Apakah Anak Aman Masuk Sekolah Kalau Sudah Ada Vaksin?

kesehatan 24 Jul 2021

Sejak masuknya virus Corona di Indonesia, pemerintah membuat kebijakan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Rupanya sampai tahun ajaran baru pun KBM online masih dilakukan, mengingat penyebaran virus Corona terus meningkat. Kondisi seperti ini tentu bukanlah hal yang mudah bagi guru maupun siswa.

Sebagai orangtua, Anda juga ikut terlibat dalam hal ini, di mana anak Anda akan menghabiskan waktu belajar di rumah lebih banyak. Jika anak sudah mulai bosan dan jenuh belajar secara online, Anda bisa memberikan pemahaman kepada mereka untuk tetap sabar dalam menghadapi situasi seperti ini.

Sekolah juga tidak akan dibuka jika kondisinya belum memungkinkan, karena dikhawatirkan akan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Sehingga, pembelajaran online masih terus diberlakukan hingga situasi kembali membaik.

Dilansir dari suara.com, tak sedikit orangtua yang merasa khawatir untuk mengantar atau mengizinkan anak ke sekolah di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat. Apalagi anak-anak menjadi salah satu kelompok yang rentan terkena virus Corona.

Namun, dikabarkan sudah ada vaksin di Indonesia yang diharapkan dapat mengatasi pandemi dan mengembalikan aktivitas seperti semula. Berikut beberapa penjelasan mengenai vaksin di Indonesia beserta cara aman kembali ke sekolah.

Vaksin Covid-19 di Indonesia

Akhir tahun 2020 beredar kabar bahwa Indonesia telah mendapatkan vaksin Covid-19 sebagai upaya menghentikan kasus ini. Dilansir dari CNN.com, vaksinasi Covid-19 dilakukan pada Januari 2021 atau menunggu datangnya izin pakai darurat yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal ini tentu menjadi kabar gembira dan diharapkan pandemi virus ini cepat berakhir. Dengan begitu, kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara online akan kembali normal salah satunya dalam bidang pendidikan, di mana sekolah akan dibuka dan anak-anak kembali belajar tatap muka. Namun, hal ini hanya sebuah harapan yang belum tahu kapan terwujud, yang pasti kita harus tetap berjuang dalam menghadapi kondisi seperti ini.

Berbicara mengenai vaksin Covid-19 di Indonesia, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan mendapatkan vaksin tersebut. Adapun anak-anak kita yang masih sekolah PAUD/TK, SD, SMP, SMA, atau setingkat/sederajat, dan perguruan tinggi ada pada urutan ketiga prioritas mendapatkan vaksin Corona.

Yang menjadi pertanyaan saat ini, apakah anak akan aman pergi ke sekolah setelah vaksin ditemukan?

Meskipun sudah ada vaksin, namun tidak semua sekolah bisa dibuka begitu saja, mengingat kondisinya masih belum stabil dan vaksinasi juga harus melakukan uji coba terlebih dahulu. Dikutip dari medcom.com, pembukaan sekolah merujuk pada kesanggupan dalam menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang protokol kesehatan.

Membuat keputusan dibukanya sekolah bukanlah hal yang mudah, karena kesehatan dan keselamatan siswa dan guru adalah hal paling penting untuk diperhatikan. Jangan sampai dibukanya sekolah justru menambah penyebaran virus Corona dan membuat keadaan semakin sulit.

Tips Mengajari Hakikat Pancasila agar Bisa Diterapkan dengan Baik
Pancasila memiliki nilai-nilai penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti mengajarkan kerukunan, kedamaian dan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat. Nilai-nilai pancasila ini harus ditanamkan dalam diri generasi muda saat ini

Tips Aman untuk Anak yang Akan Kembali Bersekolah setelah Pandemi

Setelah adanya vaksin di Indonesia, bukan berarti keadaannya akan berubah drastis dan benar-benar baik seperti semula seakan-akan tidak pernah terjadi pandemi. Tentu saja kita juga harus berhati-hati di situasi yang belum sepenuhnya pulih.

Apabila sekolah dibuka dan pembelajaran kembali dilakukan secara langsung bertatap muka, Anda perlu memiliki tips yang tepat agar mereka tetap aman pergi ke sekolah. Karena sebagai orangtua, tentu saja kekhawatiran itu selalu ada. Selain hadirnya vaksin, berikut ini merupakan beberapa tips aman lainnya untuk anak yang pergi ke sekolah, di antaranya yaitu:

1. Memberi Pemahaman Mengenai Kondisi yang Sedang Terjadi

Sebagai orangtua, Anda bisa berdiskusi dan memberikan pemahaman kepada anak mengenai kondisi yang terjadi. Setelah pandemi, mungkin kondisinya sedikit berbeda, di mana anak harus bisa lebih menjaga kebersihan dan memberi jarak pada orang lain.

Orangtua merupakan sumber informasi yang dapat dipercaya anak, oleh sebab itu Anda harus bisa memberikan pemahaman dengan jelas kepada mereka agar tetap aman sekolah setelah pandemi.

2. Beritahu Protokol Kesehatan

Di tengah situasi seperti ini, menjaga kesehatan merupakan hal wajib yang harus dilakukan semua orang. Anda bisa memberitahu anak protokol kesehatan yang tepat mulai dari rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Terlebih ketika anak ingin pergi ke sekolah, tentu protokol kesehatan harus dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Anda juga bisa membekali anak hand sanitizer saat pergi ke mana pun sehingga anak tetap bisa menjaga kebersihan. Edukasi protokol kesehatan sangat penting dilakukan agar anak semakin paham pentingnya menjaga kesehatan di tengah situasi yang belum membaik ini. Jika tubuh sehat, belajar juga akan lebih fokus dan penuh konsentrasi.

3. Istirahat yang Cukup

Ketika sekolah sudah dibuka, anak akan menjalankan aktivitas seperti biasanya, mulai dari belajar secara langsung, kerja kelompok, hingga bermain bersama temannya. Namun ,yang perlu Anda perhatikan yaitu pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak terlalu kelelahan menjalankan aktivitasnya.

Lama tidak belajar secara langsung di sekolah mungkin membuat pola tidur anak berbeda, di mana mereka lebih sering tidur malam. Oleh sebab itu, Anda bisa meminta anak untuk tidur lebih awal dan bangun pagi, agar mereka mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

10 Keterampilan ‘Jadul’ yang Patut Dikuasai Anak Zaman Now
Ada beberapa keterampilan atau kebiasaan yang sering dilakukan anak zaman dulu, yang memiliki manfaat baik. Tidak ada salahnya jika Anak zaman now melakukan atau memiliki keterampilan jadul.

4. Rajin Mengecek Kesehatan Anak

Bagi orangtua, kesehatan anak adalah hal yang paling penting untuk dijaga. Saat sekolah sudah dibuka, Anda harus rajin mengecek kesehatan anak secara teratur. Karena anak akan bertemu dengan banyak orang di sekolah, dan dikhawatirkan mereka terkena virus dari orang lain. Jika anak mengalami gejala batuk dan sesak napas, segeralah obati mereka agar tidak semakin parah.

5. Meminta Anak untuk Menceritakan Hal yang Terjadi

Mungkin cara ini terdengar posesif untuk melindungi mereka. Namun, tak ada salahnya jika Anda meminta anak untuk menceritakan hal apa yang terjadi, misalnya ada temannya yang sakit dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pemahaman lebih baik kepada mereka.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai vaksin virus Corona beserta tips aman ke sekolah setelah pandemi. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa hadirnya vaksin belum tentu menjamin keamanan dan keselamatan anak saat sekolah, di mana Anda juga perlu melakukan tips yang telah disebutkan sebelumnya agar mereka lebih aman.

Selama sekolah belum dibuka dan KBM masih secara daring, Anda harus selalu mengajarkan anak untuk tetap bersabar menghadapi situasi ini dan tetap rajin belajar agar bisa mencapai kesuksesan. Hal tersebut untuk mencegah anak bosan, stres, dan malas belajar. Anda juga bisa mengajak anak untuk menonton video YouTube kejarcita yang mengedukasi, menginspirasi, dan menyenangkan.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.