ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Indonesia
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah materi pembelajaran yang mengajarkan tentang kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir yang merupakan pondasi dari kemampuan literasi. Bisa dikatakan bahwa kemampuan literasi berperan penting dalam semua bidang kajian dan bidang kehidupan.
Dalam pelaksanaannya, kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian, yaitu pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan sesuatu dengan menggunakan bahasa yang baik.
Adapun model pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pedagogi genre. Adapun empat tahapan yang dimiliki model pedagogi genre ini yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya, asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan. Pembinaan dan pengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia ini dapat membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, kreatif, berpikir kritis, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Elemen Menyimak |
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. |
Elemen Membaca-Memirsa |
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Elemen Berbicara-Mempresentasikan |
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam. |
Elemen Menulis |
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Kelas |
Tujuan Pembelajaran |
Kelas 4 : Pemahaman terhadap Topik Pembahasan, Ide Pokok, dan Informasi dalam Pembicaraan |
4.1 Peserta didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. |
4.2 Peserta didik memahami berbagai pernyataan dasar lisan yang meminta informasi pribadi. |
|
4.3 Peserta didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik pembahasan. |
|
4.4 Peserta didik memahami ide pokok/gagasan dari pembicaraan atau dialog singkat pada suatu topik pembahasan. |
|
4.5 Peserta didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai topik pembahasan. |
|
4.6 Peserta didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada suatu topik pembahasan. |
|
Kelas 4 : Jenis-jenis Teks dan Pemahaman terhadap Informasi di Dalamnya |
4.7 Peserta didik mengidentifikasi rima dan repetisi kata |
4.8 Peserta didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks. |
|
4.9 Peserta didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi. |
|
4.10 Peserta didik memahami ide pokok dan ide pendukung lebih banyak teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual pada suatu topik pembahasan. |
|
4.11 Peserta didik memahami informasi secara spesifik dan detail pada suatu topik pembahasan |
|
4.12 Peserta didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada suatu teks sederhana |
|
4.13 Peserta didik mengenali sikap atau pendapat penulis pada suatu teks bacaan |
|
Kelas 4 : Puisi dan Maknanya
|
4.14 Peserta didik menggunakan kamus kertas dan referensi digital untuk memeriksa makna dan memperluas pemahaman |
4.15 Peserta didik menemukan lebih banyak makna kata kiasan dalam puisi |
|
4.16 Peserta didik membaca puisi dengan penghayatan dan kesenangan. |
|
Kelas 4: Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat |
4.17 Peserta didik memberikan informasi dasar tentang diri mereka dalam bentuk kalimat. |
4.18 Peserta didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum. |
|
4.19 Peserta didik memberikan pendapat dalam bentuk kalimat pada suatu topik pembahasan. |
|
4.20 Peserta didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi. |
|
4.21 Peserta didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat. |
|
4.22 Peserta didik mengkomunikasikan dengan jelas frasa dan kalimat sederhana |
|
4.23 Peserta didik melakukan interaksi singkat, pertukaran informasi dasar pada berbagai topik pembahasan. |
|
4.24 Peserta didik menghubungkan cerita dan peristiwa sehari-hari. |
|
Kelas 4 : Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca
|
4.25 Peserta didik merencanakan, menulis, mengedit dan mengoreksi pekerjaannya dalam menulis |
4.26 Peserta didik menulis kalimat-kalimat pendek dalam sebuah paragraph |
|
4.27 Peserta didik menulis deskripsi factual dan imajinatif yang menggambarkan orang, tempat, dan benda |
|
4.28 Peserta didik menggunakan tulisan tangan bersambng dalam berbagai karya tulis |
|
4.29 Peserta didik menautkan suatu kalimat menjadi paragraph yang koheren |
|
4.30 Peserta didik memberi tanda baca pada karya tulis |
Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4
4.1.1 Pemahaman terhadap Topik Pembahasan
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memahami urutan instruksi-instruksi lisan pada kegiatan-kegiatan di tempat umum. 2. Peserta didik memahami lebih banyak pertanyaan dasar lisan yang meminta informasi pribadi. 3. Peserta didik memahami lebih banyak pertanyaan-pertanyaan dasar lisan pada suatu topik pembahasan. 4. Peserta didik memahami ide pokok/gagasan utama dari pembicaraan atau dialog panjang di berbagai topik pembahasan. 5. Peserta didik memahami informasi spesifik dan detail pada pembicaraan atau dialog tentang berbagai topik yang sudah dikenali. 6. Peserta didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog dari berbagai topik yang semakin meningkat jumlah, durasi, dan sebaran topiknya. |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
- Pemahaman instruksi lisan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari - Memahami arti dari setiap instruksi yang ada di tempat-tempat umum |
Penjelasan Singkat |
Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan podcast untuk melatih kemampuannya dalam menyimak informasi dan pembicaraan orang lain. Guru juga dapat menggunakan buku bacaan, seperti buku fiksi petualangan untuk melatih kemampuan siswa dalam menyimak informasi yang ada di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
4.2.1 Pemahaman terhadap Ide Pokok/Gagasan Utama
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memahami ide pokok dan ide pendukung lebih banyak teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual pada suatu topik pembahasan. 2. Peserta didik memahami informasi secara spesifik dan detail pada suatu topik. 3. Peserta didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada suatu teks sederhana. 4. Peserta didik mengenali sikap atau pendapat penulis pada suatu teks bacaan. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
- Penyampaian ide atau gagasan sederhana secara lisan - Penyampaian informasi yang diberikan secara detail - Peyampaian pendapat dalam dialog atau pembicaraan mengenai suatu topik pembelajaran |
Penjelasan Singkat |
Siswa menyimak cerita lisan yang disampaikan dengan pembacaaan cerita berisi pembicaraan atau dialog secara nyaring Siswa diperdengarkan sebuah pembacaan cerita untuk memahami ide pokok atau gagasan utama dari pembicaraan atau dialog dengan topik-topik kontekstual dan menjawab pertanyaan terkait gagasan utama dalam cerita fantasi dengan tepat. Siswa diperdengarkan dan menjawab pertanyaan tentang informasi/gagasan perinci pada sebuah pembacaan cerita untuk menemukan informasi spesifik dan detail ide pokok atau gagasan utama dari pembicaraan dialog tersebut. Siswa mendengarkan sebuah wawancara dari podcast anak dan menentukan jawaban dan pertanyaan orang-orang di dalam podcast. Siswa dapat mengamati mencatat kosakata yang digunakan pembicara dalam mengemukakan pendapatnya |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
4.3.1 Mengenal Jenis-jenis Teks
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik mengidentifikasi rima dan repetisi kata. 2. Peserta didik mengenali dan mengidentifikasi lebih beragam jenis teks. 3. Peserta didik mengenali elemen-elemen buku dan sumber bacaan lainnya. 4. Peserta didik membaca lebih banyak teks fiksi dan non-fiksi dengan percaya diri dan penuh kesenangan. 5. Peserta didik menggunakan kamus kertas dan referensi digital untuk memeriksa makna dan memperluas pemahaman. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
- Pemahaman terhadap rima dan repetisi kata - Pemahaman jenis-jenis teks dan elemen-elemen yang dimiliki pada teks tersebut - Pemahaman ide pokok dalam suatu teks |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk membawa buku fiksi maupun nonfiksi, yang kemudian akan dibaca bersama di dalam kelas. Pada kesempatan ini, siswa akan diajarkan untuk memahami isi teks. Guru memberikan beberapa rekomendasi teks bacaan untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami rima, repetisi kata dan jenis-jenis teks. Guru juga dapat menanyakan beberapa hal yang berkaitan tentang isi buku setelah siswa selesai membaca buku tersebut. Kegiatan ini dapat melatih siswa untuk memahami ide pokok atau gagasan utama teks bacaan, serta fakta dan opini yang terdapat di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
4.4.1 Memahami Jenis-jenis Teks dan Informasi di Dalamnya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memahami berbagai informasi dan detail spesifik dari teks sederhana dengan bantuan guru. 2. Peserta didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada teks sederhana. 3. Peserta didik mengenali sikap atau pendapat penulis dalam teks pendek tentang berbagai topik. 4. Peserta didik mengkategorikan buku, lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di perpustakaan atau sekolah menurut klasifikasinya. |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
- Pemahaman terhadap informasi yang ada di dalam teks sederhana - Pemahaman perbedaan fakta dan opini yang ada di dalam teks sederhana - Mengenali klasifikasi buku, lembar kerja dan jenis buku lainnya yang ada di perpustakaan |
Penjelasan Singkat |
Guru mengajak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah dan meminta siswa untuk memilih buku bacaan yang akan mereka baca dan pahami selama kegiatan pembelajaran. Guru memberikan beberapa rekomendasi teks bacaan untuk melatih siswa untuk memahami ide pokok atau gagasan utama teks bacaan, serta fakta dan opini yang terdapat di dalam buku. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
Fakta : segala hal yang bisa ditangkap oleh indra manusia berupa data dari keadaan nyata yang telah terbukti kebenarannya. Opini : sebuah gagasan atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan tertentu terhadap ideologi dan perspektif yang memiliki sifat tidak objektif. |
4.5.1 Memahami Puisi dan Maknanya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik menemukan makna kata kiasan dalam puisi sederhana 2. Peserta didik membaca puisi dengan penghayatan dan kesenangan |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Pembacaan puisi dan memahami makna yang terdapat di dalam puisi |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menonton pagelaran baca puisi melalui Youtube dan membuat pagelaran membaca puisi di kelas. Guru juga berkesampatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan mengenai topik yang sedang dibahas. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
Puisi : salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya ditentukan oleh irama, rima dan penyusunan larik dan bait. |
4.6.1 Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memberikan informasi dasar tentang diri siswa ke dalam sebuah kalimat. 2. Peserta didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum. 3. Peserta didik memberikan pendapat ke dalam bentuk kalimat. 4. Peserta didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi. 5. Peserta didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian informasi dan peristiwa yang dialami siswa ke dalam sebuah teks narasi. |
Penjelasan Singkat |
Siswa berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya dan bertukar informasi, baik mengenai dirinya, lingkungan tempat tinggalnya, atau peristiwa yang baru saja mereka alami dan cukup berkesan untuk diingat. Setelahnya siswa akan diberi kesempatan untuk menuliskan apa yang mereka dapatkan dari kegiatant tersebut ke dalam kalimat-kalimat pendek yang akan dijadikan sebagai sebuah teks narasi. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |
4.7.1 Pemahaman terhadap Penulisan Karya Tulis
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik menulis deskripsi factual dan imajinatif yang menggambarkan orang, tempat, dan benda. 2. Peserta didik menggunakan tulisan tangan bersambung dalam berbagai karya tulis. 3. Peserta didik menautkan kalimat menjadi paragraph yang koheren. 4. Peserta didik memberi tanda baca pada karya tulis. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
Penyampaian deskripsi factual dan imajinatif ke dalam tulisan |
Penjelasan Singkat |
Siswa akan diberi kesempatan untuk menuliskan beberapa peristiwa yang pernah dialami, atau imajinasinya sendiri ke dalam sebuah tulisan atau teks narasi. Siswa membuat cerita ke dalam beberapa paragraph yang perlu diperhatikan penggunaan tanda bacanya. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia - Berkebhinekaan global - Bergotong royong - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Glosarium |
- |