7 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dibutuhkan Dimasa Mendatang

edukasi 1 Apr 2021

Ketika siswa telah lulus SMA, mereka akan melanjutkan kehidupan yang sebenarnya, ada yang memilih untuk bekerja, ada pula yang memilih untuk kuliah. Pilihan mereka tentu menentukan masa depan mereka untuk menjadi apa nantinya. Sebagai guru atau orangtua, kita tidak bisa memaksa mereka untuk melakukan apa yang kita inginkan, karena pasti mereka memiliki pilihan yang baik untuk diri mereka sendiri.

Namun tak sedikit guru atau orang tua yang mengharapkan siswa/anaknya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan banyak pula siswa yang memang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas pilihan mereka, dengan jurusan yang mereka minati.

Mereka yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi biasanya untuk menunjang profesi atau karir yang mereka impikan. Pasalnya pendidikan sangat penting diperhatikan untuk mencapai masa depan yang lebih cerah, disamping itu, niat, usaha dan tekad yang kuat juga menentukan masa depan seseorang.

7 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dibutuhkan Dimasa Mendatang

Jika siswa atau anak Anda memutuskan untuk kuliah, tak ada salahnya Anda memberikan saran kepada mereka untuk memilih jurusan yang memiliki prospek cerah dan dibutuhkan di masa yang akan datang. Adapun berikut ini merupakan 7 jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di masa mendatang yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Pendidikan Dokter

Pastinya dokter sangatlah dibutuhkan di dunia kesehatan untuk menolong orang sakit. Akan lebih dibutuhkan lebih banyak lagi dokter di masa depan, bukan saja dokter umum, tapi juga dokter-dokter spesialis.

Oleh sebab itu, profesi dokter memiliki prospek yang cerah dan dibutuhkan kan banyak orang. Namun untuk menjadi dokter bukanlah hal yang mudah, Anda perlu memiliki pengetahuan atau wawasan yang luas mengenai kesehatan, salah satunya melalui kuliah di jurusan kedokteran.

Untuk bisa menjalani pendidikan dokter, tidaklah mudah dan murah. Biaya pendidikan jurusan kedokteran, seperti yang kita semua tahu, terbilang mahal. Pendidikan dokter juga adalah jurusan dengan passing grade tertinggi dan pendidikannya lumayan lama.

Apalagi kalau ingin mengambil spesialisasi, pastinya membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Spesialis bedah, saraf, dan jantung adalah yang paling dibutuhkan.

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi juga menjadi jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan, mengingat setiap perusahaan pastinya memerlukan lulusan ilmu komunikasi. Seperti yang kita tahu juga bahwa industri kreatif sedang berkembang sangat pesat dan banyak bisnis yang menyesuaikan diri terhadap industri ini.

Sekilas komunikasi memang bukanlah hal yang sulit, namun tidak semua orang dapat berbicara dengan bahasa yang komunikatif, mudah dimengerti dan percaya diri dalam menyampaikan informasi di depan umum. Bahkan orang yang pintar ngomong pun harus menempuh pendidikan ilmu komunikasi jika ingin menjadi public speaker profesional.

Terlebih setiap perusahaan juga membutuhkan para individu yang mahir dalam public speaking, design, fotografi, membuat iklan, atau menulis artikel. Makanya, lulusan ilmu komunikasi memiliki karir yang cukup menjanjikan di masa depan.

3. Teknik Informatika

Teknik Informatika atau Ilmu Komputer saat ini menjadi jurusan terkemuka diberbagai kampus dan akan terus berkembang kedepannya. Mengingat seiring perkembangan zaman, teknologi terus maju. Jika kita tidak memiliki ilmu komputer yang baik, kemungkinan kita akan ketinggalan zaman.

Meski hal ini juga dapat dipelajari secara otodidak jika Anda memang benar-benar menyukai komputer. Namun setidaknya Anda membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi sebagai bukti bahwa Anda memiliki kemampuan di bidang ini. Prospek kerja dari jurusan ini sangatlah luas. Secara gaji pun sangat menggiurkan sehingga menjadi sangat terkenal.

Lulusan teknik Informatika peluang kerjanya bisa menjadi web developer, programmer, software developer, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Bahkan, besar kemungkinan untuk bisa mendirikan start-up sendiri.

4. Ilmu Ekonomi

Bagi seseorang yang suka menghitung, analisis keuangan atau hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi bisa mengambil ilmu ekonomi ketika kuliah. Jurusan ini memiliki prospek yang sangat cerah dan menjanjikan, mengingat semua perusahaan pastinya harus memiliki perencana keuangan yang baik dan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi.

Lulusan ilmu ekonomi juga bisa membuka jasa akuntan publik. Penghasilan pekerjaan di bidang ekonomi juga sangat bervariasi nominalnya, tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan dan kapabilitas perusahaan.

5. Psikologi

Psikologi adalah salah satu jurusan Ingin kuliah sedang banyak dibutuhkan. Apalagi semakin digaungkannya kampanye mengenai kesehatan mental. Masyarakat sudah semakin paham pentingnya kesehatan mental yang juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Prospek kerja lulusan bidang psikologi selain menjadi psikolog juga bisa menjadi bagian dari divisi HRD perusahaan. Seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor dan bekerja secara mandiri dengan membuka praktek sendiri.

Pentingnya Menjaga Mental Anak Selama PJJ Dari Kacamata Psikolog
Aspek-aspek psikologi yang ditimbulkan anak tidak boleh dibiarkan begitu saja. Mereka cenderung akan selalu berpikiran dan merasakan hal-hal negatif dan tidak bisa merasakan energi positif yang seharusnya mereka terima di masa pertumbuhannya.

Dalam jurusan ini, seseorang bisa mempelajari banyak hal mengenai pemikiran seseorang dan seputar kehidupan. Seorang psikolog juga dapat membantu memberikan solusi atau penanganan yang bijak terhadap permasalahan orang lain.

6. Matematika Statistik

Pada era digital dan teknologi yang berkembang sangat pesat seperti sekarang, menjalani profesi sebagai data scientist akan banyak dibutuhkan di dunia kerja masa mendatang. Banyak perusahaan besar dalam bidang marketing dan telekomunikasi membutuhkan seorang data scientist.

Big data adalah hal yang sedang booming sekarang. Lulusan jurusan matematika statistik berpeluang bekerja bagi lulusannya sebagai data scientist, account officer di bank, market researcher, analis anggaran, atau analis sistem. Kalau perlu, Anda juga bisa menjadi guru matematika yang profesional.

Siswa Tidak Suka Menghitung? Begini Tips Menumbuhkan Rasa Suka Siswa dengan Matematika
Matematika merupakan pelajaran yang wajib dipahami, banyak manfaat dari mempelajari matematika mulai dari mengasah kemampuan problem solving anak, mengasah otak dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya tidak semua anak menyukai matematika.

Dalam jurusan matematika statistik, mata kuliah yang akan dipelajari adalah ilmu aljabar linear sebagai dasar statistika. Kemudian, mata kuliah metode survei sampel, rancangan percobaan, dan ilmu statistika khususnya dalam analisis regresi. Mata kuliah ini sangat penting dalam mengolah data.

7. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah suatu disiplin dalam ilmu komputer yang memiliki pengaplikasian luas untuk mendukung pengambilan sebuah keputusan. Dalam mempelajari AI juga ada teknik robotika, yang merupakan salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa ilmu lain seperti komputer, elektronika, dan mekanika.

Dasar yang akan dipelajari jika memilih program studi ini adalah matematika dan fisika dasar. Lulusan jurusan ini prospek kerjanya bisa menjadi seorang peneliti, insinyur robotika, data scientist, dan software engineer.

Itulah 7 jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di masa mendatang. Namun jurusan juga bukanlah hal utama dalam mencapai profesi yang diinginkan, mengingat ada beberapa orang yang memilih profesi yang tidak sesuai dengan jurusannya semasa kuliah.

Sebagai guru dan orang tua, kita  juga tidak boleh memaksakan kehendak siswa untuk memilih jurusan, biarkan mereka memilih jurusannya sendiri sesuai dengan minat dan bakat mereka. Tugas kita adalah mendukung mereka untuk mencapai mimpinya.








Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.