makanan untuk meningkatkan daya ingat anak yang bisa Anda berikan, di antaranya yaitu:

1. Telur

sumber: https://www.pexels.com

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak yang pertama yaitu telur. Hal ini dikarenakan otak anak berkembang secara signifikan di tahun-tahun pertama kehidupannya, di mana kandungan kolin dalam telur tersebut bisa membentuk sel memori jauh di dalam otak.

Apalagi pada kuning telur yang sangat kaya akan kolin, serta dapat memenuhi kebutuhan harian anak hingga mereka berusia 8 tahun. Bukan hanya itu, telur juga memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin A, folat, dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan serta perbaikan dan perkembangan sel tubuh anak.

Jadi, Anda harus memberikan anak telur untuk mendukung perkembangan serta daya ingat mereka ya! Apalagi telur memiliki harga terjangkau dan sangat mudah ditemui, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memberi anak telur ya!

2. Ikan

Makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anak selanjutnya yaitu ikan, khususnya ikan yang berlemak dan berminat, kaya akan asam omega 3. Pasalnya ikan tersebut baik untuk kesehatan dan perkembangan otak anak.

Dilansir dari haibunda.com, Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli gizi Los Angeles pernah mengatakan bahwa ikan berlemak menjadi sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Keduanya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan meningkatkan fungsi otak.

Asam lemak omega-3 sendiri merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk perkembangan sel. Hal ini telah dibuktikan dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa lemak omega-3 bisa mengelola masalah perilaku dan mempunyai peran pada fungsi neurotransmitter.

Adapun beberapa jenis ikan yang bisa Anda berikan untuk mendukung meningkatkan daya ingat anak yaitu tuna segar, salmon, sarden, mackerel, trout, dan herring.

3. Selai Kacang

Baik kacang ataupun selai-nya juga bagus untuk perkembangan otak anak. Bagaimana tidak? Makanan ini menjadi sumber vitamin E yang baik serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan yang ada dalam selai kacang dapat melindungi selaput saraf.

Makanan tersebut juga memiliki vitamin yang berfungsi untuk membantu otak dan sistem saraf mengolah glukosa menjadi energi. Anda bisa memberi roti yang ditambah selai kacang untuk dikonsumsi anak.

4. Kacang Polong

Kaca polong juga menjadi makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anak, mengingat kacang ini mempunyai kandungan protein yang tinggi, vitamin dan mineral yang baik untuk anak. Ada pula kacang pinto dan kacang merah yang memiliki kandungan omega-3 lebih banyak untuk pertumbuhan serta meningkatkan fungsi otak.

Bukan hanya itu, makanan ini juga membantu anak untuk kenyang lebih lama dan dan berenergi. Sehingga anak bisa lebih fokus belajar dalam kelas.

5. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga baik untuk perkembangan anak seperti oat, sereal dan roti gandum utuh. Makanan tersebut dapat menyehatkan sistem saraf, memberi glukosa serta energi yang baik untuk bahan bakar otak serta kaya akan vitamin B.

Oatmeal sendiri menjadi sumber nutrisi bagi otak, dan dapat menyediakan energi untuk anak mengawali kegiatan di pagi hari dalam memenuhi kebutuhannya. Kandungan lainnya pada oat seperti potasium, zink, vitamin E dan vitamin B.

Sedangkan anak-anak yang sarapan gandum utuh berfungsi untuk meningkatkan daya ingat serta perhatian jangka pendek dibandingkan dengan karbohidrat olahan.

6. Daging Sapi

sumber: https://www.pexels.com

Makanan untuk menambah daya ingat anak selanjutnya yaitu daging sapi. Daging ini memiliki kandungan zat besi yang memberikan mineral penting untuk anak. Sehingga mereka memiliki energi yang banyak, membantu daya ingat serta mudah berkonsentrasi di sekolah.

Bukan hanya itu, daging sapi tanpa lemak juga menjadi sumber zat besi yang bagus untuk anak. Bahkan beberapa orang menyebut 1 ons daging sapi yang dikonsumsi mampu membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari sumber yang lain. Maka dari itu, jangan ragu memberikan anak daging sapi, namun juga jangan terlalu berlebihan ya, karena tidak baik.

7. Buah-buahan Beri

Makanan selanjutnya berasal dari buah-buahan jenis beri, seperti strawberry, blueberry, ceri dan lainnya. Pasalnya buah berry memiliki antioksidan yang cukup tinggi dan vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Bukan hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan jika buah berry dapat meningkatkan memori. Bahkan biji dalam buah berry juga diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda memberikan buah-buahan berry untuk dikonsumsi anak. Pastikan Anda memilih buah yang asli dan bermutu baik.

10 Tugas Rumah yang Dapat Mengasah Keterampilan Problem-Solving Anak
Di samping untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, problem solving pada anak juga berguna untuk mengeksplorasi dunianya atau mengerjakan tugas sekolah.Jika keterampilan pemecahan masalah ini sering dilatih pada anak, maka ia mampu berpikir jernih,

8. Sayuran Berwarna

Selain buah-buahan, sayur-sayuran juga dikenal sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya ada beberapa sayuran berwarna yang membantu menguatkan daya ingat anak, seperti tomat, bayam, wortel, labu dan lainnya. Karena sayuran tersebut memiliki kandungan antioksidan yang baik yang dapat menjaga sel otak agar tetap sehat dan kuat.

9. Susu

Makanan atau minuman yang terbuat dari produk susu, seperti keju dan yogurt memiliki kandungan vitamin B serta protein yang tinggi. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan jaringan otak, enzim, serta neurotransmitter.

10. Teh

Selain susu, teh juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan teh memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang membantu meningkatkan konsentrasi.

Itulah 10 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat anak yang bisa Anda berikan. Semoga bermanfaat.