5 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Logis Siswa

teaching 29 Sep 2021

Setiap individu membutuhkan pola pikir yang dapat membangun, mengatasi permasalahan hidup, membantu mereka dalam menghadapi masalah dan kegagalan, serta membantu mereka dalam menyikapi setiap kejadian yang akan dihadapi di masa depan. Oleh karena itu, untuk menghadapi setiap permasalahan dan kondisi tersebut setiap individu harus memiliki kemampuan berpikir logis. Hal ini juga dialami siswa dalam proses kegiatan belajarnya.

Mereka harus memiliki kemampuan berpikir logis. Ada beberapa cara mengasah kemampuan berpikir logis siswa yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan belajar. Beberapa cara tersebut akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Apa yang Dimaksud dengan Kemampuan Berpikir Logis?

Berpikir logis bukanlah hanya sekadar konsep, tetapi berpikir logis merupakan suatu model kehidupan yang nyata, di mana Anda dapat membangun keterampilan untuk memecahkan masalah di tempat kerja maupun di lingkungan yang Anda tempati saat ini.

Secara umum, adapun pengertian dari logika yaitu hasil dari pertimbangan akal pikiran manusia yang diutarakan melalui rangkaian kata yang dinyatakan dalam bahasa. Kata logika berasal dari bahasa Yunani yang berarti logos yang kemudian membentuk kata logikos yang berarti pertimbangan akal pikiran yang akan diungkapkan dengan kata-kata atau dengan menggunakan bahasa.

Cara berpikir setiap individu dalam proses mewujudkan rencana, argumen, maupun pendapat, dalam pelaksanaannya akan dipengaruhi oleh perasaan ataupun pandangannya terhadap sesuatu secara umum ataupun pandangan yang berkaitan dengan pola pikirnya.

Sedangkan makna dari logika yaitu suatu ilmu pengetahuan, wawasan dan kecakapan individu untuk berpikir secara benar dan tepat. Untuk bisa berpikir secara benar, terdapat beberapa hal yang harus mereka perhatikan, salah satunya yaitu berpikir secara masuk akal dan sistematis.

Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan individu untuk menarik kesimpulan yang berdasarkan dengan aturan logika serta dapat membuktikan kesimpulan tersebut berdasarkan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Mengapa Kemampuan Berpikir Logis itu Penting?

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu akan dihadapkan dengan berbagai macam situasi, kondisi, dan masalah yang harus diselesaikan. Untuk mengatasi permasalahan hidup, setiap individu harus memiliki rencana penyelesaian yang benar dan tepat.

Maka dari itu, setiap individu harus memiliki kemampuan untuk berpikir logis, terutama ketika Anda adalah seorang pengajar, siswa, maupun pemimpin di suatu perusahaan. Adapun beberapa alasan yang tepat mengapa Anda memerlukan kemampuan berpikir logis, antara lain:

1. Kemampuan berpikir logis dapat membantu Anda untuk berpikir secara benar dan tepat, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang benar dan lebih efisien.

2. Kemampuan berpikir logis dapat membuat pola pikir Anda menjadi lebih tajam dan juga berkembang. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat menganalisis setiap permasalahan yang dihadapi secara runtut dan ilmiah.

3. Kemampuan berpikir logis dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan berpikir abstrak, cermat, dan juga objektif.

4. Kemampuan berpikir logis dapat membantu Anda dalam membedakan pemikiran yang keliru.

5. Kemampuan berpikir logis dapat membantu Anda untuk berpikir secara rasional, kritis, dan juga lebih koheren.

Dengan adanya kemampuan berpikir logis, Anda dapat melihat bahwa banyak sekali manfaat didapat. Maka dari itu, sangat penting untuk mengajar dan mengasah kemampuan berpikir logis setiap siswa dalam proses pembelajaran.

Dalam penerapannya, Anda dapat dibantu dengan menggunakan model maupun metode pembelajaran yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa, seperti menggunakan model Problem Based Learning, Problem Posing, dan lain sebagainya.

7 Cara Agar Siswa Mempunyai Mindset Positif tentang Belajar
Agar siswa bisa menerima mata pelajaran dengan baik, maka siswa perlu memiliki mindset positif tentang belajar.

5 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Logis Siswa

Ada beberapa cara mengasah kemampuan berpikir logis siswa yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan belajar, antara lain:

1. Melakukan Kebiasaan untuk Bertanya

Sering melakukan tanya jawab ketika proses kegiatan pembelajaran dimulai adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kemampuan berpikir logis siswa.

Dengan mengajukan beberapa pertanyaan sebelum kelas dimulai atau ketika Anda telah selesai memberikan materi pembelajaran, maka Anda dapat mengasah kemampuan berpikir siswa dan mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi tersebut.

2. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Bersosialisasi dengan orang banyak dapat memperluas sudut pandang yang kita miliki. Dengan bersosialisasi dengan orang lain, Anda dapat melatih kemampuan berpikir logis tersebut. Ketika siswa mempelajari pandangan atau perspektif lawan bicaranya terhadap suatu permasalahan, maka kemampuan berpikir logis siswa tersebut akan semakin diasah.

Dengan semakin banyak siswa bersosialisasi dengan orang lain, maka semakin banyak variasi yang diketahui siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi setiap siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan menjadi bagian dari organisasi di sekolah, supaya kemampuan berpikir mereka bisa terasah dengan baik.

3. Melakukan Hobi yang Kreatif

Melakukan hobi yang kreatif adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kemampuan berpikir logis siswa. Hobi yang kreatif yang bisa dilakukan siswa yaitu seperti menulis, menggambar, dan membuat musik. Hobi-hobi tersebut dapat merangsang otak dan membantu siswa untuk berpikir secara logis, kritis, dan juga kreatif.

Dengan melakukan hobi yang kreatif, siswa akan menjadi lebih berkonsentrasi dalam mengerjakannya. Selain dapat membantu siswa lebih berkonsentrasi, melakukan hobi yang kreatif juga dapat membantu siswa untuk mengurangi rasa stress, penat dan pemikiran yang membuatnya tertekan.

4. Melakukan Proyek Kreatif

Mengerjakan suatu proyek kreatif dapat melatih keterampilan siswa dalam mempertajam kemampuan berpikir logis. Misalnya dalam membuat suatu alat atau benda yang dibuat dengan menggunakan bahan bekas, maka dalam kesempatan ini mereka akan mempelajari hal-hal yang ada di lingkungan sekitar mereka, manfaat bahan yang dipakai, cara pembuatannya, apakah benda tersebut bisa bermanfaat dengan baik jika sudah dibuat, dan apa keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Mempelajari hal-hal baru seperti ini dapat memaksa siswa untuk menemukan cara terbaik dalam mempelajarinya, sehingga dengan begitu siswa akan menguasai dan memiliki keterampilan baru dengan baik dan optimal. Ada proses yang harus mereka lalui untuk bisa memberikan hasil yang optimal.

Proses yang harus mereka lalui tersebut membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang baik dan cermat. Nah, dengan demikian melakukan project yang kreatif dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan berpikir logis.

Guru, Ayo Latihan Fundamental Skills (Numerasi, Literasi, Sains)!
Fundamental skills adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki setiap individu, yaitu literasi, numerasi dan sains.

5. Melakukan Diskusi atau Debat

Ketika seseorang dihadapkan dengan pengambilan keputusan, mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dan harus memikirkan dampak dari keputusan yang akan diambil di kemudian hari. Dengan memikirkan dampak dari keputusan yang akan diambil, maka pemikiran individu tersebut akan dilatih untuk mampu berpikir logis.

Dalam proses pembelajaran, Anda bisa mengadakan diskusi secara berkelompok atau kelompok debat yang mengharuskan siswa untuk menyelesaikan masalah yang telah Anda berikan. Dengan adanya masalah yang harus diselesaikan secara berkelompok, mereka tidak hanya dilatih untuk berpikir logis saja, tetapi mereka juga dilatih untuk bisa bersosialisasi dan aktif dalam kegiatan belajar.

Itulah penjelasan mengenai kemampuan berpikir logis serta beberapa cara mengasah kemampuan berpikir logis siswa yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan belajar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melatihnya setiap hari.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.